• No results found

DECEMBER, MEMPERINGETI POETOESANNJA II'. SOEKARNO

In document MICROFORM: SHELF SIGNATUUR (pagina 63-67)

(3'ermei dan c1'f{oeliaj

PRIDATO 22 DECEMBER, MEMPERINGETI POETOESANNJA II'. SOEKARNO

PRIDATO No, 40-a.

TASBOENKIM 'S PRIDATO 120

II. ,\

Soedara-soedara jang terhormat!

Sabagimana lebih doeloe telah dikatahoei, ini hari kita-orang berkoempoel di sini, maksoednja teroetama adalah boeat memperingeti ini tanggal, dimana kita poenja pernimpin jang terbesar : II'. Soekarno, pada

22 December 19 30 perkzranja telah dipoetoesken oleh landraad Bandoeng, dan ini tanggal salama-Iamanja aken djadi soeatoe peringctan jang tida bisa terloepa.

Itoe perkara jang sanget menggemperken, jang sa-dari doeloe sampesekarang belon pernaterdjadi s oea-toe perkara politiek begitoe besar di saloeroe Indone-sia, tida perloc discboetken di sini ; kerna semoea soedara-soedara : poetra-poetra dan poetri-poetri Indonesia pasti telah mengatahoeiapa jang dipertoe-doehken alas dirinja lr, Soekarno comsius depan itoe pengadilan, jang dengen teroes terang telahmengakoei:

angen-angen dari P. N. I. dan toedjoeannja jang teroetama adalah boeat mempersatoeken antero rahajat aken bikin Indonesia djadi merdika dengen djalan jang di'idjini oleh wet.

Tapi dengen tjara bagimaua boeat mentjapei

123

DALE~I PERAJAIIMIII,\RI HES,\ R

menga taboei atawa mendoega: maski toedioean [ang diambil ada melldioeroes ka dia/all perdallliall jang tida l/Imggallggoe pada katentreman oemoelll , tapi sabagileiderdari party kiri jangbegitoedigemocroeill, sasoeatoetindak darigerak-gerakQ1l11ja pasti tida akm bisa terloepoet sama sekali dari kasoesaban. Kerna tida ada saioegerakan besar jallg bersoemangei besar dan moelia, bisamendjoeroes bcgitoe gampmlg denger:

[onder badepi rintangan ,kasoekerandan babaja.

Sasoeatoe orang jallg brani tcrdjoenkm diri dalem kalmlgall politiek sabagi pemimpin, boekan sad]a fIle-ngataboei jang dari itoe pakerdja'antida akenberoleb kaoentoenga« dan kakaja'a", tapi baiangken djoega apa resiconta. /nilab pasti soeda dikira lebib doeloe olcb itoeleidcr-Ieider ierbormai, jang dalem kadoedoe-kanllja sabagi peminipin rabaiat telab pasrabken d,;ri dan kalllerdika'all.Samantara orang jang tida bisa taban kasoesaban, soellgkan menderiia dan tida brani me-uempoe babata,lebihbaek oendoerkmdiri dari kalang pergerakan.

Doeabelas boelan lr. Soekarno comsius berada dalem tahanan, sabegitoe lama djoega rahajat bernanti poe-toesannja dengen hati berdebar. Dengen menderitanja itoe ampat pemimpin salagi mendekem dalem boei, actie dari itoegerakan telah dibrentikenboeat saman-tara waktoe, tapi soemanget kabangsa'an tinggal ber-kobar. Pendek boleh dibilang: maski lr. Soekarno di-gantoeng atawa diboewang!, P. N. I. dibikin antjoer dan leboer!, soekma Nationalisme dan 'angen-angen kamerdika'annja Indonesia. itoelah ada terlaloe soeke;

boeal,:ditoetoerken satoe persatoe, kerna salaen tida hi a diterangken denzen sedikit perkata'an, djoega boekan saja poenja maksoed mengoerei itoe soewal jang ada djadi bagiannja pemimpin-pemimpin cursus, sebab dalem ini perajahan tjoema hendak diperingeli sadja hal-hal j~ng berhoeboeng dengen poetoesan di atas,

Tentanz itoe penangkepan pada Ir. Soekarno com-sius,' sekali-kali tida boJeh dipersalaken pada politie dan justitie, jang sabagi perlindoeng dari ka'amanan aken goena negri dan rahajat , soeda.lakoeken kawa-djibannjasatelah mendapet warta-warta jang dianggap ada bertentangan dengen maoenja Dewi Justitia.

Tjoema jang diboeat menjesel adalah: spion atawa spion-spion jang mengasi itoe kabar soeda berlakoe k~boeroe napsoe boeat sampeken itoe brita-brita jang

(.lIan~gap mengoeatirken, hingga terdjadi itoe

peng-gropiokan dan penangkepan-penangkepan jang tida di'ingin.

Maski Hoe tindakan ada menerbitken rasa doeka, kerna kapoetoesannja landraad jang mamereksa itoe perkara telah djatoken hoekoeman pada itoe ampat Jeider, toch itoe semoea tida sekali membikin kita-orang djadi berketjil hati, sebab menginget:

,~anatab ada pamoeka pergerakan[ang dalemactienja

tida menemoei reactiei Sasoeatoe orang sabagi Ir.

Soekarno, [ang dengen soekania sendiri tjeboerken diri dalem' pergerakan po/itiek, lebib doeloe pasti telab

124 TASBOENKI M 'S PRlDATO DALE.\\ PFRAJAHANHARt BESAR

Patriotismejangtelah meresep dalein batinnja rahajat, ada soeker dibikin moena : samantara tjita-tjita boeat mernpersatoeken lirnapoeloe millioen lebih kaoem Moeslirn. memang ada djadi kainginannja poetra-poetra dan poetri-poetri Indonesia,

Achirnjadenzeninidiperingeti pada soedara-soedara l, dalernpergerakan apa djoega jangdilakoeken, djangan berboeat hal-hal jang bertentangan dengen wet, kerna itoe boekan mendjadi kita poenja azasdan toedjoean. Samantara sabagi peringe tan dari ini tanggal jang se -karang dirajahken, marilah kita-orang berdiri diam sembati ioendoek boeat lamaniadoeamenii,

K·\TE RANGAN :

Berhoeboeng diraja hkennja tanggal terseboet oleh kaoemnationalist di Soerabajapada22 December 1930.

boleh djadi di taon-taon jang mendateng, tanggal ini aken diperingeti djoegaoleh part)' nationaal di laen-laen ternpat.

Kerna terbitnja ini boekoe salagi appelnja Ir. Soe -karno masi dipreksa oleh Raad van [ustitie. rnaka pri-dato ini dibikin seperti di atas : tida bisa diteransken lebih doeloe apa hoekoeman itoe tetep atawa bebas.

Sa'ande perkara itoe dibri kabebasan, djika spreker maoe goenaken teroes ini pridato sabaairnana adanja

di " .

se ikit ~oel~ tida mendjadi katjek sama ka'ada'an jang bener. 1 api b lue rnzoe bikin lebih terang. itoe saba-gian perkata'an di tenga-tenga ajat ka'anarn jang

ter-toelis dengen hoeroef cursief, sampe pada ajat katoe-djoe jang katoe-djoega tertjitak dengen letter-letter miring, haroes diboewang dan ganti dengen begini:

.. , , . . ,lIIallatab ada manoesia jang tida ber-boeat kasalaban, sedeng nabi sekali poen nUlsi bisa kliroe ,. samafltara marika semoca ada manoesia ;ang sama sad;a seperti hita-orang, t;oema beda/m;a:

fi-bak sana ada penggatCe-peflggau:e negri, sedeng kita poenia pemimpin ada pamoeJuz-pamoeJuz dari pergera-kan. Tapi itoelab soeda loemra/mja,dimai/a ada actie teutoe ada reaciie.

rtoe Juzkliroeall jallg baroesall diseboet, bisa dioen-d;oek dengen poetoesaml;a Raad van [ustitie, ;Q1lg sasoeda mamereksa dengen terfiti appeln;a itoeampat leider, telab batalken poetoesallllja lalldraad dan semoea pe11limpin dibriken poela ktllflerdika'an.

Anteto rabaiat ;ang tergaboellg dalem. party natio-naal pasti aken bersoekoer dan 11Ierasa girang dengen poetoesann;a itoe pmgadiwn ;allg lebib tinggi, kerna dari sitoe ada membri Juzn;ata'an: P,N, I. boekan.

ada satoe perkoempoelan d;abat ;angbm dak melawan pan/eretltab. sabagimana sabekm appeln;a lr.

Soekar-tlQdipreksa olehraad,bebrapa orallg;ang tida selidiki betocl atas-atasn;a ini perkoempoelal/, PN.l. ada disangkamenoedioe haitoe d;oeroesan,"

Demikianlah adanja perobahan di alas, Sasoeda itoe boleh dilandjoetken teroes pada ajat ka delapan dan sembilan.

TAl\ BOEl\ KIM 'S PRIO.\TO

Tentoe sadja sasoeatoe spreker boleh tamba atawa robah menoeroet apa jang dirasa baek.Tapi hati-hati, djanganmenggoenaken perkata'an-perkata'anjang mem-pocnjai doea maksoed atawa bisa diartiken ka laen djoeroesan, hingga bisa dianggap menghina pada po-litie atawa justitie ; kerna boeat itoe matjem

kage-·gabahan menoeroet artikel 31Gdari oendang-oendang

hoekoem,spreker bisa dihoekoemampat boelan satenga dengen ditamba anam minggoe. Djika perkata'an itoe bcrsifat menjerang pamerentah Nederland atawa Indonesia, artikel 1;4 dari Wetboek van Strafrecht ada tetepken hoekoeman paling lama toedjoe taon atawa denda paling banjak tigaratoes roepia.

Maka orang-_orang jang koerang paham membikin pcrobahan, ada lebih baek toeroet sadja pridato di atasdengenperobahannja jang disediaken.

Samantaradi achirnja bagianpengabisan,perkata'an:

·.kita-orangberdiridiam sembari toendoekboeat lama-nia doea menii,'- kaloe maoe, boleh djoega ganti dcngenperkata'an: " . . . kita-orang ber

-·dirisembari menianiilagoekabangsa'an;"

Itoe njanjian jang dikarang oleh toean Soepratman clan telah terkenal dalem sagala kalangan. ada terdiri tiga bagian seperti berikoet :

I

Indonesia, tana aerkoe, Tana toempa darakoe,

Disanalah akoe berdiri.

Mendjaga Pandoe Iboekoe..

D.\ LD l Pt;RA.JAllAl\II.\RI BE5AR

Indonesia, ~abangsa'ankoe, Kabangsa'an tana aerkoe;

Marilah kita berseroe :

"Indonesia bersatoe !" -'

Hidoeplah tanakoe, Hidoeplah negrikoe.

Bangsakce. djiwakoe. semoea : Bangoenlah rahajatnja,

Bangoenlah badannja, Oentoek Indonesia Rajah:

L

Fe n o eto ep : Indonesj,-lndonesj. moelia,rnoelia.

Tanakoe, negrikoe jang'koetji nta.:

Indonesj,·Indonesj,moelia-moelia.

Hidoeplah Indonesia Rajah.

11

*

,

Indonesia,tana jang moelia, Tana kita jang kaja ;

Disanalah kita hidoep, Oentoek salarna-larncnja.

Indonesia. tana poesaka, Poesaka kita semoea :

Marilah kita berseroe::.

"Indonesiabersatoe!" . -! S~b~er1ah tananja. .'.!

Soeboerlah djiwanja,

Bangsanja, rahajatnja semoea;

Sedarlah hatinja, Sedarlah boeainja, Oentoek Indonesia Rajah.

fANBOENKI.'I'S PRID.nO

Penuetoep:

Indonesj, Indonesj , moelia , moelia, Tanakoe, negrikoe jang 'koetjinta,

Indonesj, lndonesj, moelia, moelia, Hidoeplah Indonesia Rajah.

* •

III

Indonesia tana jang soetji, Bagi kita disini;

Disanalah kita berdiri, Mendjaga Iboe sadjati.

Indonesia tana berseri, Tana jang 'koetjintahi,

Marilah kita menjanji :

"Indonesia bersatoe!"

Slamatlah rahajatnja, Slamatlah anaknja,

Laoetnja, poelonja, semoea ; Madjoelah negrinja,

Madjoelah Pandoenja, Oentoek Indonesia Rajah.

P'enoeto ep :

Indonesj, Indonesj, moelia, moelia, Tanakoe, negrikoe jang 'koetjinta,

Indonesj, lndonesj, moelia, moelia, Hidoeplah Indonesia Rajah.

In document MICROFORM: SHELF SIGNATUUR (pagina 63-67)