• No results found

0083 6039

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2022

Share "0083 6039"

Copied!
72
0
0

Bezig met laden.... (Bekijk nu de volledige tekst)

Hele tekst

(1)
(2)

BIBLIOTHEEK IjlTW

0083 6039

(3)

wriuhtitg wntttang

POLISI

DAKI

K A Jt E S 1 D E > A3, S A M A E A N G.

JAHG DI KOEMPÖELKEN

DA N

DI BJOEKOEBAHASAKEN BAHASA MELAJOE

OLEH

p.

A

y

E R M A N D E L .

SsMARise, GRIVEL & C«

1877.

(4)
(5)

Siapa siapa jang soeka trimahken ini boekoe, boleh moehoenken pada ioean toean jang kaseboet di -bawah ini:

1 G R I V E L & Co. dan 2 D E GROOT (COLFF & Co di Sema- rang; 3 A.. P. L. WESTENBERG di Ambtzrawa; 4 P H . F . VOOR- NEMAN, di Salatiga; 5 K. L, VERSCHÜERE, di Kendal; 6 G.

NICOLITZ, di D unik; 7 L. B IRRE, di Poerwodidi; dan 8 RADHEN TIRTO KOESOEMO, djoeroe toelisnja hoofddjaksa di Se-

marang.

Semarang, Augustus 1 8 7 7 .

(6)
(7)

Di dalem, Fataal 72 dari Aioeran boeat pemarintahannja Ne- îjri Indi-Niclerlan (Staatsblad 1855, 2: melihat Staatsblad Melajoe

Bagian I,. Radja, Goebemoer üjindral dan Raad van Indi) ditem- tbeken, Jana Resident Resident ada. kocwasa boeat dendang oen- dangken atoeran polisi boeat satoe satoe residensi, dan di dalem, oendang-oenda,ng dan firman firmannja kangdjeng Goebememen ter- toelis 17 Februarij 1858 dan 17 Februarij 1858 Wo. 60 dan 5 December 1862 No 15. (Staatsblad 1858 No. 17 dan No.

18 dan 1862 No. 146j soeda di mengatoerken berdjalanannja Hoe koeioam.

Ini boekoe »Oendang oendang polisi dan karésidenan Sema- rang" mendjadi berkoempoelannja segala oendang oendang polisi boe- at karesidenan Semarang jang di oendang oendangken oleh kang- djeng Toewan Resident Semarang.

Itoe lain lam atoeran polisi jang djotga misa di berdjalanken di' dalem karesidenan Semarang tetapi jang di oendang oendang- ken oleh kangdjeng Goebememen sendiri nanti di seboetken di dalem boekoe staatsblad Melajoe bagian katiga Departement dari Justisi {hakirn).

Itoe atoeran atoeran polisi jang di oendang oendangken oleh kängrljeng Toewatl Resident Semarang ada limabelas bidji, saper-

ti kasebdet di bawah ini:

1. 15 Julij 1862, Atoeran boéat l tt Angkeri kamentjoerian di dalem pretoe praoe moeatan di pelabóewan Semarang;

2. 14 Jänuarij LS6i, Atoeran dtti pemhâmannja lahteta oetawa obor éawaktoenja malern oleh anak anak negri dan lain

lait bangsa jang di bersamden pada anak anak negri;

3. 27 Febvarij 1864, dto'eran boeat djdldn djaldnitja nninmer satoe:

i. 7 -fulij 1S65, Atoeran dari prakara siram, siramnja dja~

lan di dalem-dan di kampong kampong jang berpinggir pada-kota Semarang;

(8)

B

5. 14 November 1868, Perlemtoean boeat menambah peratoeran, bersoeljian dan membrisihan di dalem kota kota Semarang, Kendal,

Demak, Poenoodadi (Grobogan), Salatiga dan Ambarawa;

6. 24 September 1869, Atoeran dari karombakan dan pem- betoelannja roemah roemah dan lain lain gedong di dalem-dan di kampong kampong jang berpinggir pada-kota Semarang;

7. 30 September 1871 -Atoeran daripemakejannja kahar ka- har, grobag grobag dan lain lain prabot boeat moeatan larang barang, jang di tarik pada koeda. sampi oetawa karbo di dalem-dan di kampong kampong jang berpinggir pada-kota Semarang;

8. 25 Februarij 1874. Atoeran dari prakara prampoewan aoendel dan roemah roemah berkoempoelan soendel;

9. 23 April 187'4. Atoeran dari kaliwatannja praoe praoe dan dari pemoengoetannja bea di manapintoe ajer di Semarang;

10. 25 September 1874. Atoeran dari kapiaraan dan pemban- tejannja babi;

11. 9 December 1874, Atoeran boeat pemakejannja sampan nampan dan lain lain praoe jang boeat moeatan orang dan barang di plaboean Semarang dan dari belajarannja iloe praoe praoe di dalem kali dan kanaal (selokkan) baroe Semarang;

12. 22 Mei 1876. Atoeran boeat pertemtoeannja kampong kam- pongnja orang bangsa Tjina, Arab dan Melajoe;

13. 23 Mei 1876. Atoeran dari perhoendjoekannja kampong kampong dan lain lain pembagiannja kota Semarang jang di ma- na tidu boleh di bediriken roemah roemah oetawa lods lods dan lain lain roepa gedong dengen pajon dari atep oetawa dari lain lain pekakas jang gampang bissa menjala;

14. Mei 1876, Atoeran dari pompa dan, lain lain roepa pra- bot boeaf, memboenoh kabakaran di kota Salatiga; dan.

• 15. 16 November 1876. Atoeran dari karoesakannja pantjoerav dan salinan ajer dari soemoer soemoer oemboel di dalem kota Se- marang dan dari salah pemakejannja ajernja itoe soemoer.

Semarang, Augustus 1877 G. A. YEBMAS'DËI..

(9)

N o . 1 . 15 J ulij 1862 J. C 1862 No. 59,

Katr. Tanggalnja jang pertama tangi'al n "j a oendang oendang;—

tanggalnja jang kadoewa tang- galnja Javssche Courant (soerat khabar Goeberncment) jang di mana itoe oendang oendang di kaseboetken.

L Aannemer aannemer hoeat kamiiiran barang di pe- laboewan Semarang dan siapa siapa jang poenja praoe praoe di mana kali Semarang, misti soeroe djagaken itoe praoe praoe; boeat satoe satoe praoe tida boleh koerang dari doea orang djaga (kemit).

Siapa siapa jang tida toeroet iniparentah nanti di hoe- koemken denda / *25, - ( Doewa poeloeh lima roepiah) boeat, satoe satoe praoe jang nanti tida di djagaken sabagimana parcntahnja

Katr. L ?)i dalem oendang oendangnja kangdjeng Toewan Re- siden Semarang jang tertoelis ari 29 Julij 1862 (J. C.

1862 No. 68) di temtoeken jang praoe praoe jangkossong tida misti di djagaken; jang misti di djagaken tjoemah praoe praoe jang ada moeatannja.

[I. ini fatsalnja naininer satoe dan oendang oendangnja kan<*djen« Toewan Resident tida boleh di djalanken lagi, sebab soeda di s<a!iti dengen oendang oendangnja kangdjeng Gce- bernemen; sabagimana kaseboer, di bawah ini:

!)i iioekoemken denda dari anambelas saiupeh tioewa poe- loeh lima roepiah siapa siapa jang tida soeroe djaga dia poe- nja roemah roemah, oetawa istal istal, oetawa lotis iods, oe- tawa praoe praoe jang memang kossong dan tida di sewak-

A t o e r a n

boeat larangken kamentjoe- rian di dalem praoe praoe moeatan di pelaboean Se- marang

(10)

ken lain orang, dan siapa siapa, jang tida djaga biarlah itoe roemah roeinah, lods lotis, istal istal, oetawa praoo praoe d_ja- iigan sarapeti mendjadi tampat bertinggalnja orang minta minta,

orang lonpro dan lain lain orang iljahat,

(Gendang oendang polisi kangdjeng Goebernemen.. a. boeat orang Gianda Stbl. 187:2 No. LIO, Fatsal 4 No. 11; b) boeat anak negri Stbl. 1872 No. I l l , Fatsal 2 No. 11.

Melihat Staatsblad Meinjoe, Bagian III. Departement dan Justisi (hakimV

2. Djoei agannja itoe praoe misti di toelisken nanianja Hi dalem boekoenja kantor polisi; kaloe tida, itoe aan- nemer dan jang poenja itoe praoe, jang kaseboet di dalem Fatsal jang pertama, nanti di hoekoemken denda doewa poeloeh lima roepiah boeat satoe satoe djoeragan jan"

nanti tida di toelisken namanja.

rVo. 2.

A t o e r a n 14 January 1864.

dan pembawaannja lantera t. C. 1864 m. IL oetawa obor sawaktpenja ma-

lem oleh anak anak negri dan lain lain bangsa jang di ber- samaken pada anak anak ne- gri di dalem antero Karesi- denan Semarang

1. Dari waktoenja soree poekoei delapan sa sampehnja pagi poekoei lima anak anak negri dan lain lain bangsa jang di bersamaken pada anak negri didalem antero karesi- denan Semarang tida boleh berdjalan kaki, oetawa naek kareta, bendi, kahar, oetawa praoe di mana kali kali besar ketjil oetawa selokan, maski dengen sendjata oetawa tida, kaloe tida dengen bawah lantera oetawa obor.

2. Orang orang polisi dan gardoe, dan priahi priahi bersama sama panokawannja sabanjaknja sabagimana pari- tés tida misti mitocroetken pertemtoeannja fatsal jang per- tama.

Ü

(11)

3. Siap siapa jaalang nggarken ini pertemtoean di hoe- koemken denda satoe sampeh tiga roepijah oetaw a paker- djakan peksa ampat sampeh ampat belas ari.

Katr. Dari prakara, bangsa bangsa jang di bersamaken pada anak anak negri, melihatkeü Staatsblad Melajoe bagian jang per- tama: 9 Radja. Goebernoer Djendral dan Raad van Indie"."

A t o e r a i !

boeat djalan djalannja num- mer satoe di dalem karesi- denan Semarang.

1. Itoe djalan djalan nummer satoe tjoemah boleh dj berdjalanken pada kareta, bendi, kahar dan grobag jang poe- nja indjin (as) dan roda saperti indjin-dan rodanja kareta.

Salebarnjà itoe roda tida boleh koerang dari

d) anem duim Niderland boeat kahar dan grobag, dan b) tiga duim Niderland boeat kareta dan bendi.

Pinggirnja rodanja misti di tarookken bessi salebarnja sa- ma saperti lebarnja roda dan pakoe pakoenja misti di ra- taken djangan sampeh djangkir.

Katr. I. Perkataan olanda,, voertuigen, mengartinja segala pe- kakas jang pakej roda boeat moeatan orang, binatang dan barang barang.

Di dalem ini toeroenannja bahasa melajoe di kaseboetken kareta, bendi, kahar dan grobag, boeat mengartinja:

ci) kareta, segala pekakas dengen roda ampat boeat naai- kan orang; .

b) bendi, segala pekakas dengen roda doea boeat naaiken orang, saperti glinding, tjikar veer, dos- à-dos;

c) kahar, segala pekakas dengen roda ampat, boeat moe- atan binatang dan segala roepa roepa barang, dan d) grobag, segala pekakas dengen roda doea boeat moeatan

binatang dan segala roepa roepa barang.

II Di daiem satoe ello Niderland ada seratoes duim.

TVo- 3 ,

£7 tebrnay 1864.

/ . C. 1864 No. 3S.

(12)

IG

2. Itoe karein, bendi, kahar dan grobag 1ida boleh di moewali lebih biat dari

d) anarn iatoes pond Niderland boeat bendi dan grobag dan

b) sariboo doea ratoes pond Niderland boeat kareta dan kahar.

Ini atoeran daribrainja moewatannja dan atoerannja da- ri lebarnja rodanja (fatsal 1) tida misli di toeroeti boeat milirken merijem dan lain lain prabot prang.

Boeat moewatan lain lain jang lebih brat dari sariboe doewa ratoes pond Niderland, dan kaloe itoe moewatan tida boleh di moewalken di atas doea oetawa lebihnja kahar, saben saben kali Resident Semarang boleh niembii- ken idin den gen moefakat bikin berdjandjian lebih doeloe.

Kair, Satoe pond Niderland mendjaki doea pond lama- satoe pikoel teritoeng seratoes doewa poeloeh lima pond lama (pon 1 Amsterdam) oetawa anam poeloeh doea satengah poni Niderland.

3, Satoe satoe kareta, bendi, kahar, oetawa grobag mis- ti berdjalanken bagiannja djalan jang di tarookken kiikil batoe oetawa karang, dan sabrapa bolehnja djangan teroes berdjalanken bekasnja rodanja lain lain kareta, bendi, ka- har oetawa grobag jang soeda liwat lebih doeloe.

Kaloe kareta, bendi, kahar, oetawa grobag katemoe satoe pada lain, doea doeanja misti menggok ka sabelah kiri:

kaloe kareta, bendi, kahar dan grobag maoe madjoe li- wati lain kareta, bendi, kahar oetawa grobag jang ada di moekah, itoe jang ada di moekah menggok ka sabelah kiri, dan jang ada di belakang madjoe liwat ka sabelah kanannja.

4. Salainnja pertemtoeannja kangdjeng Goebernemen di dalem fatsal ka-sembilan dari atoeran boeat kapiaraän dan pemakeannja koeda dan kareta, satoe satoe kahar dan grobag sawaktoenja malem kaloe tida trang boelan misti ada obor oetawa lanteranja jang di moekah oetawa di sa- belah kanannja kahar oetawa grobag.

Katr, I. Sawaktoenja malam kaloe tida trang boelan satoe satoe kareta oetawa bendi, jang berdjalan oetawa brenti di djalan

(13)

djalan, misti ada doea lanteranja dcngen doea oetafra tiga karjanja jang di moekah sabelah kiri kanan, cetawa misti ' ada oboriija jang di pegangken oîeli satoe boe.njang di beia- kangttja kareta oetawa bendi. (Stbl. 1853 No. 100 f.itsal 9.)

Sabagimana knsebuet di dalem perkataan permoelaän, sega- la oendaiig oendan? polisi dari kangdjeng Goebernemen, apa lagi itoe Stbl. 1853 Ko. 100 nanti di berkoempoelken di dalem

7>StaalMad Melajoe,-bagian katiga: »Departement dari Jus- tisi (hakim).-

II. Di dalem wet teritoeng malam dari poeJcoel anam soree sampeh poekoel anam pagi.

5. Satoe satoe kabar oetawa grobag apa lagi binatang binatang tida boleh di brentiken di bawah lods lods post.

Kaloe dimana itoe lods lods post sabetoelnja ada kareta jang brenti boeat gantiken koeda, itoe kahar, grobag oe- tawa binatang tida boleh di berdjalanken di bawah itoe lods lods post tetapi misti di berdjalanken di sabelah kiri oetawa kanan-nja itoe lods.

6. Salainnja dari sebabnja jang perloe sabagimana di temtoeken di dalem fatsal ka-toedjoeh, satoe satoe ka- har oetawa grobag dan binatang binatang misti teroes di berdjalanken dari satoe tampat ka lainnja; tida boleh di brentiken di djalan salainnja di mana tampat pembrenfian.

Itoe tampat tampat pembrentian boeat satoe satoe dja- lan nanti di temtoeken oleh Resident Semarang dan di membri bertahoeken koelilincr.

o

7. Sahandenja ada sebabnja jang perloe jang satoe sa- toe kahar oetawa grobag dan binatang binatang misti bren- ti di djalan tida boleh teroes, lantas itoe kabar, grobag oetawa binatang binatang misti di pinggirken tida boleh tinggal di tengalmja djalan, dan misti tinggal di mana pinggirnja djalan sa sampeh waktoenja boleh berdjalan te- roes kombali

8. Batoe, roempoet dan lain lain barang jang kotor tida boleh di lemparken di djalan; salainnja dari krikil, batoe oetawa lain lain pekakas jang boeat berkoewatken djalan, toeroet parentahnja negri

(14)

ia

Katr. Pertemtoeannja fatsal ka-delapan soeda di ganti oleh per- temtoeannja kangdjeng Goebememen jang kaseboei di ba- wah ini:

« Siapa siapa jang di pinggirnja oetawa di atasnja djalan djalan,

„oetawa di moekah, deketaja oetawa di dalem pekarangan

„oetawa roemahnja lain lain orang, apa lagi di daleui soemoer,

„kali dan selokan jang di dalem oetawa deket kota, kam-

„pong dan dessa, lein parken batoe dan lain lain prabot jang

„bebawoe batjin oetawa jang boleh mendjadi penjakit, di hoe-

„koemken:

,,a) orang olanda oetawa jang di bersamaken orang olanda

„denda dari satoe sampeh limablas roepijah, oetawa pem-

„boewen satoe sampeh doea ari;

tlb) anak negri oetawa jang di bersamaken anak negri dén- uda satoe sampeh limafjlas roepiah oetawa pemboewen sa-

f/toe sampeh anam ari.

(» 'endnng Oendaug polisi: a) boeat orang olanda Stbl. 1872 Ko. 110, fatsal S § 9; b) boeat anak negri Stbl. 1872 No. I l l , fatsal 1 § 11).

9. Satoe satoe kahar oetawa grobag misti ada badjinja boeat bolehnja di toendjangken.

10. Di mana djalan djalan jang kaseboet di dalem ini oendang oendang, balok, papan dan lain lain roepa roepa kajoe tida boleh sekali di serelken.

Itoe kajoe kajoe sahandenja tida di pikoel oetawa moe- ati di dalem kahar oetawa grobag, sabagimana di temtoe- ken di dalem fatsal 1 dan 2, bolehnja di milirken dengen trikebal; pinggirnja rodanja itoe trikebal tida boleh koe- rang lebarnja dari sapoeloeh duim Niderland, dan rodanja misti satoe roepa saperti pertemtoeannja fatsal !.

Dengen satoe trikebal boleh milirken moewatan berat- nja sampeh doea riboe pond Niderland.

Katr. I. Trikebal mengarti n ja seretan dengen roda ampat jang boeat moewatan jang berat sekali saperti balok balok be- saar, merijem clan lain lain,

II. Itoe rodanja trikebal misti saperti rodanja kareta, men- djadi misti ada bessi koelilirgnja, salebarnja saperti lebar-

3

(15)

nja roda (10 duim Niderkud), dan pakoe patœnja misti di rataken djangan sampeh djangkir.

11. Salainnja dari pertemtoeannja kangdjeng Groeberne- men dari prakara peroesakannja pintoe pintoe aer, ban- doengan bandoengan danJain lain pembikinan oetawa per- djadian di mana kali kali. selokan selokan dan lain lain berdjalanannja aer (Stbl. 1854 N'o. 95) dan dari prakara peroesakannja paal paal, tali tali dan lain lain pekakas- nja telegraaf (Stbl. 1858 Oo. 37). kaloe kahar kahar oe- tawa grobag grobag oetawa binatang binatang bikinken per- oesakan apa apa pada lods lods post. paal paal djaian dan telegraaf, poehoen poehoen, galengan galengan, djambatan djambatan, djaian djaian dan seioeran seloeran ajer, sia- pa siapa jang poenja ifoe kahar, grobag oetawa binatang nanti misti gantiken onkosnja boeat kerd.jahken betoel itoe karoesakan.

Katr. Itoe Staatsblad 1858 No. 37 dari prakara telegraaf soe- da di merombak, di ganti dengen atoeran baroe, Stbl 1876 . No. 257.

Itoe Staatsblad 1876 No. 257 dan 1S54 No. 95 dan prakara peroesakannja pintoe pintoe aer nanti di kaseboet- ken di dalem »Staatsblad Melajoe, bagian ka-toedjoeh; —

» Departement der Burgerlijke Openbare Werken (Bedirikeu ,/dan kapiaraännja Roemali roemah, Gedong gedongnja negri, ,,djambatan djambatan. djaian djaian dan selokan selokan):

12. Siapa siapa jang langgarken pertemtoeannja ini atoe- ran di hoekoemken denda tida boleh lebih banjak dari doewa poeloeh lima roepiah, oetawa pemboewen tida bo- leh lebih dari delapan ari lamanja.

13. Segala atoeran polisi dari ini prakara jang sekarang massih di djalanken di merombak tida boleh di djaian- ken lagi, di ganti den gen ini atoeran.

14. Dari namanja djaian djaian jang teritoeng mendjadi djaian djaian nummer satoe nanti Resident Semarang jang temtoeken dan merabri bertahoeken koeüüng.

(16)

14

Katr. I) Djalan djalan siummer satoe ja itoe jang di sebaetken di bawah ini:

I, Djalan Bodjong;

i, Djalan Pontjol (blakang kebon);

3, Djalan Bandoesari;

4, Djalan Kaligaweh;

5, Djalan Pengapon;

o, Djalan Karangbidara;

7, Djalan Zeestrand (Kebon laoet);

8, Koorder Walstraat (Moeiall Tawang);

9, Djalan Kortademstraat (Passar baroe);

10. Djalan Oude-stadhuisstraat;

11. Djalan Marine-straat;

12, Djalan Siebergstra.it (Djalan moekah staiïan);

13, Djalan Achterkerkstraat (Blakang Gredja);

14., Djalan Wester-Walstraat;

15. Djalan Heerenstraat;

16. Djnlan Oosterwalstraat (Djalan tnoekah Komedi);

17. D|alan Bloeinstraat;

18. Djalan van der Burgstraat (Djalan sabelah staiïan);

19. Djalan Konijnenstraat (Gang tahi);

20. Djalan Kerkstraat (Djalan moekah Gre ija);

21. Djalan Weduwenstraat(Djalan moekah tangsi);

22. Djalan Kazernestraat (Djalan Djerooh natan);

23. Djalan zwaluwenstraat; (Gang maling);

24. Djalan Spekstraat (sekarang Kerkhofstraat, Djalaiv spekstraat betoel);

25. Djalan Blinde Spekstraat (Djalan Spekstraat boentoe);

26. Djalan Slijkhoeks'raat (Djalan Seleko);

27. Djalan Hoogendorp-Stroomstraat (sekarang Hoogen- dorp-straat);

28. Djalan Hoofdwachtstraat;

29. Djalan "Vlaggestoks'raat;

iboe doewa poeloeh sembilan djalan di dalem dan di pinggirnja kota Semarang;

80. Djalan post dari loear kota Semarang'teroes ka wetan sasampehnja watesnja karesidenan üjapara;

(17)

3 i djalan post dari lo ear kota Semarang teroes ka koelen, sa sampehnja watesnja karesidenan Pekalongan j

32 Djalan kareta dan Demak teroes sa sampehnja Poer- wodadi;

33 Djalan kareta dan Poerwodadi liwat Wirosari teroes sa sampehnja Kradenan; dan

34. Djalan dari Demak sa sampehnja Goeboek dan dan Goeboek liwat Tigowanoe sa sampehnja Semarang (pengabis- samija ini djalan di karang toeri sa sabelahnja kontroliran).

(Oendang Oenlangnja Resident Semarang 28 April 1861, J. C. 1864 No. 36).

II). Ini atoeran boeat djalan djalannja nummer satoe rnis- ti di berdjalanken djoega boewat djalan post dari kota Sema- rang teroes ka kidoel sa sampehnja Ambarawa dan Salatiga.

(Oendang oendangnja Resident Semarang 18 September 1871, J. C 1871, No. 75).

ï>ïo. 4

1 Julij 1865. A T O E R A N

ƒ. C. 1865 No. 60 d a n P r a k a r a S i r a m s i r a m nJ a djalan di dalem - dan di. kam- pong kampong jang berping- gir pada-kota Semarang.

1. Siapa siapa jang poenja oetawa jang beroemahken pekarangan berpinggir pada djalan, misti siramken itoe djalan. sapandjangnja sabagimana watesnja satoe satoe orang poenja pekarangan, dan salebarnja djalan tjoemah se- paro sadja. dan separonja djalan bagiannja jang beroemah di sabrang; tetapi kaloe di sabrang tanah lapang tida ada pe- karangan, siapa siapa jang beroemah oetawa jang poenja pe- karangan di sapinggirnja djalan, misti siramken itoe djalan sa-antero lebarnja.

2. Itoe djalan misti di siramken saben saben ari doe- wa kali, pagi pagi moelai poekoel dalapan laatnja poekoei sembilan dan sorenja moelai poekoel ampat laatnja poekoel lima.

(18)

;;

3. Itoe djalan tida boleh di siramken sama ajer jang batjin dari goot goot oetawa lobang lobang loempoer.

4. Siapa siapa jang langgarken - oetawa tida djalanken baik baik -pertemtoeannja iniatoeran, nanti kena denda jang pertama ƒ 1,— (satoe roepiah) dan di blakang kali / 3,- (tiga roepiah), apa lagi negri boleh djalanken sendiri dia orang poenja permistian. dan ongkosnja dia orang jang nanti pikoel.

5. Djalan djalan jang berpinggir pada gedong gedong dan pekarangan pekarangannja kangdjeng Goebernemen, negri jang atoerken prakara siramnja itoe djalan.

6. Ini atoeran misti di djalanken djoega pada orang orang kampong jang berpinggir pada djalan djalan besaar; siramnja itoe djalan djalan kapala kapaia kampong jang mengatoerken.

Katr I. Dari prakara djalan djalan mana jang teritoeng mendjadi djalan bessaar oetwa djalan nummer satoe boleh melihatken atoeran polisi ka-tiga »Atoeran, boeai djalannja nummer satoe di dalem Karesidenan Semarang".

II. Ini atoeran di tetepken misti di berdjalanken djoega di dalem afdeeling Salatiga (Oendang oendangnja Resident Sema- rang 18 Janua,rii 1877, J. C. 1877 No. 7)

N o . S .

,„._ P e r t e m t o e a n 14 November 186», L „ . . I _ , ,

boeat menambah peratoeran,

•J. C. 1868 No, 93. bersoetjian dan membrisih- an di dalem kota Semarang, Kendal, Demak, Poerwodadi (Grobogan), Salatiga dan Ambarawa.

1 Siapa siapa jang poenja oetavva boroemahken reenaab roemah tembok di dalem kota Semarang, Kendal, Demak, Grobogan (Poerwodadi), Salatiga dan Ambarawa, misti pia- rakenbaik baik itoe roemah'roemah dan itoe roemah roemah tiap tiap tahoen sa-djarang djarangnja satoe kali misti di poelasken dengen kapoer sawaktoenja boelan Mei.

(19)

2. Satoe satoe pekarangan jang berpinggir pada djaian dan

<!i bediriken roettiah tembok, kaloe itoe roemah sendiri tida berpinggir pada djaian. tnisii ada paggeraja pagger. (embok jang pendek, paggerbessi, kajoe, barnëoe oetawa pagger tu- doep (dadah).

'l 1 toe pagger pagger dan djambatan djambatan jang di moekah pekarangan bewates pada pekarangan dan djaian misti di piaraken baik baik dan tembok temboknja tiap tiap lahoen sa-djarang djarangnja satoe kali sawaktoenja boôlan Mei misti di poeiasken denger) kapoer.

4 Waroeng waroeng dan lain lain pondok' sabagitoo roe- panja tida boleh di bediriken di pinggirnja djaian sa- lainnja dari dengen kaidinannja negri.

5. Di pinggirnja kali kali oetawa selokan selokan bessar ketjil, jang berpinggir pada djaian, tida boleh di bediriken petjeboan.

6. Pekarangan pekarangan, jang belom di mengatoerken sabagimana pertemtoeannja fatsal kado,ea dari ini atoeran, di dalem anam boelan moelainja teritoeng dari tanggalnja ini oendang oendang misti di mendjadiken sabagimana di temtoeken di dalem itoe fatsal.

Ka/r. Di dalem fatsal ketiga dari Oendang oendangiijakaugdjeng Goeberru-nent tertoelis ari 17 Februarij 1858 (Staatsblad 1858 No. 17) di temtoeken, jang satoe satoe atoeran polisi dari Resident Resident, sahandenja tida di temtoeken wak- toenja kapan itoe atoeran atoeran polisi misti moelai di ber- djalanken. teritoeng misti moelai di berdjalanken harinja ka- tigapoeloéh dari pada tanggalnja Javasehe Courant (Soerat khabar kangdjeng Goebernement) jang di mana itoe atoeran atoeran polisi di seboetken.

Tanggalnja Javasche Courant jang di mana ini atoeran polisi y>Per(emtoean boeal meriamlah peratoeran, bersoetjian dan

» membrisihan di dalem kota Semarang, Kendal, Demak, Poer—

t wodad'i; Salatiga dan Ambarawa, di seboetken hari 20 Novem- ber 1868; mendjadi ini atoeran moelai di berdjalanken hari 20 December 1868.

2

(20)

18

7. Siapa siapa jang langgarkea oetawa tida berdjalanken baik baik pertemtoeannja ini nanti di hoekoemken den- da jang tida lebih dari ƒ 25,- < Doewa poeloeh lima roe- piah). Anak anak negri dan lain lain bangsa jang di ber- sama samaken pada anak negri boleh di I Loekoemken den- da jang tida lebih d a r i / 2 5 , - (Doewa poeloeh lima roepiah) oetawa pakerdjahan peksa jang tida lebih lama dari am- pat belas hari.

8. Salaihnja dari hoekoeman jang di temtoeken di da- lem fatsal ka-toedjoeh, negri boleh berdjalanken dia orang poenja permistian dan ongkosnja dia orang jang misti pi- koel.

9. Wijkmeester oetawa kapala kapala kam pong misli djaga baik baik biarlah ini atoeran di berdjalanken haik baik dan siapa siapa jang salah misli di menghoendjoeken kapada kapala polisi.

• A . t o e r a i a

dari karombakan dan pem- betoelannja roemah roemah dan lain lain gedong di da- lem- dan di kampong kam- pong jang berpinggir pada- kota Semarang.

1. Sabagitoe lekasnja jang rooimeester poenja merassa jang satoe roemah oetawa lain lain gedong soeda roesak kira kira maoe roeboeb, lantas dia membriken bertahoe pa- da Resident.

2. Resident prentahken pada Ingenieur dari Waterstaat, Assistent resident dari polisi dan rooimeester boeat djalan- ken kommissi boeat priksa baik baik kaiidaannja itoe roemah oetawa gedong dan boeat timbang apa jang misti di akal- ken djangan sampeh itoe roemah oetawa gedong boleh roeboeh dan mendjadiken tjilaka.

'14< September 1869 J. C. 1869 No. 81.

(21)

Dari kommissi poenja papriksaän dan pendapettan misti di mengatoerken soerat pada Residen!.

Di dalem itoe soeral misti di temloeken di dalem sebra- pa hari itoe roemah oetawa gedong misti di kerdjahken aken djangan sampeh bolehnja foeboeh.

Itoe kommisi misti di djalanken di dalem doewa hari saabisnja soeda trimah parentahnja.

Jang poenja roemah oetawa gedong nauti trimah khabar dari berdjalanannja kommissi: sabagimana soekanja dia boleh toeroel sama sama kommisi.

3, Di dalem doewa poeloeh ampai djam sa abisnja itoe papiiksaän. su loc salinan dari soeratnja. kommissi di pes- rahken dengen soeral sita pada jang poenja itoe roemah oetawa gedong. dan sama sekali dia di mintaken aken bo- leh berdjalanken sabagimana pendapetannja kommissi.

i. Sahandenja jang poenja itoe roemah oetawa gedong di dalem waktoenja jang soeda di temloeken oleh kommis- si tida berdjalanken permistiannja sabagimana bertimbang- nja kommissi,. dia di hoekoem denda:

a) boeal hari jang pertama sahwat waktoenja ƒ 50.- (li- ma poeloeh roepiah) dan

b) boeal satoe satoe liari jang di blakang ƒ u25,-(doewa poeloeh lima roepiah).

Boeat anak anak negri dan bangsa bangsa jang di ber- sama samaken anak: negri itoe hoekoeman denda boleh di ganti sama hoekoeman pakerdjahan peksa:

a) boeal hari jang pertama saliwat waktoenja delapan hari ampoenja lama. dan

b) boeal satoe satoe hari jang di blakang liga hari am- poenja lama.

5. Sahandenja di dalem toedjoeh hari saliwat waktoe- nja jang di temtoeken oleh kommissi jang poenja itoe roe- mah oetawa gedong masi teledor beloem djalanken p e r - mistiannja, rooimeester lantas laporken pada Resident, dan Resident boleh soeroe djalanken itoe permis tian oleh negri.

Hoe hoekoeman denda oetawa pakerdjahan peksa, s a - bagimana di temtoeken di dalem fatsaJ ka-ampat. misti di

(22)

:»0

bajarken oetawa di djalanken tida lebih lama sampehha- rinja jang permistiannja di djalanken oleh negri.

6. Saäbisnja permistiannja, sabagimana bertimbangrvja kommissi, soecla di djalanken oleh negri oetawa oleh jang poenja itoe roemah oetawa gedong. rooimeester lantas misti laporken pada itoe kommissi.

Kommissi priksaken kombali kaädaännja itoe roemah oe- tawa gedong, dan dari papriksaän dan pendapettannja di mengatoerken procesverbaal.

Satoe salinan dari itoe proces-verbaal di pesrahken dengen soerat sita pada jang poenja itoe roemah oetawa gedong.

7. Boeat roemah roemah oetawa gedong gedong, jan"

tida trang siapa jang poenja, oetawa kaloe jang poenja ada di lain negri tida ada wakilnja, itoe pendapettannja kommisi jang sabagimana di temtoeken di dalem fatsal ka- doewa, di seboetken di dalem Javasche Courant (Soeral khabarnja kangdjeng Goebernement), dan sahandenja sali- wa'l tiga boelan dari tanggalnja itoe soeral khabar, per- mistiannja sabagimana pertimbangnja kommissi beloom moeiai di djalanken. itoe jang poenja itoe roemah oetawa gedong baroe kena itoe hoekoeman denda oetawa pakei djahan peksa sabagimana di temtoeken di dalem Fatsal ka- ampat.

Saliwatnja itoe tempo tiga boelan itoe permistiannja bo- leh di djalanken oleh negri.

8. Sahandenja sabagimana pertimbangnja itoe kommis- si satoe roemah oetawa gedong peiioe sekuli di rombak- ken, Resident boleh membriken parentah biarlah itoe roe- mah oetawa gedong di rombakken.

Itoe perloenja kommissi misti mengoendjoeken jang trang sekali di dalem soera t papriksaännja.

Sahandenja jang poenja itoe roemah tida lantas toeroel parentahnja Resident, oetawa kaloe tida trang siapa, jang poenja itoe roemah oetawa gedong, oetawa. kaloe jang poe- nja itoe roemah oetawa gedong ada di lain negri tida poe- nja wakilnja, Resident, boleh lantas soeroe rombakken ilne roemah oetaWa gedong oleh negri.

(23)

Ongkosnja itoe jang poenja roemah oetawa gedongjang nanti misti bajar.

Boeat roemah roemah oetawa gedong gedong jang tida trang siapa jang poenjâ, oelawa kaioe jang poenja ada di lain negri dan tida ada wakilnja, itoe prakara merombak

di seboetken di dalem Javasche Courant.

Kaloe di dalem tiga boelan moelai teritoeng dari tang- gainja itoe pembritahoeannja di dalem Javasche Courant tida ada jang rnengakoe jang itoe roemah oetawa gedong dia poenja, bekasnja itoe roemah oelawa gedcng nanti di djoeal, dan ongkosnja negri sabrapa boleh nanti di potong dari harganja itoe bekas..

9. Saitandenja satoe roemah oetawa gedong dari sebab soeda toewa. oetawa roessak oelawa koerang baik boleh- nja di piara oetawa di kerdjahken betoel mendjadi karoe- giannja orang lain poenja roemah, gedong oetawa barang, itoe jang poenja itoe roemah oetawa gedong, salainnja dia poenja pernnistian boeat bajarken itoe lain orang poe- nja karoegian, nanti di hoekoemken denda ƒ 25,- (doewa poeloeb lima roepiah) netawa boeal anak anak aegri dan lain lain bangsa, jang di bersama samaken pada anak gri, sabagimana timbangannja Resident, tiga hari pak

djahan peksa. cer-

NTo. T- 30 September 1871.

•J. C. 187J No. 88.

A t o e r a n

dari pemakejannja kahar ka- har, grobag grobag dan lain lain boeat moeatan- barang barang, jang di tarik pada koeda, sarapi oelawa kerbo 'li dalem- dan di kampong kampong jang berpinggir pada-kota Semarang,

i. Satoe sater kahar, grobag oetawa lain lain pekakas boeat moewatandan miliran larang, jang di larik sama koe-

(24)

22

da, sampi oetawa kerbo. kaloe berdjalan di dalem dan di kampong kampong jang berpinggir pada kota Semarang, misti di anterken oleh satoe orang, jang berdjalan di moe- ka oetawa sabelah kiri-kanannja itoe koeda, sampi oetawa kerbo.

2. Boeat satoe satoe passang koeda, sampi oetawa ker- bo misti ada satoe orang jang mengirinken saperti di tem- toeken di dalem latsal jang pertama.

3. Itoe kahar kabar, grobag grobag dan lain lain pe- kakas misti didjalanken plahan plahan.

1. Itoe kahar kahar, grobag grobag dan lain lain peka- kas apa lagi grobag grobag sorongan, kaloe brenti di dja- lan misti di pinggirken, soepaja kareta kareta, bendi bendi boleh liwat.

Salamanja misti ada satoe orang bocal djaga.

5. Kaloe kareta, bendi, kabar oetawa grobag katemoe satoe pada lain, doea. doea misti mengok ka kiri, soepaja doea. doea boleh liwat sama sekali.

Katr. Dan perkataan oland'a voertuigen, boleh melihatken katra- ngaunja fatsal satoe dari oendang oendang Nummer tiga.

Perkataan olanda rijtuigen tjoemah mengertinja kareta, bendi, dos-à-dos, tjikar veer dan lain lain pekakas jang di naiki orang sadja.

Perkataan olanda „vervoermiddelen, itoe mengartinja segala pekakas jang boewat naikannja orang oetwa moewatannja, barang, saperti kareta, bendi, dos-à-dos, tjikar veer, glin- dintt, "grobae, saretan dan lain lain pekakas di darat;— tam- bangan, praoe, kapal api, kapal lajar, rakit, gettek, dan lain lain" pekakas di kali dan lacet laoetan.

6. Kaloe doea kareta, bendi, kahar dan grobag kate- moe dan katebroek satoe pada lain, itoe jang liwati sepa- ronja djalan sabelah wetannja itoe jang salah.

7. Satoe satoe kareta. bendi, kabar dan grobag, jang maoe massoek di dalem oetawa maoe kaloear dari satoe pekarangan, oetawa. maoe liwat satoe pintoe, oetawa maoe menggokken di mana oedjoengnja djalan, koetsirnja oetawa

(25)

djoeragannja misti beboenjiken lebih doeloe tjamboknja doea tiga kali.

8. Koetsir koetsir dan. djoeragan djoeragan tida boleh tidoer oetawa mabok sawaktoenja berdjalanken pakerdjah- annja.

9. Dari waktoenja muta hari soeda bolehnja toeroen sampeh pagi moelainja siang kahar kahar oetawa grobag grobag dan lain lain pekakas Jang berdjalan oetawa bren- ti di djalan misti ada obor oetawa lanteranja.

((aloe trang boelan i toe obor oetawa lantera tida misti di passang, tetapi salamanja misti di sediaken. soepaja kaloe boelan soeda toeroen lantas bolehnja di passangken.

Katr. Boleh inelihatken katrangannja fatsal ka-ampat dari oendang oendang nummer tiga

10. Siapa siapa jang langgarken pertemtoeannja ini oendang oendang di hoekoemken:

1°. ) orang Olanda dan jang di bersama samaken orang olanda:

a) oewang denda tida boleh lebih banjak dari ƒ 25,- (doe- wa poeloeh lima roepiah) oetawa

b) toetoepan di boewi tida boleh lebih dari delapan hari lamanja;

2°.) Anak anak negri dan jang di bersama samaken anak negri

pakerdjahan peksa tida boleh lebih dari tiga boelan lamanja.

Katr. ini atoeran polisi misti di djalanken djoega di dalem afdeeling Salatiga (Oendang oendangnja Resident Semarang tertoelis hari T« Januarii 1877, -T. C. 1S77 No. 7).

N o . H .

A t o e r a n ih February 1874.

T n , ™ Ar -.i ; )o d a r i Pr a k a r a prampoewan

•T. C. 1874 No. il dam il. , soendel dan roemah roemah

berkoempoelan soendel.

1. Itoe prampoewan prampoewan soendel dan roemah roemah berkoempoelan soendel di bediriken di bawah pen- djagaännja polisi jang kentjeng.

(26)

u

2. Orang orang polisi misti djuga soepaja ini atoeran di toeroeti baik baik oleh siapa siapa jang misti.

Saiamanja orang orang polisi boleh prik sa apa ini atoe- ran di djalanken dan di toeroeti bagimana mistinja.

Prampoewan Prampoewan soendel.

3. Satoe satoe prampoewan soendel misti mengadap sendiri di moekah polisi mengakoe dia memang soendel.

i. Siapa siapa jang rnengatoerken dirinja mengakoe me- mang dia soendel, lantas di toelisi di dalem satoe boekoe pakeh nummer teroessan.

Di dalem satoe satoe afdeeling ada satoe boekoenja pram- poewan soendel di kantornja assistent Resident. Boeat af- deeling Semarang toean assistent resident polisi jang pe- gang itoe boekoe, dan boeal afdeeling Demak ada doea boekoe, satoenja di kantornja toean assistent resident di Demak dan satoenja pada schout (mrinjoe) di Kedoeng djati.

Kait. Doeloe Kedoengdjati toeroet afdeeling Demak, tetapi (seka- rang ada di dalem afdeeling Semarang (Stbl. 1873 No. 99 a).

5. Satoe satoe orang polisi apa lagi kapala kapala kam- pong dan dessa misti menghoen.djoek.cn prampoewan pram- poewan di dalem dia orang poenja kampong, dessa oeta- wa pegangan, jang memang kentara mendjadi soendel.

Katr. Ini pendang oenclang tida tjoemah boeat anak anak negri tetapi boeat segala bangsa.

Mendjadi sahandenja ada prampoewan prampoewan tjina oe- tawa lain lain bangsa jang tingkali djalan memang kentara soendel, kapala kapalanja orang tjina oetawa lain lain bangsa misti menglioencljoeken itoe prampoewan pada kapala negri (Assistent Resident polisi Semarang, Assistent Resident De- mak, Grobogan, Kendal, Airrbarawa dan Salatiga)., oetawa pada schout di Kedoeng-djati.

6. Prampoewan prampoewan jang mengakoe leroes trang memang mendjadi soendel, di toelissi di dalem itoe boekoe

dari dia orang poenja mengakoean sendiri.

7. Kaloe satoe prampoewan jang di dakwaken moeng- kir tida trimah di seboetken soendel, kapala negri bertim- bangken pendakwaännja, dan kaloe kapala negri poenja

(27)

timbangan i toe prampoewan trang memang soendel, itoe prampoewan di toelisi djoega di dalem itoe boekoe, dan itoe prampoewan, maski dia massih moengkii', di melihat- kendan dikalakoeken saperti itoe prampoewan soendel jang kaseboet di dalem fatsal ka-anam.

Katr. Koe „kapala negri" jang kaseboet di dalem ini fatsal me- ngertinja ambtenaar ambtenaar jang pegarigken boekoe boekoe- nja soendel saperti di temtoeken di dalem fatsal ka-ampat:

toean toean assistent resident polisi di Semarang, assistent resident Demak, Grobogaa, Kendal, Ambar.awa dan Salatiga, dan schout di Kedoeng- Djati.

S. Satoe satoe prampoewan jang soeda di toelissi di da- lem boekoenja, nanti misti di priksaken oleh dokter di moe- kah satoe orang polisi sabagimana di temtoeken di dalem fatsal ka-sablas.

9. Satoe satoe prampoewan jang abis di priksa tida ka- dapettan sakit apa apa jang katoelaran, lantas trimah satoe soerat pas jang kaseboetken:

•1 nnmmernja itoe prampoewan di dalem boekoenja pram- poewan soendel :

2 namanja dan roemahnja itoe prampoewan;

3 tanggalnja itoe soerat pas, dan namanja dan pangkat- rija siapa jang membriken itoe soerat pas.

Itoe soerat soerat pas di membriken oleh ambtenaar amb- tenaar sala satoenjajang di kaseboet di dalem fatsal ka- ampat.

Di dalem boekoenja di seboelken jang itoe prampoewan soeda trimah soerat pas.

10. Satoe satoe prampoewan jang waktoe di priksa ke- dapettan penjakit prampoewan oetawa lain lain penjakit ka- toelaran, lantas di massoekken di mana roemah sakit boe- at prampoewan soendel.

Di sitoe itoe prampoewan di obati dan sabeloemnja baik tida di kassihken belaki.

Kaloe dia soeda baik lantas dia di membriken soerat pas sabagimana di temtoeken di dalem fatsal ka-sembilan.

11. Di mana saboleh bolelmja saben saben mingon sa-

(28)

u

toe kali, dan kaloe tida boleh saben saben ampatbelas hari satoe kali, segala prampoewan jang poenja soera I pas nan- ti oli priksa oleh dokter di moekah satoe orang polisi.

Tarapatnja clan waktoenja itoe papriksaän nanti di tem toeken.

a) boeat afdeeling Semarang. Demak, Kendal dan G-ro- bogan oleh kapala negri di sitoe. dan

h) boeat afdeeling Salatiga dan Ambarawa oleh toean kommandanl benteng.

Satoe satoe prampoewan jang beroemah tida lebih dja- oeh dari anam paal dari itoe tem pai misti pigi di sitoe boeat, di priksa.

Prampoewan prampoewan jang kedapettan tida poenja penjakil lantas boleh poelang, saäbisja di dalem soerat pas di pertanda k en oleh doktor tampatnja dan waktoenja paprik- saän dan orang polisi soeda toeroei tarook tanda tangannja.

ofetawa, kaloe dia merasa perloe, soeda membriken seerat pas baroe.

Boeat prampoewan prampoewan.jang kedapettan poenja penjakil. dia orang poenja soerat pas di tahanken. dan itoe prakara di seboetken di dalem boekoenja.

Itoe prampoewan di massoeken di mana roemah sakit dan di kalakoeken saperti soeda di temtoeken di dalem fat- sal ka-sapoeloeh.

12. Satoe satoe prampoewan salamanja misti bawahken soerat pasnja dan itoe soerat misti di menghoendjoeken pada siapa siapa jang minta melihatken.

Kendati apa. sebabnja satoe satoe prampoewan tida bo- leh sekali pindjemken oetawa toekarken dia poenja soerat

pas, oetawa pakehken orang lain poenja soerat pas.

13. Prampoewan prampoewan jang soeda di toelissi di dalem boekoenja di melihatken dan di kalakoeken saperti soendel. sasampeh waktoenja dia orang poenja nama soeda di boenoehken di dalem itoe boekoe oleh polisi

Itoe nama di boenoehken:

1 Kaloe itoe prampoewan soeda bolehnja mati;

2 Dari permoehoenannja kendiri, sahandenja itoe pram- poewan bolehnja kawin:

(29)

3. Dari permoehoenannja kendiri, kaloe itoe prampoe- wan mengatoerken pada polisi jang dia harep brenti men- djadi soendel, dan polisi poenja timbangan jang- itoeperbi- langan aken boleh di pertjajaken.

Kaloe satoe soendel pindah beroeinah di lain kampong oetawa dessa di dalem itoe afdeeling djoega, di kaseboet- ken di dalem boekoenja.

Kaloe satoe soendel pindah beroemab di lain kampong oetawa dessa di loear itoe afdeeling. di seboetken djoega di dalem boekoenja.

Kaloe polisi merasa jang itoe prampoewan nanti tida poelang lagi di dalem itoe afdeeling. dia poenja nama di boenoehken di dalem boekoenja.

Satoe satoe soendel jang harep pindah beiueiualt di da- lem lain kampong oetawa dessa, misti mengatoerken lebih doeloe pada polisi.

Katr. Siapa siapa jang imtoe pindah beroeman ai lain lain kam- pong oetawa dessa misti membriken bertaoe iebih dhoeloe pada kapalanja kampong oetawa dessa jang Sama, dan di da- lem doewa poeloeh ampat djam saäbisnja mendjadi pindah pada kapalanja kampong oetawa dessa baroe.

Jang langgarken ini atoeran di hoekoemken uewang denda dari satoe sampeh limabelas roepiah

{Oendang oendang polisi Goebernemeni, a) boeat orang Gianda fatsal 3 No. 1 dan 2. b) boeat anak negri fatsal 1 No. 1 dan 2).

Roemah roemah berkoempoelan Prampoewan Soendel.

14. Salainnja ronggeng ronggeng oetawa tandak lan- dak dan lain lain jang poenja djoega lain pangidoepan.

itoe prampoewan soendel rnisti sabrapa boleh beroemah berkoempoelan sama sama.

Kaloe di dalem satoe roemah soeda ada lima soendel, itoe roemah di melihatken mendjadi roemah berkoempoelan prampoewan soendel.

15. Prampoewan prampoewan. jang berkoempoel di da- lem roemah roemah berkoempoelan prampoewan soendel di melihatken dan di kalakoeken saperti prampoewan pram-

(30)

28

poewan jang tida berkoempoel di dalem roemah roemah berkoempoelan prampoewan soendel.

16. Satoe satoe roemah berkoempoelan prampoewan soendel baroe boleh di idinken:

1 kaloe ada saloe (»rang lelaki oetawa prampoewan jang boeat mendjadi kapalanja itoe roemah;

2 sabanjaknja prampoewan soendel jang beroemah oeta- wa jang di trimahken rli sitoe misti di mengatoerken ka- pada polisi;

3 kaloe soeda di trimahken soerat kaidinan dari kapa- lanja negri; di dalem itoe soerat misti di seboetken tampat - nja itoe roemah, namanja kapalanja, sabanjaknja soendel dan tanggalnnja kapan itoe soeral bolehnja di membriken.

Itoe roemah roemah berkoempoelan tjoemah boleh di idinken di mana mana. konljo kontjonja dessa oetawa kampong tida dapet kasoesahan atinja.

17. Kapalanja satóe satoe roemah berkoempoelan pram- poewan soendel

1 tida boleh mondokken oelawu trimahken prampoe- wan prampoewan salainnja dari jang poenja soeral pas jam:

betoel;

2 misti mengatoerken kapada polisi namanja dan num- mernja prampoewan prampoewan jang bertinggal oetawa jang di trimahken di dalem itoe roemah;

3 misti djaga, jang itoe prampoewan prampoewan dja- lanken dan toeroeti baik baik apa jang di pertemloeken di dalem ini atoeran.

18. Kapalanja itoe roemah roemah misti djoega;

1 piaraken baik baik dan bressih itoe roemah:

2 djaga, djangan roepanja dan kalihatannja itoe roemah dari loear sampeh mendjadi kasoesahan ati boeat konijn kontjonja dessa oetawa- kampong:

3 djaga, jang itoe roemah salamanjasiang hari oetawa waktoe malem boleh di priksa oleh orang polisi.

19. Itoe soerat idin salamanja misti di simpen di da- lem itoe roemah dan di menghoendjoeken kapada polisi sa- sring sringnja polisi kapingin melihatken itoe soerat.

(31)

Itoe soerat tida boleh di pesrahken oetawa di pindjem- ken pada lain lain orang.

Saben saben anam boelan itoe soerat misti di menga- toerken kapada kapala negri boeat di toekarken dengen soerat baroe oetawa di bergoenaken boeal anam boelan lagi ampoenja lama.

20. Kapala negri djaga, biarlah itoe roemah roemah djangan tetjampoer pada pamadatan, dan itoe roemah bo- leh dibrentiken kaloe kapala negri rnerassah' ada sebabnja jang perloe.

Kaloe satoe roemah soeda di brentiken, di dalem doe- vva poeloeh ampat djam saäbisnja soeda di membrikcn parentah pada polisi iloe prampoewan prampoewati samoe- anja misti kaloear dari iloe roemah, dan lain lain pram- poewan soendel tida boleh dl mondokken oetawa di trimah- ken lagi di dalem itoe roemah.

2-1. Siapa siapa jang langgarken pertemtoeannja ini atoeran di hoekoemken denda saperti di bawah ini

boeat fatsal ka-sabelas, ka-doewabelas, ka-tigabelas dan ka- rloewa poeloeh, dari satoe sampeh sapoeloeh roepiah,

boeat fatsal ka-toeéjoeh belas, ka-delapanèelas dan kasembüan- belas, dari sapoeloeh sampel i doewa poeloeh lima roepiah; salainnja dari kakoeassaännja kapalanja negri sabagimana soeda di temtoeken di dalem fatsal ka-daoewa poeloeh.

22. Ambtenaar ambtenaar dan dokter dokier tida bo- leh sekali kendali sebabnja apa mintak oetawa trimahken oewang oetawa lain lain apa apa dari prampoewan pram- poewan soendel oetawa dari kapalanja roemah roemah berkoempoelan soendel dari prakara permistian jang di pertemtoeken di dalem ini atnerah.

Soerat soerat jang di seboetkeil di dalem ini atoeran tida di toelissj di atas kartas zegel.

Kalt. Kapala negri, mengartinja assistenl resident polisi Se- marang, asswtenl residenl Ambarawa, Demak, Grobogan, Ken- dal dan Salatiga, dan schvUt di Kedoeng-Djati.

Ambtenaar ambtenaar, mengartinja segala oran» Olanda,

(32)

%p

-anak negri dan lain lain bangsa jang berdjalanken pakerljaban Goebernement, maskih tida trimah gadji.

Itoe ambtenaar ambtenaar dan dokter dokter jang nrntah oewang oetawa barang nanti boleh dapet boekoeman besar saperti di pertemtoeken di dalem boekoe hoekoeman

a) boewat orang Olanda fatsal 115, 117, 118, 119 dan 120;

b) boewaf anak negri fatsal 'l22, 124, 125, 126 dan 127.

A t o e r a n

dari Kaliwatannja praoe pra- oe dan dari pemoengoetannja bea di mana pintoe aer di Se- marang.

1. Satoe satoe praoe di kaliwatken di pintoe aer- ma- sing masing berganti ganti; jang dateng lebih doeloe itoe jang di kaliwatken lebih doeloe.

Tetapi praoe praoe jang di kaseboetken di bawah ini di kaliwatken lebih doeloe dari lain lainnja:

a jang moewatannja obat passang, martjon oetawa mi- njak petrol;

b jang moewatannja koeda dan binatang lain lain:

c jang moewatannja barang barangnja negri;

d jang moewatannja ikan basah.

Gêtêk gêtêk di kaliwatken jang pengabissannja; praoe praoe lebih dhoeloe.

Kaloe doewa praoe sama sekali bolehnja dateng di mana pintoe aer, satoe dari kali Semarang maoe teroes ka laoet, satoenja dari laoet maoe massoek di kali Semarang, itoe jang dari kali Semarang maoe teroes ka laoet jang di kali- watken lebih doeloe.

2. Itoe praoe praoe dan gêtêk gêtêk tida boleh di tali- ken oetawa di djangkarken oetawa di brentiken di dalem oetawa di moekahnja pintoe aer; tampatnja di mana itoe

> o . &, 23 April 1874.

J. C. 1874. 53.

(33)

praoe praoe dan gêtêk gêtêk misti di iketken baik baik nanti di menghoendjoeken oleh djoeroe bandoengan.

Praoe praoe dan gêtêk gêtêk jang sesakken djalannja sampeh lain lain praoe dan gêtêk tida bissa liwat, nanti misti di pindahken sabagimana prentahnja djoeroe ban- doengan; itoe praoe praoe dan gêtêk gêtêk di kaliwatken jang paling di blakang sekali.

3. Sdhandenja waktoe kaliwatannja praoe praoe dan gêtêk gêtêk itoe pintoe aer tidadiboeka doewa doeka sa- ma sekali tetapi satoe persatoe ganti beganti, itoe praoe praoe dan gêtêk gêtêk jang ada di tengahnja oetawa deket- nja pintoe aer misti di tahanken di moekah-dan di bla- kang-nja dengen tali jang koewal oetawa dengen rantej.

Dari ini prakara djoeragan djoeragannja praoe dan gê- têk misti toeroet perhoendjoekannja djoeroe bandoengan.

Sa itoe waktoenja sa-sâmpehnja praoe praoe dan gêtêk soeda liwat dan pintoe aer soeda di toeloep kombali, di atas satoe satoe praoe dan gêtêk misti ada orang doewa jang

paling sedikit.

4. Praoe praoe jang poenja pembawan dan saraandera, itoe pembawan dan samandera-nja, sawaktoenja itoe pintoe aer bolehnja di liwati, misti di massoeken di dalem praoe.

djangan sampeh bolehnja djangkir.

5. Kajoe oetawa tembok-nja pintoe aer dan kanaal tida boleh di toessoeki dengen gajit oetawa galah, dan praoe praoe oetawa gêtêk gêtêk tida boleh di minggirken oeta- wa di tengahken di dalem pintoe aer; itoe praoe praoe tjoemah nanti boleh di pinggirken di mana ada kalong oetawa paal bessi dan lain lain pekakas jang meman» di sediaken boeat tahanken praoe praoe,

6. Itoe praoe praoe dan gêtêk gêtêk tida boleh brenti di dalem empangnja pintoe aer lebih lamanja dari mistinja.

7. Di dalem empangnja oetawa lain lain bagiannja pin- toe aer tida boleh di lemparken oetawa di djatoohken apa apa, jang nanti boleh roesakken itoe pintoe aer oetawa sesaken djalannja mendjadi praoe praoe tida bisa liwat.

(34)

$2

Kati-, Melihat katrangan di mana fatsal ka-delapan dari Gendang oendang No 3. »Atoeran boeat djalan djalannja Nummer

»satoe di dalem karesideiian Semarang".

8. Kaloe haroes dras, praoe praoe dan gêtêk gêtêk jang Liwatken pintoe aer misti di tahanken dengen tali

dan kaloe praoe praoe oetawa gölêk gêtêk keleboe, lantas mitoeroet prentahnja djoeroe bandoengan, itoe praoe pra- oe dan gâtêk gêtêk djoeragannja misti angkatken boeat bolehnja lemes berdjalan.

Kaloe tida nanti djoeroe bandoengan jang berdjalänken itoe permistian, dan ongkosnja jang poenja praoe oetawa gêtêk jang nanti pikoel.

9. Praoe praoe jang, sabagimana merassanja djoeroe ban- doengan, botjor kira kira boleh tenggelem, tida boleh di kassih liwati pin toe aêr; praoe praoe bagitoe roepa jang ada deketnja pintoe aer tnisti di pindahken lebih djaoe, soepaja djangan praoe praoe lain sampeh tida bissa liwat.

10. Sahandenja satoe djoeragan tida maoe toeroet pa- rentahnja djoeroe bandoengan boeat pindahken dia poe- nja praoe oetawa gêtêk, itoe djoeroe bandoengan boleh ber- djalänken sendiri itoe permistian dan ongkosnja itoe djoe- ragan jang misti pikoel.

Katr. Siapa siapa jang salah memoediken oetawa iketken dia poenja praoe, tambangan oetawa gêtêk, mendjadi menjesak- ken djalannja, lain lain praoe, tambangan oetawa gêtêk sampek tida bissa madjoe, di hoekaemken denda dari satoe sampeh lima belas roepiah (Gendang oendang polisi Goebernement:

a boeat orang Gianda fatsal 3 No. 5' - b boeat anak negri fatsal 1 No. 5). •

11. Kaloe praoe praoe oetawa gêtêk gêtêk bikinken roesak pintoe aer oetawa kanaal, djoeroe bandoengan misti temtoeken itoe karoesakan di dalem satoe soerat paprik-

saän (proces - verbaal), dan itoe praoe oetawa gêtêk tida boleh brangkat oetawa belajar sabeloemnja djoeragannja oetawa jang poenja itoe praoe oetawa gêtêk soeda taroh tanggoengan (borg) dari prakara pembajarannja ongkosnja

(35)

itoe karoesakan dan djoeroe bandoengan merassa itoe tang-

0 - | Sp

oe pintoe aer tida boleh di boekaken kaloe aer- nja di dalem kali le] lgrgi dari jang soeda di temtoe- i'.oe ada larangannja toewan Ingenieur dari aat.

- tida boleh di boekaken, kaloe ada loempoer o ,awa ada !ain sebabnja jang itoe pintoe aer tida bole:^ i ~ik baik.

- dan bertoetoepan-nja pintoe :s:oessan tjoemah boleh di djalanken

; ' • >eroe mndoengan oetawa boedjangnja pintoeaer.

: :;sngan dari prakara berdjalanan-

d a n k a l i :- di mana pintoe aer siapa siapa lantas i toeroeti.

Katr 'B i t e aer di Semarang di temtoeken:

ndoengan olanda, gadjiknja ƒ 75-(Toe-

dJo e h ] ''^a roîpiah) satoe boelan, dan saben saben

t a n •••'-"' • - naiki ƒ 5 (Lima roepiah) satoe boelan, sanpeh itoe gadjih mendjadi ƒ 100-(Seratoes roepiah) satoe boela n,

Satoe mandor, sçadjilmja ƒ 18,- (delapan belas roepiah) sa- tc e boelan dan ampat boedjang, gaijihnja satoe boedjang/10,-

?;' p sloeh roepiah) satoe boelan.

Itoe djoeroe bandoengan, mandor dan boedjang mendapet I iri Soebernemen oetawa oewang sewaan, boe- at djoeroe bandoengan f 25,- (Doewa poeloeh lima roepiah), boeat mandor f 8,- (Delapan roepiah) dan boeat satoe satoe

tg f 4,- (ampai roepiah) satoe satoe boelan,

•(Firmannja kangdjeng Goebernemen hari 38 Maart 1876, 39; Stbl. 1876, 83).

14. Sahandenja djoeragannja oetawa jang poenja pra- 3tawa getek tida tjotjok bersama sama djoeroe ban- doengan dari mengarti: atoeran poelisi, kangdjeng toewan resident Semarang jang memoetoesken.

; doe siapa siapa langgarken ini atoerân polisi oeta- wa branili /entahnja djoeroe bandoengan. djoe-

8

(36)

u

roe bandoegan nanti tnengato erken lap por, dan itoe. lappor di pesrahken pada djaksa oetawn fiscaal boeal minta boe- koemannja pada liakirn.

16. Siapa siapa jang langgarken ini atoeran, di hoekoem- keu

a) orang o landa oetawa jang di bersama samaken pada orang olanda dengen oewang denda dari satoe sampeh lima belas roepiali oetawa dengen pemboewen satoe oetawa doewa hari,

b) anak negri oetawa jang di bersama samaken anak ne- gri deugen oewang denda dari satoe sampel) lima belas roepiali oetawa deugen pemboewen boewal satoe sampel) anam hari.

Siapa siapa jang soeda langgarken satoe kali ini atoeran dan sabeloemnja liwatnja satoe tahoen langgarken lagi ini atoeran, nanti boleh di hoekoemkeu lebih lirai

a) orang olanda oetawa jang di bersama samaken orang olanda den gen oewang denda sampeh doewa poeloeh lima roepiali jang paling ban jak, oetawa pemboewen boewal am- pai hari jang paling lama;

b) anak negri oetawa jang di bersama samaken anak ne- gri dengen oewang denda sampel i doewa poeloeb lima roe- piali jaiii;' paling banjak oetawa dengen pemboewen boe- wat delapan hari jang paling lama.

Siapa siapa jang brani lawang pada prentahnja djoeroe bandoengan, sahandenja kossalahannja tida di seboetken di dalem boekoe boekoeman, nanti di hoekoemkeu

a) orang olanda oetawa jang di bersama samaken pada orang olanda dengen oewang denda dari anam belas s a m - pelt doewa poeloeh lima roepiali oelawa dengen pemboe- wen boewal liga oelawa ampat hari,

b) anak negri oelawa jang di bersama samaken pada anak negri dengen oewang denda dari anam belas sampeh doewa poeloeh lima roepiali oelawa dongen pekerdjahan peksa boewal toedjoeh sampeh doewa belas hari lamanja.

Siapa siapa jang soeda lawang saloe kali pada prentahnja djoeroe bandoengan dan sabeloemnja liwatnja satoe tahoen brani lawang lagi pada prentahnja djoeroe bandoengan

(37)

nanti boleh dapel hoekoernan jang lebih brat:

a) orang olanda oeiawa jang di bersama samaken pada orang olanda oewang denda anam poeloeh roepiab jang paling bunjak, oetawa peinboewen boewat anam hari jan»

paling lama;

b) anak negri oetawa jang di bersama samaken pada a ak negri oewang denda auam poeloeh roepiab jang »alin» ha- njak oetawa pakerdjahun peksa boewal delapan belas hari jang paling lama

Katr. J. Dari prakara kassalahannja dan boe-koemannja siapa siapa jang brani lawang pada ambtenaar ambtenaar bessaar kerjil oetawa brani poekoel oetawa maki maki pada dia orang meli- hatkei) boekoe boekoe hoekoeman: a) boewat orans? Olanda fat sal I 13 sampek 166; b) boewal anak negri Tarsal 145 sam- pek J 67.

11. Di dalem Oendang oendanguja kangdjeng Goeberueinenl liari ](i Maart 1874 [Staatsblad 1874 No. 84) di temtoe- ken dari prakara bea bea jang di poengoel di mana pintoc ajer di Semarang (Melibat Staatsblad Mekijoe, "Bagian IV:

Departement dari Finantien, bea bea dan lain lain penglia- silannja negri.)

N o . I.O.

,~ „ . , . „ „ , Atoeran -•> September 1874.

r ,, , . , • , v ,,, , t,„ dari kapiaraan-dun pemban-

•'• ' • i o /4 isu. hz dan 83.

tejannja- babi.

'• Di dalem-dan di kampung kampong jang berpin »gir padadvola Semarang siapa siapa lida boleh piara, oetawa [lolong babi di lain lain tumpal salainnja dari lainpal jaim nanti di berlemtoeken oleh negri dan di mcmbri bertaboe- bi-ii di dalem suerai suerai khabar Seniaran»'.

Sahandenja ada sebabnja jang pe.rloe negri boleh idinken, babi di piara dan di pulung di mana lain lain tumpat.

Boeal salur salue kali inisli ada kaidinannja sendirian.

Ktttr. J)i Semarang ada sekarang tiga soeral kbabar:

a) De Locomotief, soerat kbabar bassa olanda, kloearan-

(38)

36

nja saben saben hari, harganja satoe talioen f -10,—( k r.

poeloeh roepiah), jang djoealken lan tjitakken itoe soeral khabar, toewan de Groot, EColff &. Co.;

ô) De Samar;] n i'sc h e Courant, soerat khabar bassa o kioearaimja sahen saben liari, harganuja satoe tahoen f 80,- (Tiga poeloeh roepiah), jang tjitakken dan djoealken itoe soerat khabar toean G. C. T. van Dorp & Co, nan

er) Slomprei Melajoe,' soeral khabar bassa Melajoe dengen aksara olanda, sabagiannja djoeifa koewatati pakeh aksara arab dan bassa djawa dengen aksara djawa, kloearannja doewa kali saben saben iningon, hari rebu dan har/ saptoe, harga—

nja satoe tahoen f L6,- (Ânam belas roepiah), jang tjitakken flan djoealken itoe soerat khabar toewan G. C. 'J', van

&. ( )o. djoega.

2. Segula kaidinan jang sampeh sawaktoenja ini soeda di membriken soeda tida bergoena lagi.

3. Sabeloemnja negri membriken kaidinan boeal piara oetawa potong babi di lain lain lampal salainnja dari tam-

pat jang memang soeda di pertemtoeken, sabagimana per- temtoeannja fatsal jang pertama, nanti polisi priksaki n lebih doeloe dari prakara kasegerau- dan bersoetjian-nja itoe kampong jang di r nana orang harep piara- oetawa potong babi.

Boeat satoe satoe kaidinan negri boleh pertemtoeken berdjandian sabagimana negri merasa jang pantes.

Satoe salue kaidinan negri sala manja boleh mengoebah- ken kombali.

i. Itoe lampal tampal jang di peri :en oleh negri boeat piara, dan potong babi misti di paggeri dengen pagger jang koewat sekali, dan siapa siapa jang poenja ito , misti djaga biarlah aernja ada berdjalanannja dan kotor kotornja di boewangken baik baik.

Siapa siapa jang potong oetawa piara babi di mana tampal. I a n i pai misti toeroel baik baik parentahnja toewan assistent resident polisi.

5. Di lain lain lampal di löear kota - dan di loear kam- pong kampong jang berpinggir pada kota - Semarang, <

siapa jang soeka boleh piara dan potong babi, assal djangan

(39)

sampeli mendjadi orang orang lain arapoenja soesah apa oetawa pekarangannja itoe jang piara oetawa potong

gitoe sesak .mendjadi koewatir boeat nanti ada po- njakitnja.

• ri temtoeken -kommissi boeal priksakenapa ada koe- watii nja boeal penjakit apa tida.

Siapa siapa jang piara babi misti toeroel bertimbangnja i i ' ' ' kommisi.

B. Babi babi jang poenja penjakit. mendjadbdagingnja merassanja tida baik di makaiiken. itoe babi babi di ta- hanken oleh polisi.

Dari prakara itoe babi balu ada penjakit nja apa t.ida nanti di temtoeken oleh tiga orang jang mengarti, dan jang di temtoeken oleh negri.

Kaloe ambtenaar ambtenaar polisi dan lain lain orang.

jang diseboelken di dalem latsal ka-toedjoeb dari ini oen- dang oendang, poenja merassa itoe babi babi kira kira ada penjakitnja, itoe babi babi tida boleh di potong sabeloemnja soeda di priksaken oleh itoe tiga orang jang"di sel tken tadi.

"'• _ Kaloe lid lid kommissj jang di seboetken di dalem fatsai ka-lima dari ini atoeran, kapala kapalakampongolan- da (wijkmeesters), oetawa dari prakaranja anak anak negri dan jang di bersama samaken pada anak negri di dalem kota - dan di mana kampong kampung jang berpin^gir pada.

kota - Semarang, ambtenaar ambtenaar dari polisi merassa..

jang siapa siapa langgarkeu pertemtoeannja ini atoeran, dia orang boleh dan misti massook di dalem roemah roe- mah dan pekarangan pekarangan aken papriksaken baik baik apa im atoeran betoel di langgarkeu apa tida.

Siapa siapa jang langgarken ini atoeran misti di rnen»-- hoendjoeken pada Toewan Assistenl Residen! polisi di Se- marang oetawa pada Assistenl Resident dari itoe afdeeling.

Itoe papriksaän di dalem roemah-roemab dan pekarangan pekarangan tjoemah boleh di djalanken dari waktoenja poe- koel anam j.agi sampeh poekoel anam sorej, dan misti di membriken bertàhoe lebih dboeloe pada jang bertinggal ken itoe roemah dan pekarangan.

(40)

r, s

8. Siapa, siapa jang langgarken ini atoeran di hoekoem- ken:

a) orang olanda dan jang di bersama samaken orang olanda oewang denda dari lima sampeh doewa poeloeh li- ma roepiab oetawa pemboewen boeal doewa sampel] am- pai hari.

b) unal< anak iiegi'i dan jang di bersama samaken anak negri oewang denda dari lima sampeli doewa poeloeh li- ma rcepiah oeiawa pakerdjahan peksa boeal ampat sam- peh doewa belas hari.

liabinja di rampas.

hiilr. Dari lain Lain peruiisüannja boeat siapa siapa j.-tnu' nieng- liarep potong babi laeliiiatkeji oewlaïig oendangnjà kangdjeng Goeberneinent dari packt potong kaki (Staatsblad 1864 No. J I-'i dan J87 5 No. 102).

hoc doewa oeiidang oeiidang nanti di seboetken di dalem Staatsblad Melajoe, Bagian ka—ampat, Departement dari Fim/n- tien.

A l o ( H i i n 0 'December î874.

beeilt pemakeiannia sampan

•7. C. 187ö No. :l. , i • ', •

sampan dan lain lam praoe jang boeat moeatan orang dan barang di pelaboewan Se- marangdan dari belajarannja itoe praoe praoe di dalem ka- li dan kanaal (Selokkan) ba- roe1 Semarang.

1. Saloe satoe tambangan dan lain lain praoe jang boeat moewatan orang dan barang di Semarang mist i lebih dori li loelissi di kantor polisi; kaloe tida siapa siapa jang su hi h kena d e n d a / ' 50, (lama poeloeh roepiab) boeat saloe saloe tambangan oeiawa praoe.

'2. Kaloe satoe tambangan oeiawa praoe di djocal oeta-

(41)

wadi toekar mendjadi orang lain poenja, aiisli djoega di dalem delapan hart di menghoendjoeken di kantor polisi.

Kaloe satoe satoe tambangan oetawa praoe dari sebab sooda imessak oetawa dari lain lain sebabnja tida di pakeh lagi. misti djoega di dalem delapan hart di membriken bertahoe di kantor polisi.

Siapa siapa jang langgarken pertemtoeannja ini fatsal kena boekoeman denda ƒ 10,— (sapoeloeh roepiahj.

'A. Satoe satoe tambangan oetawa praoe di toelisken di. dalem satoe boekoe, dan di seboetken namanja siapa jang poenja, sabra pa bessarnja oetawa moewatannja, tahoen- dari hari-nja kapan itoe tambangan oetawa praoe boleh- nja di mengatoerken di kantor polisi dan tahoen-dan hari- nja seerat bersakslanjangdi pasraliken padu jang poenja itoe praoe oetawa tambangan.

4. Di dalem itoe boekoe salue satoe praoe oetawa tam- bangan dapet satoe nummer dan itoe nummer misti di tjitakkenjangtrangdihaloewannja itoe praoe oetawa tam- bangan.

^ Bessamja angkanja tida boleh koerang dari lima dram Niderland

Siapa siapa jang tida toeroeti int prentah kenn hoekoem- an denda ƒ H,— (Tiga roepiah).

• ). Sawaktoenja satoe satoe praoe oetawa. tambangan di trangken di kantor polisi, siapa siapa jang mengatoer- ken lappornja misti menghoendjoeken di kantor polisi satoe soeral katrangan, jang itoe praoe oetawa tainbangan me- mang boleb di pakeb tida ada koewatirnjn apa apa.

[toe soerat katrangan misti di bertanda tanganken oleh doewa orang jang mengarti dari prakara praoe praoe dan oleh siapa jang poenja itoe praoe oetawa tambangan.

6. Siapa siapa jang poenja itoe praoe oetawa tambangan nanti t.rimahken satoe soeral bersaksian jang itoe praoe

tawa tambangan memang soeda di trangken pada. poli- oe

si.

lui soeral dan soeral jang di seboetken di dalem l'atsal kalima misti salamanja di simpen di dalem doe praoe

!

(42)

4.1.1

oetawa tambangan; kaloe itoe soerat soc!1"! tida ada siapa siapa jang salah kena hoekoeman denda ƒ '25.— (Doewa poe- loeh lima roepiah).

Kaloe toewan koinmandoei ('sjahbandar) oetawa amb- tenaar ambtenaar polisi minta lihatken itoe doewa soerat, lantas itoe soeral misti di menghoendjoeken; kaloe tida di hoekoemken denda djoega sabanjaknja ƒ 25,— (Doewa poeloeh lima roepiah).

Kaloe itoe doewa soerat i i-ia ada di dalem praoenja oe- tawa tambangannja, ito.' pra >: oetawa tambangan di t a - hanken oleh polisi, sasampehnj \ itoe doewa soerat soeda ada.

7. Satoe satoe praoe oetawa tambangan misti di piara baik baik dan di membrissihken; kaloe tida nanti di hoe- koemken denda/' 25,— (Doe,va poeloeh lima roepiah); apa lagi itoe praoe praoe oetawa tambangan tambangan boleh di tahanken oleh polisi sasampehnja soeda di mendjadiken sabagimana pertemtoearmja ini fatsal.

8. Satoe satoe praoe oetawa tambangan misti ada djoera- gannjajang mengarti baik baik pakerdjahannja, dan anak anak pj'aoe sabanjaknja sabagimana bessarnja praoenja oeta- wa tambangannja; mitoeroet bertimbangnja toewan kom- mandoer.

Satoe satoe praoe oetawa tambangan jang tida belajar mis- ti di taliken baik baik, dajoengnja di taroekken di dalemnja diangan sampeh ada di loear praoe oetawa tambangannja, dan itoe praoe praoe oetawa tambangan misti di atoerken baik baik bersisi satoe pada lain, dan sabrapa boleh deket kantornja oetawa goedangnja jang poenja itoe praoe oetawa tambangan.

Satoe satoe praoe, salainnja dari tambangan, misti ada sa- toe kemitnja; boeat tambangan satoe kemitboeat lima tam- bangan sampeh.

Sawaktoenja bandjir, praoe praoe oetawa tambangan tam- bangan jang mengiur, misti ada djangkarnja jang mengirit.

Satoe satoe praoe oetawa tambangan jang belajar sawak- toenja malem misti ada lanteranja di atas tiangnja oetawa i i

(43)

hatoewannja; itoe lanteranja misti di akalken soepaja apinja tjoemah boleh kalihatan di moekahnja sadja.

Di dalem kali oetawa kanaal baroe satoe satoe praoe oeta- wa tambangan tida boleh palceh lajar.

Siapa siapa jang langgarken pertemtoeannja ini fatsal, di hoekoemken:

a) orang olanda dan jang di bersama samaken orang olanda oewang denda dari tiga sampah doewa poeloeh lima roepiah;

b) anak anak negri dan jang di bersama samaken anak ne- gri oewang denda dari tiga sampeh doewa poeloeh lima roe- piah, oelawa pakerdjahan peksa boewat doewabelas hari jang paling lama.

9. Di dalem satoe satoe praoe oetawa tambangan misti ada satoe tarief bassa olanda dan melajoe jang di bertanda tanganken oleh toewan assistent resident polisi.

Siapa siapa jang poenja itoe praoe oetawa tambangan bo- leh bikinken itoe tarief sasoekanja sendiri, tetapi kaloe soeda di temtoeken dia misti toeroet itoe tarief.

Siapa siapa jang langgarken ini fatsal kena denda ƒ 3,—

(Tiga roepiah).

10. Di dalem praoe praoe dan tambangan tambangan jang moewaiannja minjak petrol oetawa obat passang oetawa lain lain barang jang gampang bolehnja menjala, tida boleh dipas- saugken api sabeloemnja itoe moewatannja soeda d.i. bong- karken; tjoemah kaloe belajar sawaktoenja malem misti pa- ke!) satoe ianterasabagimana di temtoeken di dalem fatsal ka-delapan,

Siapa siapa jang langgarken pertemtoeannja ini fatsal di hoekoemken:

a) orang olanda dan jang di bersama samaken orang olan- da oewang denda dari tiga sampeh doewa poeloeh lima roe- piah;

*) anak anak negri dan jang di bersama samaken anak ne- gri. oewang denda dari tiga sampeh doewa poeloeh lima roe- piah, oetawa pakerdjahan peksa boewat doewa belas hari jang paling lama.

Referenties

GERELATEERDE DOCUMENTEN

LAIN ORANG. 24 Siapa jang brentiken, oetawa iket ra- kit, *) oetawa praoe, oetawa lain-lainnja, dari so- re poekoel 6 sarnpe pagi poekoel 6, di pinggir lain orang ampoenja

wat roesoeh. Siapa jang toesoek toesoek orang banjak soepa- ja memboewat kedjahatan, oetawa pelanggaran dengan bitjara di hadepan orang banjak, oetawa dengan toelisan jang tiada

a) segala burgerlijke zaken, jang harganja koerang dari f 20, djika si pendawa ada anaq boemi atawa orang jang disama- kan dengan anaq boemi dan si terdawa ada anaq boemi betoel.

Diikaloe itoe djawaban tiada maoe di moeat, katjoewali djika boleh dimintaken bajaran, maka ija dihoekoem denda dari ƒ 50 sampe f 500 dengan toetoep boei, dari (i hari sampè 3

Dalam daftar atoeran perdjalanan boléh ditoeliskan, bahwa pada hari jang tertentoe (misalnja hari besar dan hari pekan) akan diadakan perdjalanan extra pada sesoeatoe traject

Tekad besar untuk secepatnya menghapuskan kemiskinan ab- solut dari bumi Nusantara dipacu oleh bangkitnya kesadaran bah- wa bangsa Indonesia akan dapat benar-benar mewujudkan

Het feit dat naar schatting 65 procent van de volwassen mannen regelmatig een commerciële sekswerker bezoekt en daarnaast vaak een omvangrijk seksueel netwerk heeft, zijn dus

Ini berlakoe poela boe,at nisbah dari pemerin- tahan (Regeeringsverhoudingen). Moela2 di- adakan kabinet jang meloeloe bertanggoeng dja- • wab pada presiden, oleh Sjahrir