• No results found

lain kadjahatan dengen sengadja

225. Siapa njang bekin loeka dan poekool, dan kaloe njang di bekin loeka atawa di poekool itoe djadi sakit atawa tiada bisa bekerdja lebee dari doewa poeloe hari lamanja, mangka dia di hoekoom kerdja paksa tiada dengen rantee dari doeioa sampee lima taoon.

226. Kaloe itoe kadjahatan njang terseboot di dalem fatsal 2 2 5 , di boeat dengen niat lebee doeloe atawa djaga di satoe tempat lebee doeloe, mangka hoekoemannja kerdja paksa dengen rantee dari lima sampee lima bias taoon.

227. Kaloe orang ujang di loekaken atawa di poekool itoe tiada sakit atawa tiada sampee tiada bisa bekerdja lebee dari doewa poeloe hari lamanja, mangka njang salah di hockoom ker-dja paksa tiada dengen rantee dari satoe boelan sampee doeioa taoon dan di denda dari delapan sampee seratoos roepia.

Kaloe dengen niat lebee doeloe atawa di djaga di satoe tem-pat lebee doeloe, mangka hoekoemannja kerdja paksa, tiada dengen rantee dari doeioa sampee lima taoon dan denda dari doewa poeloe.

lima sampee doeiva ratoos lima poeloe roepia.

228. Dalem perkara perkara ujang terseboot di dalem fatsal 225 , 226 dan 227 , kaloe bapak dan iboe njang kawin atawa njang tiada kawin, atawa kakek dan nènèk njang di bekin loe-ka atawa di poekool, mangloe-ka itoe teriioong satoe loe-kabratan, dan pengadilan misti inget itoe kabratan, kaloe djalanken hoe-koemannja.

Dan lagi dalem itoe perkara perkara, pengadilan ada koewasa tambah itoe hoekoeman kerdja paksa dengen rantee atawa tiada dengen rantee dengen satoe bagian dari tiga lebee dari njang pa-ling tinggi.

229. Kadjahatan kadjahatan njang terseboot di dalem fatsal 225, 226 dan 227, dan di dalem bagian di moeka itoe, djikaloe di boeat dengen perkoempoelan njang bekin roesooh dan dengen melawan atawa dengen merampas, mangka itoe bolee di salahkcn kapada kapala kapalanja dan kapada orang orang njang bediriken ini perkoempoelan perkoempoelan atawa boeat itoe perlawanan atawa perampasan, dan kapada orang orang njang adjak adjak boeat itoe perkara perkara, mangka dia orang semoea di hoekoom seperti salah pada itoe kadjahatan kadjahatan dan di hoekoom sama djoega seperti orang njang boeat sendiri ini kadjahatan ka-djahatan.

230. Siapa njang poekool orang, dan kaloe njang di poekool itoe tiada djadi sakit atawa tiada sampee tiada bisa bekerdja dan tiada dapet loeka atawa dapet loeka sedikit sekali, mangka dia di hoekoom Irakal dari anem hari sampee liga boelan atawa di denda, lanjak banjaknja seratoos roepia.

1

183

231. Siapa njang salah kebiri orang, di lioekoom kerdja pak-sa dengen rardee dari lima pak-sampee doeica poeloe taoon.

Kaloe itoe orang mati dalem ampat poeloe hari sesoedanja di kebiri, mangka njang salah di hoekoom mati.

232. Siapa njang goegoorken anak di dalem boentingannja orang prampoean dengen makanan, minoeman, obat, dengen paksa atawa dengen lain isarat, tiada ferdoeli apa, dengen soekanja atawa tiada deugen soekanja itoe orang prampoean, mnngka dia di hoekoom kerdja paksa dengen rantee dari lima sampee sepoeloe taoon.

Itoe hoekoeman di djalanken djoega atas itoe orang prampoe-an, kaloe goegoorken sendiri atawa kaloe dia maoe p.ikee isarat isaratnja njang di toendjoken atawa njang di kasi kapadanja, dan kaloe betool betool sampee mendjadiken goegoornja anaknja.

Dokter atawa doekoon dan toekang obat njang toendjoken ata-wa kasi isarat isarat ini, di hoekoom kerdja paksa dengen rantee dari lima sampee lima Has taoon, kaloe anak di dalem boentingan itoe betool betool djadi goegoor.

233. Siapa njang tjampoor atawa soeroe tjampoor proesi ata-wa vitriool poeti ataata-wa lain lain barang njang ada ratjoonnja, di roti atawa di makanan atawa di minoeman atawa di tjampoor tjampoerannja njang misti di djoewal atawa di bagi bagiken, mang-ka dia di hoekoom kerdja paksa tiada dengen rantee dari doewa sampee lima taoon dan di denda dari doewa ratoos sampee lima raloos roepia.

234. Siapa njang djoewal atawa bagi bagiken atawa tjoba djoewal atawa tjoba bagi bagiken atawa tjoba soeroe bagi bagi-ken roti, makanan, minoeman dan tjampoor tjampoerannja njang misti di djoewal atawa di bagiken njang di tjampoeri dengen ba-rang baba-rang njang beratjoon njang terseboot di dalem fatsal 233, kaloe dia soeda taoe ada tjampoerannja itoe barang ratjoon, dan lagi siapa siapa njang djoewal atawa kasi itoe barang barang njang beratjoon, dengen soeda taoe, itoe barang nanti di pakee boeat itoe kadjahatan, mangka dia orang di hoekoom sama djoe-ga seperti njang terseboot di atas.

23 5. Siapa njang tjampoor atawa soeroe tjampoor barang ujang djadiken penjakit di roti atawa di makanan atawa minoeinan ata-wa di tjampoor tjampoerannja njang misti di djoeata-wal ataata-wa di bagi bagiken atawa siapa njang djoewal atawa bagi bagi atawa tjoba djoewal atawa tjoba bagi bagi atawa tjoba soeroe bagi bagi itoe makanan atawa minoeman atawa tjampoerannja, dengen soe-da taoe asoe-da tjampoerannja itoe barang, mangka dia di hookoom kerdja paksa tiada dengen rantee dari anew, kari savipee doewa taoon dan di denda dari delapan sampee doeioa raioos lima poeloe roepia.

236. Atas itoe perkara semoea, hoekoom hoekoemannja njang terseboot di dalem fatsal 2 3 3 , 234 dan 235 di djalanken sama.

sekali dengen tangkep dan ilangken atawa boeang itoe roti,, ma-kanan atawa minoeman atawa tjampoerannja itoe mama-kanan atawa minoeman njang di tjampoeri barang ratjoon atawa lain barang njang djadi sakit.

B A G I A N N J A N G K A - T I G A . Perkara mati/cen orang tiada dengen sengadja,

loe-kaken dan poekool tiada dengen sengadja;