• No results found

A'FDEELING JANG KEDOEWA

In document Hindia Ollanda (pagina 154-161)

Titel jang ka Sablas

A'FDEELING JANG KEDOEWA

Dari pada hal membagi pikoelan avarij grosse a taw a avarij

jang oemoem.

AKT. 722. Perhitoengan dan membagi-bagi pikoelan avarij grosse, itoe dibikin di tam pat abis-nja pelajaran, laen perkara djikaloe orang-orang bikin lain-lain perdjandjian dalem itoe hal.

ART. 723. Djikaloe brentiken perlajaran di dalam Hindia Nederland atawa djikaloe terdampar kapal-kapal itoe di sana maka soerat per-hitoengan dan pembagi bagiannja dibikin di itoe tam pat di mana kapal-kapal itoe brangkat di dalem Hindia Nederland, atawa dari mana ia misti brangkat.

ART. 724. Peritoengan' dan pembagi bagian avarij grosse dibikin atas permintaännja kapitein dan dibikin oleh orang-orang jang mengarti.

Orang-orang jang mengarti itoe di angkat oleh fihak-fihak jang ada pentingnja atawa

Wot hog',; 11.

— 145 —

oleh Raad van Justitie Jang dalam daerah koowasanja ada terletak tampat itoe di mana poritoengan dan pembagian misti djadi.

Orang-orang jang mengarti itoe misti di soempah doeloe lebi doeloe dari ija moelai mendj alanken kerdj aännj a.

Bagi-bagian itoe misti di trima baik oleh Raad van Justitie.

Di loewar tanah Hindia Nederland avarij-gros itoe di bikin oleh koewasa jang sah di itoe tampat.

A I T . 725. Djikaloo perlajaran di tengah djalan di bren-tiken sama sekali, atawa djikaloo moowatan di djoewal di dalam palaboehan penoeloeng doewa-doewa hal kedjadian di loowar Hindia Nederland maka permintaan, perhitoengan dan bagi-bagian roegi itoe di bikin di itoe tampat di mana perhentian atawa pendjoewal-an itoe kedjadipendjoewal-an;

ART. 726. Kapitein kaloe alpa bermoehoen seperti terseboet di artikel 725 maka si ampoenja kapal atawa djoega si ampoenja barang-barang berkoewasa 'bermoehoen sendiri de-ngan tida meiigoerangi haknja aken minta koroegian pada kapitein.

ABT. 727. Avarij jang oemoem dipikoel:

Oleh harga kapal sebagimana adanja tem-po kapal itoe samtem-po, dengan di tambah apa-apa jang di briken djikaloo avarij jang oe-moem digantiken.

Oleh vracht, dengan di potong gadji-gadji dan blandja pemliarahan orang kapal; dan Oleh harga barang-barang jang ada di ka-pal, atawa jang ada di sampan-sampan atawa

— 146 —

praoo-praoe pada waktoe keroegian itoe terdjadi, atawa jang lebih doeloe daritjilaka itoe di boewang sebab ada dalam soesali dan dapat gantinja, atawa poen jang telah di djoewal boewat monootoep ongkos avarij.

Oewang toeroet pikoel avarij jang oemoem menoeroet koersnja (harganja) oewang itoe di tampat di mana perlajaran itoe brenti.

AKT 728. Barang-barang jang dimoewat di taksir harganja menoeroet harga di tampat nnsti dibongkarnja dengan dipotong harga vracht, beja masockan barang dan ongkos mem-bongkar bersama-sama avarij istimewa jang terdapat sepandjang pelajaran itoe.

Adapoen ini di katjoewalikon dalam hal jang berikoet:

Djikaloe perhitoengan dan pembagi-bagi-nja misti dibikin di tampat dari mana kapal itoe soedah brangkat atawa soodah misti brangkat di Hindia Nederland, maka harga barang-barang itoe di tentoeken menoeroet harganja tempo di moewat tertambah ongkos membawa sampe di kapal ; premie assuran-tie tida di hitoeng; dan djikaloe barang barang itoe roesak menoeroet harganja jang

benar.

Djikaloe di loewar Hindia Nerdorland pela-jaran itoe di brentiken, atawa barang-barang

di djoewal, dan avarij tida bisa dibikin di itoe tampat, maka Harganja itoe barang-barang di djalan atawa pendapatan pendjoewalan jangbresih di tampat; itoelah di hitoeng djadi djoemblah jang memikoel.

ABT, 729, ' Barang-barang jang di boewang di laoet di

147 —

taksir menooroet harga pasar di tampat ba-rang-barang itoo di bongkar dari kapal atawa

kaloe tida ada harga pasar maka di taksir oleh orang-orang jang mengarti sesoedahnja di potong oewang vracht, beja pemasoekan ba.

rang dan ongkos-ongkos biasa. Roepa dan kea-daan barang itoe di bikin dari soerat cognos-sement, dari factuur dan lain-lain ketrangan ABT. 730. Djikaloe roepanja dan kaadaännja barang dagangan kliroe diseboet di dalam cognosse-ment dan barang-barang itoo ada harga lebih besar maka karoegian itoepoon di kasih pikoel menoeroet harganja jang benar djikaloe ba-rang itoe tinggal dengan selamat.

Aken tetapi kaloe itoe barang hilang sebab di boewang maka karoegian di ganti menoeroet keadaännja seperti torseboet

di-dalam cognossement.

Djikaloe barang-barang dagang itoe keada-ännja koerang dari keadakeada-ännja tersoboot di dalam cognosement maka ija pikoel roegi me-noeroet jang torseboet di dalam cognossement djikaloe'barang itoe tinggal dongan selamat.

' Barang-barang itoe di bajar menoeroet har-ganja jang benar djikaloe barang-barang itoe di boewang di laoot.

AKT. 731. Barang makanan pakoannja orang kapal dan pakean sari-sari dari orang penoempang begitoepoen obat dan patron jang perloe boewat mendjaga kapal tida toeroet pikoel roegi dari memboewang barang. Harga

seka-lian barang jang di boewang di laoot akon di ganti terbagi-bagi atas sekalian barang-ba-rang jang lain.

— 148 —

U T . 732. Barang-barang jang tida ada poenja cog-nossement dari kapitein, atawa jang tida ada disoerat manifest dari moewatan, tida di baja r djikaloe di boe wang dalam laoet. Ada-poon barang-barang itoe toeroet pikoel roegi kaloe ija tinggal selamat,

-KT. 733. Barang-barang jang di moewat di tampat djalan dikapal djoega toeroet pikoel roegi djikaloe ija tinggal selamat.

Djikaloe kapitein jang moewat barang-barang itoe di tampat djalan dengan tida di katahoei atawa tida dongan idinnjajang kasih moewatan komoodian itoe barang-ba-rang di boewang atawa dj adi roesak lantaran di boewang itoe maka jang kasih moewatan boleh minta roeginja dibagi-bagi pada jang lain-lain selainnja hak orang-orang jang ada pentingnja itoe aken tjari keroegian pada kapal dan pada kapitein

IT. 734. Djikaloe maskipoen barang di boewang, ata-wa tali-tali kapal di potong kapal itoe karam maka pikoelan karoogian tida di bagi-bagi.

Barang-barang jang selamat atawa jang ter-simpeli tida oosah mcmbajar atawa menganti keroegian jang terdapet dari barang jang di boowang jang roesak atawa jang di potong.

:T. 735. Djikaloe kapal itoe salamat kerna barang-barang di boewang atawa di potong, komoo dian tempo berlajar lebih djaoeh kapal itoe karam dan ada barang-barang jang ter-simpan maka tjoema barang-barang jang tersimpan sadja jang memikoel menoeroet harga jang dia ada di waktoo itoe abis potong oepah menjimpan.

- 149 —

ART. 736. Djikaloc kapal dan mocwatan tinggal selamat lantaran memotong atawa laen ko-roegian keroesakan diberi pada kapal tetapi komoedian barang-barang itoe karam atawa di rampas maka kapitein tida ada hak men-tjari pada siampoenja pada jang kasi moewat-tan atawa jang di kirimin itoe barang-barang aken toeroet memikoel potongan roegi itoe.

AET. 737. Djikaloo barang-barang ilang lantaran sa-lalmja orang jang kasi moowatan atawa jang di kirimin maka dia orang poen toeroet pikoel avarij jang oemoom.

ABT. 738. Sama sekali tida bole si ampoonja moe-watan memikoel avarij jang oemoom lebi banjak dari harga barang barang sebagimana harganja itoe waktoe sampo ditampah tida dikoerangi ongkos-ongkos jang dibikin oleh kapitein sesoedahnja kapal karam atawa se-soedahnja barang-barang di tangkep dan di tahan jaitoe jang dibikin dengan kaper-tjajaan jang baik kendatipoen tida di toeroet bikin bocwat monoeloong apa-apa dari jang karam itoo atawa boewat minta kombali barang-barang jang ditangkep kendatipoen dengan sia-sia sadja.

AET. 739. Djikaloe sesoedahnja pikoelan roegi di bagi-bagi barang barang jang di boewang itoe terdapat kombali oleh siampoenja maka dia orang ini wadjiblah bawa masoek kom-bali apa-apa jang dia orang soedah trima dan pada bagian roegi kapada kapitein dan orang-orang jang ada pentingnja pada moo-watan sesoedahnja potong roegi ongkos-ongkos dan oepah menjimpan.

Dalam itoe hal maka apa jang di kasi masoek kombali di trima oleh kapal dan orang-orang jang ada pentingnja setimbang dengan dia orang poenja pikoelan oleh kerna roegi lantaran memboowang itoe.

ART 740. Djikaloe si ampoenja barang-barang jang di boe wang itoe dapet kombali barang-barang itoe dengan tida minta pengganti apa-apa

maka ia sekali-kali tida pikoel avarij jang oemoem jang terkena pada barang-barang jang tinggal selamat sasoedahnja barang di boewang.

- 151 —•

In document Hindia Ollanda (pagina 154-161)