• No results found

MINTA AMPOEN DARI HOEKOEMAN JANG BAK AL DIDJALANKEN

In document MICROFORM: SHELF SIGNATUUR (pagina 72-76)

Kapada jang to!rmoelia

Srl Padoeka Toean Besar Gouverneur Generaal dar! Hindia Nederland

dl Bultenzorg.

Jang bertanda tangan dl bawah inl bernama Ie KI Soet, pakerdjaän dagang, tinggal dl Tanahlapang Glodok, Batavia. bahoewa lantaran dipersalaken membeli tjandoe jang boekan berasal dari regie, pada 1 Mei 1933 oleh Landraad Batavia jang preksa Inl perkara, telah djatoken hoekoeman anam boelan pendjdra:

jang dengen sagala hor mat persembahken ini sapoetjoek rekest kahadepan Sri Padoeka, aken moehoen dibri kaämpoenan darl hoekoeman jang terseboet di atas, kerna jang bertanda tangan sekarang telah beroesia lebi dari Iimapoeloe taon dan sering sakitan, jang tentoe aken menanggoeng banjak kasangsaraän dalem 'waktoe mendjalanken hoekoeman :

jang salaennja itoe, djoega ada mempoenjal satoe Istrl dan tiga anak-anak ma si ketjil, jang tentoe bak al mengadepi kasoesahan dan kesangsaraän, seb3b tiada ada jang men-tjariken oentoeng boeat memelihara padanja:

AMPOEN DARI HOEKOEMAN. 125

jang boeat mengindarken kasoesahannja itoe ampat djiwa, soepaja tlada terlaloe menanggoeng kamelaratan I~n­

taran terhoekoemnja jang bertanda tangan di bawah inl dengen sagala hormat dan karendahan hali, moehoen Srl Padoeka ampoenja kasian dan membri ampoen dari hoe-koe man jaug terseboet di atas, jang dengen sepenoeh-penoehnja pengharepan, hamba pertjaja ptermoehoenan Inl nanti dikaboelken.

.Dengen sagala hor mat I W.g. IE KIE SOET.

Bufavia, 6 /ulli /920.

KATERANGAN:

Rekest ini moestl toelis di atas zegel f 1.50. jang sabelon-nja Iiwat delapan hari moest i lantas diserahken pada Griffier Landraad. dimana sasoeda hakim jang mendjatoken hoek oe-man membri advies dibawahnja' ini permoehoenan. teroes dikirim pada G. G.

Zijne Excellentie jang adil dan sebab ada merasa berka-roenja, telah kaboel ken permintaän di atas; dan pembrian ampoen itoe dibertaoeken oleh Griffier sasoedanja liwat kira-kira toedjoe boelan sadari rekest ini dikirlm.

Tjonto di atas ada sa toe duplicaat dari permoehoenan jang telah katrima. hingga orang jang bersala djadi tida oesah mendjalanken lagi hoekoemannja.

HERHALING VAN BEELD DUPLICATE IMAGE

126 REKEST-REKEST BOEAT PERMINTA'AN

R e~~ s tNo: 62.

MINTA AMPOEN BOEAT SOEAMINJA JANG TERHOEKOEM LANTARAN DJOEAL

BA RANG GELAP.

Dlpersembahkan kahadepan

S~i Padoeka Toean Besar Gouverneur Generaal Dtlrl Hindia Nederland

di

Buitenzorg.

Dengen hormat. jang bertanda tangan di bawah inl bernama Yap Sam Nio, istri dari Ong Eng Kioe, tinggal dl Orpa. Batavia:

bahoewa dengen saga la kahormatan persembahken iol sapoetjoek rekest kahadepan Sri Padoeka, bermoehoen soe-paia soeaminja jang terst.boet di atas dan telah beroemoer 62 taon, jang sekarang la9i sedeng mendjalanken hoekoeman di peodjara Glodok, Batavia, dibrlken .kaämpoenan :

bahoewa jang mendjadi lantaran dihoekoemnja hamba poenja soeami, kerna ditoedoe telah mendjoeal ba rang gelap, jaitoe bidji koffie, jang sabenernja ada kapoenjaännja sa-orang Islam nama Moeloet boeat minta di djoealken dengen dapr.t oepah, kerna hamba poen ja soeaml memang ada me-lakoeken pakerdjaän dJgang ketjil sebagi perantaran :

bahoewa salagi pendjoealan itoe dilakoeken di wak toe siang di tempat o~moem. Ong Eng Kioe lantas dilangkep ol eh politie, jang roepanja telah dapet kabar: bahoewa bidji koffie itoe ada berasal dari tjoerian: dan sebab wak toe

AMPOEN DARI HOEKOEMAN, 127

menerima itoe barang jang bo~at .didjoeal, tiada ada saksi atawa laen.laen katerangan jang menjataken baboewa barang itoe bener ada berasal dari Moeloet, maka bamba poenja soeami telah ditahan dalem pendjara:

bahoewa selang kira·kira anam boelan' sedari itoe wak toe, koetika dihadepken pada Landraad Betawi jang bersidang pada 3 September 1924, lantaran hamba poenja soeami tiada bisa mengadaken saksi·saksl jang membenerken katerangannja, maka Toean·toean Hakim dari pengadilan terseboet anggap bener Ong Eng Kioe ada bersala, jang laloe didjatoken hoekoeman satoe taon dan liga boelan pendjara. den gen potong tahanan·;

bahoewa hoekoeman itoe sekarang lagi didjalanken di pendjara Glodok, Batavia, jang bil a di'itoeng bersama·sama waktoenja ditaban, soeda berdjalan kira-kira delapan boelan.

Dan selama Ong Eng Kioe terpendjara. hamba jang djadi istrinja dan ajoega telah beroesia baniak, bersama doea anak prampoean jang belon menikah dan satoe antaranja telah djanda. ada menanggoeng kamelaratan besar, kerr.a bamba berampat tjoema mengandelken sadja pada Ong Eng Kioe saorang, jang ada mendjadi soeami dan ajah dari tiga anaknja;

bahoewa jang bertanda tangan dibawah inl, lantaran ada saorang . prampoean jang soeda ban jak oemoer dan tiada bisa mentjari boeat memelihara itoe anak.anak, dan soepaja tiada mengadepi kasangsaraän jang terlebi hei bat, dengen horm<lt dan sanget moehoen Sri Padoeka ampoenjl!

kasian dan karidlahan hati, soepaja hamba poenja soeami jang sekarang lagi dipendjara dan aken moesti djalanken lagi hoekoemannja kira·kira toedjoe boelan, dibriken ka-ämpoenan.

128 REKEST-REKEST BOEAT PERMINTA'AN

bahoewa dengen membri kabebasan pada Ong Eng Kioe.

tiada bedah sabagi djoega Sri Padoeka menoeloeng ampat djiwa jang lagi terantjem kamelaratan besar. dan achirnja diharep jang permoehoenan ini nanti dikaboelken.

Hamba jang amat renda : W.g. YAP SAM NIO.

Bafavia. 7 November /924.

KATERANGAN:

Rekest ini moesti toelis diatas zegel f 1.50. kilmoedian kirim pada G. G. di Buiten'zorg,

Sebab permoehoenan ini ada boeat mintain ampoen dari orang jang lagi mel'ldjalanken hoekoeman, kapan wak toe djoega tida halangan boeat dikirim dan djoega tida perloe membri taoe lagi pada hakim jang doel oe mamereksa ini perkara. Dan pengiriman ini bole dilakoekp.n sadja dengen perantarannja post, sedeng envelopnja tida oesllh ditempelin postzegel.

Tjonto di atas ada satoe duplicaat. jang maski doedoeknja perkara dan boenjinja permoehoenan tida diroba. tapi na-manja orang jang terhoekoem dan istrinja jang memboeboehi tanda tangan sabagi orang jang mintakelI ampoen. di sini tlda diseboet namanja jang sadjati.

Sadari permoehoenan ini dikirim. selang kira-kira tiga boelan persakitan lantas dibebasken dari hoekoeman jang satinggalnja. jang sabenernja moesti didjalanken kira·kira lag i ampat boelan lebi.

A M POE N 0 A R I HOE KOE MAN.

Rek est No. 63,

MINTA AMPOEN BOEAT AJAHNJA JANG TERHOEKOEM LI\NTARAN OEWANG PALSOE

Disampeken kahadepan

129

Sri Padoeka Toean Besar Gouverneur Generaal Dari Hindia Nederland

di Buitenzorg,

Dengen hormat. jang bertanda tangan di bawah Ini bl'rnama Lauw Kwie Nio dan Lauw Leng Nio. masing-masing ada anak prampoean dari Lauw Tjoen Hong. tinggal di Wonosobo;

bahoewa dengen karendahan hat! persembahken inl sa'poetjoek .rekest kahadepan Sri Padoeka. aken moehoen soepaja ajahnja jang terseboet di atas. jang sekarang lag i sedeng mendjalanken hoekoeman di pendjara Semarang.

dibriken kaämpoenan ;

bahoewa jang mendjadiken lantaran sampe hamba poen ja ajah terhoekoem. sebab pada soeatoe hari sahabisnja menagi. dalem sakoenja ada kadapetan saboengkoes dari limapoeloeh oewang pitjisan dan lebi dar! doeapoeloeh antaranja ada oewang-oewang etje palsoe; waktoe maoe dibelandjaken baroe ketaoean. sedeng politie jang dibertaoeken lantas' gleda. satelah kadapeten oewang terseboet. sigra djoega ditangkep dan ditahan dalem pendjara;

baboewa Landraad W onosobo jang bersidang pada 12 Juli 1928 telah mamereksa ini perkara. maski b3mba poeoja ajah soeda kasi taoe dari mana oewang itoe didapet. tapi sebab orang jang membajar manjaogkal keras. samantara saksi-saksi jang bisa menetepken kateranganoja bamba

130 REKEST-REKEST BOEAT PERMINTA'AN poenja ajah. tiada ada. pengadilan djadi menganggap : Lauw Tjoen Hong betoeI telah bersala dan laloe djatoken hoekoeman 1 taon dan 6 boelan. den gen potong tahanan;

dan hoekoemlln itoe teritoeng sadari waktoenja ditahan sampe ini wak toe. soeda berdjalan sabelas boelan dan sckarang masi teroes mendjalanken itoe hoekoeman dl pi!ndjara Semarang;

bahoewa jang bertanda tangan di bawah ini. lantaran masing-m3sing ada anak prampoean jang belon bersoeaml dan tiada bisa mentjari oentoeng boeat kahidoepaonja sahari-hari, soepaja tiada oesah hadepken kasangsaraän jang lebi heibat. berm oeh oen dengen sanget soepaja ajahnja jang terseboet di atas dan jang aken mendjalanken lagl hoe.

koeman kira-kira toedjoe boelan, nanti dibri am poen dengen' kabebasan. dan dengen pengharepan amat besar atas Sri Padoeka ampoenja kaädilan dan belas kasihan aken membri koeenia boeat kaboelken permoehoenan dl atas.

Hamba jang amat rendah:

W.g. LAUW KWIE NIO & LAUW LENG NIO.

Wonosobo. 4 Maarl 1929.

KATERANGAN:

Rekest ini moest i toelis dl atas zegel f 1.50. jang sasoe·

danja diboeboehi tanda tangaD. boleh kirim teroes pada Srl Padoeka Toean Besar dl Buitenzorg.

dengen post, sedeng envelopnja troesa tempelin postzegel;

hanja kirim sadja begitoe, oleh post nanti clianterin dengen betoe\. Tapi di loearnja envelop oedjoeng kidpodjokan sebla bawah. ba ek toelisken djoega afzendernja si pengirim.

Tjonto ini boleh djoega digoenaken ol eh sang istri bagl soeamiDja. atawa ajah-boenda bagi anaknja jang terhoekoem.

AMPOEN DARI HOEKOEMAN

Rek est No. 64.

MINTA AMPOEN BOEAT IBOENJA JANG TERHOEKOEM LANTARAN PERKARA MI\EN.

Kapada

131

Zijne Excellentie Gouverneur Generaal di

Buitenzorg.

Jang bertanda tangan di bawah ini bernama Tjia Keng Tin. anak dar! djaoda Tjia Beng Yoe. terperanak Gho Sam Nio. tinggal di Bekasi afdeeling Meester Cornelis;

jang dengen sagala hor mat mempersembahken ini sapoetjoek rekest kahadepan Sr! Padoeka. aken bermoehoe~

soepaja i!>oenja jang terseboet dia tas, dibri ampoen dan hoekoeman toedjoe hari pendjara;

jang mendjadi lantaran sampe Gho Sam Nio moest i bak al mendjalanken itoe hoekoeman. kema pada soeatoe har! ada bebrapa orang kenalan dari lain tempat jang da.

teng menenamoe. hingga hamba poenja iboe bersama be-brapa tetamoe laen. boeat meliwati tempo laloe doe doek main kartoe ketjil;

jang sebab permaenan itee lebi .dari ampat orang dan lebi d"e!oe zonder mendapet idjin. maka wijkmeester bersama politie jang dikasi taoe. lantas dateng menangkep.

sebab anggap dalem Hoe roema ada diboeka perdjoedian gelap;

jang pada I November 1930 ini perkara telah di.mad.joe-ken pada Landgerecht Meester Cornelis. dan haklm lan\J anggap toean roema betoeI ada bersalah koempoelin orang maen. laloe djatoken hoekoeman seperti jang terseboet di atas;

lJ2 rmKEST-REKEST BOEAT PERMINTA'AN

jang sabelonnja hoekoeman itoe didjalanken, hamba jang ada mendjadi anaknja Gho Sam Nio dan ada tinggal di Jaen roema. dengen sagala hormat persembahken ini sapoetjoek rekest kahadepan Sri Padoeka, aken moehoen dikasian. soepaja iboenja jang berbadan lemah dan soeda élda oe moer, dibri kaämpoenan dari ltoe hoekoeman jang bakal didjalanken dan dt'ngen sapenQe-penoenja hati hamba pertjaja permoehoenan dia tas nanti dikaboelken.

Bekasi, 8 November /930.

KATERANGAN;

Dengen segala hormat ; . W.g. TJIA KENG TIN

Rekest ini moesti toelis di atas zegel f 1.50 dan dalem tempo satoe minggoe atawa delapan hari sadari hoekoeman hoe didjatoken, (oepama Senen sampe ketemoenja Sen~n lagi) permoehoenan ini moesti dibawa pada hakim dari itoe pe-ngadilan den gen envelopnja tida ditempel rapet. Tapi itoe hari djoega moest i kasi taoe, jang dalem ini poetoesan maoe kasi ma soek gratie.

Tapi kal oe hoekoeman itoe soeda didjalanken, dan sang anak hendak mintain ampoen; permoehoenan ini tida perI oe dibawa lagi pada hakim terseboet, hanja kirim sadja teroes pada Toean Besar di Bogor.

AM PO E N DARI HO EKOE~ A~_~~

Rek est No. 65.

MINTA AMPOEN BOEAT SOEDARAN)A JANG

In document MICROFORM: SHELF SIGNATUUR (pagina 72-76)