• No results found

KAADAÄNJNA DAN KAHAR OE S ANN J A PEGAWE-PEGAWE POMPA

In document POLITIEBEPALINGEN y-rftyrty'/. (pagina 58-62)

Perintahnja Padoeka Toewan Resident Batawi tanggal 1 December 1869. Java Gourant

I. KAADAÄNJNA DAN KAHAR OE S ANN J A PEGAWE-PEGAWE POMPA

A. Hal officier-officier pompa.

Fasal 1. Sedang ada di dalam pemaliharaän mothalak dari kapala afdeeling negri, sekalian hal mengoeroes pompa ada di bawah perintahnja algemeene brandmeester. 1)

Jang djadi algemeene brandmeester itoe, ijalah Ingenieur dari kantoor waterstaat.

Fasal 2. Sekalian brandspuitmeester 2) ada djadi pemban-toenja algemeene brandmeester, dan pada waktoe ada halangannja atawa tida ada algemeene brandmeester itoe, segala brandspuit-meester boleh djadi wakilnja itoe, dengan manoeroet pada atoeran jang diadaken oleh kapala negri.

Fasal 3. Atas permintaännja algemeene brandmeester, kapala negri haroes mengangkat aken masing-masing pompa:

a. satoe brandspuitmeester bangsa Europa;

b. doewa adjunct-brandspuitmeester.

Aken itoe adjunct-adjunct-brandspuitmeester haroes dipilih doe-loe dari antara toekang-toekang kajoe dan toekang-toekang besi, jang beroemah dekat pada roemah-roemah pompa.

Fasal 4. Brandspuitmeester itoe misti memeriksa itoe pompa jang djadi bagiannja, dan mengapaki sekalian cljoeroe pompa jang teritoeng pada pompanja itoe.

Dia jang misti menanggoeng aken itoe pompa dan segala pe-rabot jang teritoeng pada itoe.

1) Kapala dari satoe roeinaB pompa segala roemali pompa di dalam satoe afdeeling.

2) Kapala dari satoe roemah pompa.

45

Doewa adjunct-brandspuitmeester itoe ada djadi pembantoenja itoe brandspuitmeester, dan pada waktoe ada halangannja atawa tida ada brandspuitmeester itoe, adjunct-adjunct itoe djadi wa-kilnja, dengan menoeroet pada atoeran jang diadaken oleh ka-pala negri.

B. Hal patoewa pompa dan sekalian kawannja.

Fasal 5. Atas permintaännja atawa sasoedah berdami sama algemeene brandmeester, kapala afdeeling negri mengangkat, aken sasoewatoe pompa, sakean orang aken mendjadi:

1. patoewa pompa;

lebih doeloe diadaken delapan patoewa pompa, terpilih dari antara orang-orang Tjina dan orang-orang bangsa boemi-poetra jang mampoe.

2. djoeroe pompa dan toekang tangga;

lebi doeloe diadakcn djoeroe pompa lima poeloeh orang, dan toekang tangga doewapoeloeh orang. Boewat pompa No. 1 ma-n i a itoe terpilih dari ama-ntara boemi-poetra, dama-n boewat pompa No. 2, dari antara orang-orang Tjina.

Fasal 6. Itoe patoewa pompa ada djadi:

1. toekang oeroes peroet pompa;

2. lihat kerdjanja djoeroe pompa dan toekang tangga;

3. membetoeli karoesakan, jang terbit sedang pompa lagi terpake;

4. membantoe meroeboehken roemah-roemah.

Fasal 7. Itoe djoeroe pompa:

1. misti membawa pompa;

2. masing-masing misti bawa satoe ember;

3. misti mengisiken ajer ka dalam pompa dan menggojang pompa.

Fasal 8. Itoe toekang-toekang tangga:

1. misti membawa dan menggoenaken tangga-tangga, gaitan-gaitan dan ember-ember;

2. misti mandjat dan meroeboehken atawa melaloeken, apa jang disoeroeh ija-orang pandjat, roeboehken atawa laloeken.

C. Hal tanda-tanda kabedacin.

Fasal 9. Pada waktoe melakoeken pakerdjaän, segala officier pompa, masing-masing dengan taeroet pangkatnja sendiri, misti

46

memegang satoe toengkat, dan mengikatken band koening di bahoe kiri.

Kapala afdeeling negri haroes tantoeken, begimana toengat toengkat dan band-band itoe, misti dibedaken dan disamaken adanja satoe sama Iain.

Fasal 10. Pada waktoe melakoeken kerdjaän, samoewa pa-toewa pompa, djoeroe pompa dan toekang tangga misti pake satoe band dari koelit poetih di bahoe kiri.

Lam dari itoe, sekalian toekang tangga-tangga misti pake saboek dari koelit, jang boleh di gantoengi golok atawa kampak dan satoe atawa doewa ember.

Kapala afdeeling negri haroes menantoeken, bagimana saboek itoe misti dibedaken dan disamaken adanja satoe sama lain, dan lagi bagimana nomornja pompa haroes dipernahken pada badannja masing-masing orang, jang teritoeng pada pompa itoe, soepaja nomor itoe terlihat njata.

Masing-masing pegawe pompa dapat satoe benda pertandaan, dengan menoeroet pada atoeran jang ditantoeken oleh kapala negri.

Fasal 11. Pada moeka roemahnja atawa pekarangan roemah-nja sasoewatoe officier pompa misti ada soewatoe papan, jang ditoelisi namanja dan paiigkatnja officier itoe.

Djikaloe hendak pindah ka lain tempat, officier-officier itoe misti bri taoe hal itoe kapada kapala afdeeling negri dan kapada algemeene brandmeester, pada sabelonnja berangkat pindah.

D. Hal tetangga-tetangga.

Fasal 12. Siapa djoega dari antara orang-orang jang beroe-mah paling dekat pada roeberoe-mah pompa, kaloe dipilih oleh kapala afdeeling negri, ija ada kamistian :

a. aken trima menjimpan satoe koentji dari roemah pompa jang berdekat sama roemahnja, djoega satoe atawa bebrapa obor atawa lantera, dengan kasih soerat pengakoeän, jang ija ada menjimpan itoe;

/;. aken sadiaken salamanja, soepaja barang-barang itoe gam-pang diambil, dan lantas kasihken itoe, kaloe dipinta oleh atawa dengan namanja kapala afdeeling negri;

c. aken menerima perintah jang dibriken padanja dalam hal itoe oleh kapala afdeeling negri atawa soeroehannja;

d. soopaja djikaloe hendak pindah ka lain roemah atawa ada lain perkara, jang djadi halangan aken ija melakoeken kaha-roesannja, ija bri taoe hal itoe pada kapala afdeeling negri dan pada algemeene brandmeester.

E. Hal memeriksa menjoba dan lain-lain.

Fasal 13. Pemeriksaan nanti dibikin demikian:

1. sedikitnja ampat kali dalam satahon, algemeene brandmeester nanti periksa sekalian pegawe pompa-pompa dan segala ba-rang jang teritoeng pada perkara pompa.

Pada itoe waktoe kapandeannja sekalian pegawe, kaäda-ännja dan kasampoernakaäda-ännja pompa-pompa nanti diperiksa dan ditjoba;

2. sedikitnja satoe kali dalam saboelan algemeene brandmeester nanti periksa segala barang jang teritoeng pada perkara pompa;

pemeriksaan ini nanti dibikin di dalam atawa di dekat tam-pat menjimpan itoe, bersama-sama brandspuitmeester dari masing-masing pompa.

Sasoedahnja diperiksa, pompa itoe nanti ditjoba goenanja dan pegawe-pegawenja diadjari kerdja;

3. tiap kali habis ada kabakaran, segala pompa jang telah di-pake aken padamken kabakaran itoe, nanti diperiksa oleh algemeene brandmeester dan brandspuitmeester dari masing-masing pompa itoe.

Pompa-pompa itoe ditjoba goenanja dan diperiksa apa ada karoesakannja.

Fasal 14. Kapala afdeeling negri, dengan berdami sama alge-meene brandmeester, haroes menantoeken hari-hari boelan aken membikin pemeriksaan dan pertjobaän jang tiga boelan sakali dan jang saban boelan sakali, — atawa mengoewasaken pada al-gemeene brandmeester itoe aken menantoeken hari-hari itoe.

Fasal 15. Algemeene brandmeester haroes kirim laporan pada kapala afdeeling negri:

1. tiga boelan satoe kali dari hal pendapatannja atas hal pe-meriksaan dan pertjobaän, dan dari hal sagala jang telah

djadi dan telah diperboewat di dalam tiga boelan jang ba-roe laloe ;

2. pada tiap kali baroe mendapatken satoe karoesakan pada satoe barang atawa kakoerangan soewatoa barang.

II. HAL POMPA-POMPA DAN BARANG-BARANG

In document POLITIEBEPALINGEN y-rftyrty'/. (pagina 58-62)