• No results found

Djahnnja hoekoom di hadepan raad koeliling

373. Parintahnja fatsal 241 dari perkara koewasanja landraad, di djalanken djoega atas raad koeliling.

374. Toewan raad koeliling misti pariksa dengen titi segala soerat soerat njang di kirimken oleh resident kapadanja, mcnoe-root parintahnja fatsal 82, dan misti pariksa, apa ada perkara njang misti di trangken lebee doeloe, sebeloomnja di pariksa di raad koeliling.

Kaloe tiada ada perkara njang misti di trangken lebee doeloe, mangka misti di boeat begimana parintahnja fatsal 379.

Tetapi kaloe toewan raad koeliling rasa, misti pariksa saksi atawa tempat atawa lain lain perkara lebee doeloe, sebeloomnja di bawak di hadepan pengadilan, dia misti minta pada resident akan soeroe pariksa, mangka resident wadjib toeroeti perminta-annja itoe dengen sigra, dan kamoedian misti di boeat begimana parintahnja fatsal 379.

375. Selainnja koewasanja toewan raad koeliling soeroe tam-bah papriksa-an njang bermoela, mangka dia tiada bolec tollak kembali perkara kapada resident, sebab dia rasa, itoe perkara tiada bolee di bawak di hadepan pengadilan.

95

376. Kaloe toewan raad koeliling rasa, itoe perkara njang' soerat soeratnja soeda di kirim kapadanja, boekan bagiannja raad koeliling, tetapi bagiannja landraad, maugka dia misti kirim kem-bali soerat soeratnja kapada resident dan misti kasi taoe pekiran-nja dengen soerat dan misti kasi taoe sebabpekiran-nja.

377. Kaloe resident toeroot begimana pekirannja toewan raad koeliling, mangka resident misti naiken itoe perkara pada land-raad , begimana biasa.

Tetapi kaloe resident tiada toeroot pekirannja toewan raad koe-liling, dia misti kirim dengen sigra soerat soeratnja perkara pada prokureur djendraal di raad besaar, bersama sama soeratnja resi-dent njang sebootken pekirannja dan dengen soeratnja toewan raad koeliling, mangka kaloe prokureur djendraal soeda trima itoe soe-rat, dia misti kirim kembali soerat soeratnja dengen sigra dan dengen tamtoeken pengadilan mana njang misti pariksa dan poe-toosken itoe perkara, begimana tiembangannja prokureur djendraal.

378. Toewan raad koeliling dan resident misti toeroot tiem-bangannja prokureur djendraal itoe, tetapi landraad wadjib ber-kata tiada koewasa poetoosken itoe perkara, kaloe dapet katrangan timpo pariksa di doedoekan landraad, itoe perkara tiada djadi bagiannja landraad.

Kaloe raad koeliling soeda di tamtoeken, dan kaloe dapet ka-trangan timpo pariksa perkara, itoe perkara djadi bagiannja land-raad , mangka land-raad koeliling misti poetoosken djoega, begimana parintahnja fatsal 384.

379. Toewan raad koeliling misti kirim soerat soerat dari per-kara njang misti di naiken pada raad koeliling, kapada djaksa besaar atawa djaksa, soepaia djaksa besaar atawa djaksa djalanken pangkatnja dan wadjibnja.

380. Sebeloomnja toewan raad koeliling dateng di satoe resi-densie, dia misti kasi taoe siang siang kapada resident, perkara mana njang maoe di bekin poetoos lebee doeloe atawa di bla-kang, soepaia saksi saksi bolee di panggil dengen lantarannja re-sident pada timpo njang tam toe, dan soepaia saksi saksi djangan sampee di tahan pertjoema.

381. Selaiiinja perkara ujang resident kasi taoe lebee doeloe, mangka raad koeliling misti poetoosken djoega lain lain perkara ujang dateng timpo raad koeliling doedook pariksa perkara, ka-loe saksi saksinja dan barang bookti di hadepken si;mg siang.

382. Papriksa-an di dalem doedoekan dan remboekan dan poetoesan dau batjanja poetoesan dan djalannja poetoesan misti di boeat begimana bagian njang kaseblas, dan lagi atoeran pa-rintah dari itoe bagian misti di toeroot semoea di dalem ini per-kara, melingken segala obahan njang terseboot di dalem fatsal fatsal di bawah ini.

383. Kaloe ada perkara seperti njang terseboot di dalem fat-sal 306, dan kaloe perkara njang di dakwa di blakang kali atas pesakitan, misti di hoekoom mati, mangka itoe hoekoeman mati misti di djatoken, tiada oesali memandeng hoekoeman hoekoeman njang doeloe soeda di djalani pesakitan.

384. Kaloe timpo pariksa di doedoekan, dapet katrangan, itoe perkara betoolnja djadi bagiannja landraad, mangka raad koe-liling tiada bolee tollak itoe perkara kapada landraad, tetapi misti poetoosken sendiri itoe perkara.

385. Parintahnja fatsal 316 di djalanken di atas poetoesannja raad koeliling. (Staatsblad 1871 No. 4 0 )

(Fatsal 356 sampee fatsal 393 soeda goegoor, sebab fatsal 2 Staatsblad 1871 No. 39 dan 4 0 j

394. Kaloe hoekoeman mati di djatoken dengen satoe poe-toesan, dan orang njang di hoekoom dan djaksa besaar atawa djaksa tiada minta revisie atawa appel, mangka toewan raad koe-liling misti kirim soerat soeratnja dengen sigra atawa di dalem ampat mienggoe sesoedanja poetoesan, kapada raad besaar, dan raad besaar kirim troos kapada tocwan besaar Governoor Djendraal dengen tiembangannja dari perkara djalanken itoe poetoesan (Jat executie).

Dan lagi fatsal 316 sampee fatsal 319 di djalanken djoega ntas poetoesannja raad koeliling, tetapi toewan raad koeliling kirim itoe poetoesan tiada dengen lantarannja resident.

97

Begitoe djoega djalaimja, kaloe kirim soerat arrest revisie ka-pada toewan raad koeliling. (Staatsblad 1872 No. 131.)

395. Toewan raad koeliling lantas kirim kapada resident njang di dalem residensienja soeda di poetoesi perkara, soerat poetoes-aimja njang soeda tetep koewatnja atawa poetoesan revisie njang soeda àâa perkata-an fiat executie atawa njang soeda di seboot-ken namanja negrinja njang dia misti djalani hoekoemannja, dji-kaloe ada perloenja, soepaia resident kasi taoe boeninja kapada pesakitan dan djalanken itoe poetoesan.

396. Kaloe poetoesan soeda di djalanken, mangka resident misti kirim kembali soerat poetoesannja raad koeliling dan soerat poetoesannja raad besaar kapada toewan raad koeliling dan ka-moedian toewan raad koeliling misti djaga, soepaia itoe soerat soerat poetoesan dengen soerat soeratnja perkara di siempen di kantornja raad koeliling.

397. Soerat perminta-an ampoon njang terseboot di dalem fatsal 322, misti di masoken begimana njang soeda di tamtoeken di dalem itoe fatsal, tetapi toewan raad koeliling misti kirim itoe soerat perminta-an kapada raad besaar, bersama sama soerat soeratnja dan tiembangannja toewan raad koeliling, dan sebab itoe, resident misti lekas kirim soerat perminta-an begitoe ka-pada toewan raad koeliling.