• No results found

P LAHAN djoega. dengen plahan Liang-san terhiboer

In document 0.59 (pagina 25-59)

Sekarang ia tjoba loepaken hal-hal jang telah liwat, Stoe peringetan-perlngefan jang getir, dan Liang-san beladjar boeat mengarti lebih baek soewal-soewal jang hendak mendatengin.

Dengen di riboengin oleh pakerdja'an-pakerdja'an di onderneming ..Tjahaja Permai" jang besar, dengen pemandangan-pemandangan di_ pagoenoengan dan oetan beloekar jang soenji di Kali-Soea, dan dengen 'mpe Tjiok-hong jang seringkali memboeat hal-hal djinaka, Liang-san loepaken -kepada Tjip-nio, loepa ia-poenja pernikahan jang gagal.

Loeka hatinja Liang-san dapetlah di tambel kombali, hingga rasa perih jang pernah memboeat ini anak moeda djadi separo gila plahan-plahan dapet di obatin.

Itoe semoea ada djasanja 'mpe Tjiok-hong

Sekarang Liang-san mengharep-harep datengnja 'ka­

bar baek dari 'ntjinja. la kapingin 'ntji itoe nanti dapet memilihnja satoe prempoean, jang bagi ia aken me­

rasa soeka. Boeat dapetken satoe prempoean jang da­

lem selaganja ada banjak mirip dengen Tjip-nio itoe-lah ada terlaloe soeker, tapi Liang-san kapingin, gadis jang di pilihnja nanti ada tjoekoep betjik, tjoekoep moelia dan memberoentoengken dalem perkawinan-nja. Sahingga kendati lebih doeloe Liang-san tida

T J E R I T A R O M A N

pernah beladjar kenal atawa saling djadjakin nnasing-nnasing •—• sebagi kepada Tjip-nio — ini anak moeda berasa hendaklah dapet rasa poewas dalem per­

kawinan itoe.

Bebrapa hari kombali Liang-san dapet soerat dari Adjibarang, dalem mana antara laen-laen Gim-nio toetoerken, bahoea ia telah tjari satoe gadis. Gadis itoe bernama Hermine, anaknja Oeij Siong-tat di Kroja, sala-satoe soedagar batik jang ternama. Me-noeroet penjlidikan, begitoe djoega' dengen timbang-timbangannja Gim-nio, bahoea Hermine adalah satoe prempoean jang dalem dirinja penoeh dengen apa-apa, jang boeat satoe soeami nanti tida merasa ka-koerangan. Tingkahnja ini gadis ada lemah-lemboet, sopan dan tida pemaioean, dan lebih djaoe, Hermine poen ada sala-satoe gadis jang terpeladjar Barat.

Tegesnja Gim-nio maoe bilang, bahoea satoe gadis sebagi poetrinja Siong-tat pantes mendjadi Liang-san poenja istri.

,,Tentang paras saja tida bisa bilang, Liang-san, tapi kau boleh timbang-timbang sendiri dengen ini portret jang saja brikoetken — portretnja Hermine—.

Atas saja poenja maoe fihaknja Siong-tat bersedia boeat kau dateng beladjar 'kenal kepada Hermfne dan sa'ande kau rasa ini ada perloe, kau boleh lantas memboeat." Begitoelah ada perkata'an paling blakang dari soeratnja Gim-nio.

Beroelang-oelang Liang-san pandang portret jang ia dapetken di dalem envelope brikoet itoe soerat.

Photo itoe meloekisken romannja satoe gadis Tiong­

hoa, jang dengen dandanan jang kebanjakan terdapet kepada prempoean-prempoean Tionghoa didikan Ba­

rat, soenggoe-poen roman itoe keliatan ada sanget manis.

SOEK! 25

,,Inilah ada gadis jang di namaken Hermine, jang 'ntji Gim telah perloeken pilih boeat saja!" meng-, * grendeng Liang-san.

Ini anak moeda moesti akoeh, bahoea Hermine ada satoe prempoean jang dalem semoea sifatnja mem-poenjain apa-apa jang membangoenken sasoeatoe mata poenja rasa kagoem. la lebih tjantik dibilang

" tjantik, lebih molek di kata molek, dan boeat Liang-san, satoe Hermine ada mendatengken iapoenja rasa soeka.

Kamoedian ini anak moeda lari masoek ka iapoenja kamar pakean, di sana ia boeka satoe koffer besar dan Icaloearken satoe portret. •

Itoe ada portretnja Tjip-nio marhoem, dan Liang-san padoe itoe doea gambar.

,,Dioekoer dari paras, saia dapetken doea-doea ada sama tjantiknja, doea-doea ada sama menarik hati,"

^<ata Liang-san. ,,Baek Tjip-nio, maoe-poen Hermine, bagi saja adalah mendatengken perasa'an saroepa, kepada doea-doea saja kagoem. Tjoema sadja, sa'ande di pandang dari sikepnja masing-masing ada

per-•bedahan. Tjip-nio agaknja ada bersifat lebih haloes dan ini gadis Kroja, lebih sabar dan pendiam."

Di itoe waktoe, selagi antero perasa'annja Liang-' ? san toemplek kepada itoe doea portret, ini anak moe­

da diam-diam hatinja berasa kliwat girang.

,,Biarlah Hermine nanti mendjadi saja poenja istri, selagi boeat saja Tjip-nio jang saja tjintaken telan

^ berachir' kegagalan," kata ini anak moeda achirnja.

,,Saja harep dengen satoe istri sebagi Hermine saja boleh merasa poewas!"

Tiba-tiba 'mpe Tjiok-hong dateng ka sitoe. Di moe-loetnjai ini kepala mandoor jang kempot terloekis satoe senjoeman.

,,Saja rasanja ba'kal mendenger satoe kabar baek darl kau, neef," ia menjeletoek.

Liang-san tertawa, la laloe tjeritaken semoea hai pada Oom itoe. Liang-san tida mengarti sendirinja kenapa bolehnja ia mendjadi girang boeat toetoerken itoe zonder di minta. Kamoedian ia toendjoeken itoe doea gambar.

Tergoepoeh-goepoeh 'mpe Tjiok-hong pasang tas-maknja dan mengimpleng-impleng itoe sepasang ro­

man jang eilok.

,,Bagimana pertimbangan kau, Oom?" bertanja Liang-san. ,,Apa Tjip-nio, atawakah Hermine jang mempoetfjain paras lebih meresep di hati?"

Si toea djadi terlakak-lakak waktoe berkata:

,,Wah boekan maen riboet pikiran saja kepada im doea siotjia, neef! Doea-doea moesti dibilang mem-poenjain paras senba tjanti'k, dan saja tida dapet per-kata'an boeat kata mana satoe lebih botoh dari jang laen. Tapi toch, neef, doea-doea ada sama meresep-nja hati saja !"

Liang-san bersenjoem-senjoem mendenger kadjina-ka'an itoe.

,,Saja mengarti. Oom, kerna hati kau, kendati hati kawa'k, toch moesti masoek saroepa oekoeran dengen hati moeda," katanja. ,,Sekarang saja kapingin kau ikoet timbang, Oom, jang mana satoe antara ini doea gadis mempoenjain apa-apa jang pantes di pan-dang?"

,,Och kiranja kau kapingin begitoe," saoetnja. ,,Da­

lem pemandangan saja, neef, doea gadis ini sama-sama teritoeng di satoe tingkatan tjantik, sama-sama-sama-sama membangoenken orang poenja rasa kagoem. Sedeng tentang sifat atawa sikepnja masing-masing, saja liat adalah Tjip-nio ada lebih haloes dan pendiam.

SOEKI 27

„Saja oikir begitoe."

,,Dan ?"

• ,,Saja berasa hal itoe tida mendjadi sebab, Oom.

Hermine boleh di kata tida mempoenjain itoe sifat-sifat mirip sebagi Tjip-nio, tapi saja harap, ini gadis Kroja tida ada terlaloe angkoeh. Sa'ande Hermine soeda mendjadi saja poenja istri, boleh djadi djoega

"" saja nanti mampoe memboeat angen-angen lebih soe-tji kepada dirinja ia."

,,ltoe ada satoe kaberka'an; dan kau, neef, saja rasa kau ada satoe candidaat soeami jang baek. Bolehkah saja dapet taoe kapan saja boleh ikoet hadiirin 'kau poenja pernikahan?"

,,Kau terlaloe djinaka. Oom! Ini hal saja belon bisa bilang kapan, selagi satoe dengen laen belon dapet

•katetepan. Besok saja henda'k poelang ka Adjibarang boeat bitjaraken ini soewal lebih djaoe dengen 'ntji Gim, dan sa'ande boeat tiga hari saja tida berada kombali di depan kau, Oom, satoe tanda saja koen-djoengin roemahnja Siong-tat di Kroja boeat meloekis-loekis lebih djaoe romannja Hermine."

,,Saja mengarti! Inilah enaknja anak-anak moeda djaman sekarang dalem pernikahan, sabelon mendjadi soeami istri satoe dengen laen boleh saling pandang

^ atawa tengok lebih doeloe sapoewas-poewasnja. Tida seperti djamannja saja "

Kombali Liang-san tertawa.

P

ADA tiga hari kamoedian Liang-san sampe lagi di ondernemingnja, dan kepada iapoenja orang ka-pertjaja'an satoe-satoenja, jaitoe Oom Tjiok-hong, ia toetoerken pertemoeannja dengen si ba^kal istri.

,,Saja dapet katjotjokan dalem hal ini, Oom," kata Liang-san. ,,Tida ada satoe sebab aken saja boleh

28

merasa bahoea safoe Hermine nanti mengoerangken boeat satoe soeami. la ada tjoekoep terpiadjar, Oom, dan waktoe saja djoempah'ken kepadanja keiakoean-kelakôean likat sebagi Tjip-nio jang rada pemaloean tida ada sama sekali kepadanja. Dalem pembi+jara'an Blanda ia ada sampe lantjar, dan ini ada menjoeka in sänget hati saja."

„Ini soeda boleli menjoekoepin satoe soeami, me-njela'k si toea dengen soeka tjitanja. ,,Dan kapan di rajah'kennja kau poenja hari nikah?

,,Nanti peh-gwee."

,,Sekarang lak-gwee, koerang lagi doea boelan.

Ach, doeloe waktoe saja hendak berbini moesti toeng-goe-toenggoe datengnja doea Taon, sekarang tjoema doea boelan sadja. Dan, neef, sa'ande nona Hermine soeda mendjadi istri kau, apa kau hendak adjak ke­

padanja hidoep di sini, atawa tinggal di Adjibarang?"

,,Boeat bebrapa waktoe pertama tinggal di Adji­

barang, kamoedian kita hendak tinggal di sini. Boe-kankah ada terlaloe berabe. Oom, sa ande saben-saben saja wara-wiri ka Adjibarang boeat boeang ongkos? Saja rasa saja poenja villa nanti tjoëkoep boeat membetahken Hermine."

,,Memang ini bener. Tapi dapetkah kau mengira-ngira, jang ia nanti betah tinggal di tanah beloekar ini jang soenji, kendati djoega dengen satoe soeami

jang menjinta?"

,,Saja harep begitoe."

Demikianlah hari menikahnja Liang-san telah sampe.

Hari beroentoeng itoe jang di harep-harep oleh Liang-san achirnja toch dateng dengen membawa banjak kagirangan.

Pernikahan itoe di rajahken serame-ramenja. Banjak

SOEKI 2 9

sobat andenja Liang-san sama dateng hadlirin pesta itoe, dan dari marika Liang-san dapet banjak sekali pennbrian slamet, jang membikin ini ana'k moeda be­

rasa kliwat boenga itoe waktoe. 'Mpe Tjiok-hong poen ada ikoet menjaksiken itoe pernikahan di antara roe-boengannja familie, dan tatkala sepasang kemanden saling berdjoempahan, ini orang toea dateng boeat menghatoerken slamet dan kirim banjak poedjian serta pandonga berkah.

Boeat bebrapa lamanja Liang-san tinggal di Adji-barang bersama istrinja sedeng semoea oeroesan dï onderneming Thee ia pasrahken kepada si kepala mandoor, 'mpe Tjiok-hong.

Dalem pergaoelan sahari-harl — satelah soeda me­

nikah — lantas djoega Liang-san mendapet taoe adat peranginja si istri sampe di dasar-dasarnja, Liang-san moesti a^koeh, sa'ende Hermine di bandingken dengea Tjip-nio, adalah doea-doea ampir mempoenjain apa-apa jang banjak mirip, hiermine ada satoe prem-poean terpladjar, dan iapoen mempoenjain gerak-gerakan jang sama haloesnja dengen Tjip-nio. Tjoema adalah istri itoe tida lebih pendiam dari- Liang-saa poenja bekas katjinta an. Hermine soeka sekali bitjara, dan selagi demikian dalem segala penghidoepannja ia djoega banjak lebih modern.

Dan boeat Liang-san, selagi kepada Tjip-nio jang dalem antero sifat-sifatnja ada saroepa sama iapoenja ideaal — tida beroentoeng mendjadi iapoenja istri, toch sekarang Hermine boeat ia soeda lebih dart mempoewasken. Salaen itoe istri ada tjantik dan ber-boedi. Hermine poen mampoe soeroepken dirinja sebagi satoe istri, dan ini ada hal-hal jang nistjaja memberoentoengken satoe soeami.

30

Begitoelah soeami istri itoe saiing bertjinta-tjinta satoe dengen laen, hingga sa'ande kata, tjinta marika ada tjinta jang di toeang saloeber-loebernja.

Di itoe wa'ktoe tinggal gilirannja Oen-nio •— Liang-san poenja ade prempoean — aken Gim-nio bereskan oeroesannja. Pada satoe iiari Hok-leng bersama Gim-nio brangkat ka Poerbolinggo, di tempat mana, sa-soeda di timbang-timbang tentang segala apanja si pelamar dan di dapet rasa tjotjok, laloe marika bikin fkatetepan hal pertoendangannja Oen-nio. Hal ini de-ngen moeda dapet dibikin beres- satoe hal jang men-datengken kagirangan besar.

Dan Oen-nio menikah pada penghabisan taon itoe.

iyAMOEDIAN Liang-san adjak Hermine pinda di

| \ Kali-Goea, di onderneming Thee ,,Tjahaja Permai".

,,Tapi hendaklah saja dapet rasa betah tinggal di sana, 'nko Liang-san?" bertanja Hermine sabelon brangkat. ,,Bagimana saja aken mendjadi ikasoenjian berdiam di oetan beloekar dan kadinginan di sana.

Orang 'kata hawa di Kali-Goea sangat sekali dingin-nja."

..Kasoenjian itoe aken tida berarti sama sekali, Her­

mine, sa'ande di samping kau saja saben-saben me-nghiboerin," saoetnja Liang-san. ,,Villa jang saja soeda prabotin dangen salengkapnja, dengen kabon ikem-bang jang indah, nistjajalah aken menjoe'kain hati kau.

Di sana nanti saja taro saboeah piano dan gramofoon.

Boekankah itoe doea barang ada kasoaka'an 'kau? Dan djanganlah kewatir sama hawa di ,,Tjahaja Permai".

Hermine, saja talah sediakan saroapa pekakas jang memboeat hawa di sana mendjadi anget. Kau nanti tida berasa dingin sebagi djoega saja."

SOEKI 3 1

Marlka laloe brangkat ka Kali-Goea

Dan boekanlah mendjadi safoe hal kliwat heran sa'ande kadatengannja Liang-san bersama istrinja di sana telah nnemboeat orang-orang desa di sapoeter-nja Kali-Soea mendjadi tersengsem-sengsem. Marika oemoemnja ada pendoedoek jang masih bodo dan doesoen, dan dalem marika poenja penghidoepan jang selamanja terpendam dalem kasoenjian dan belon pernah menampak apa-apa jang sifatnja rada ioear biasa, markka rame-rame sama mendjadi goemoen ke­

pada sampenja itoe sepasang merpati. Sa'olah-olah Liang-san dan Hermine itoe ada satoe Radja bersama sang Ratoe, begitoelah marika ada menarik sänget perhatiannja orang-orang desa di sana, dan marika rame-rame sama bereboet boeat dateng meliat.

HELAAS !

D an

di sana Hermine tjoba bladjar betah, la tjoba beladjar hidoep di atas pegoenoengan — di antara toetoepannja lembah-lembah beloekar — dan ia tioba boeat loepaken penghidoepan kota jang, rame, dalem mana ia soeda mendjadi biasa dari baji sahingga dewasa. Adalah Liang-san mengarti, bisa djadi satoe waktoe si istri nanti tida tahan boeat hidoep di onderneming itoe, maka saben-saben ia hiboerin Hermine dan seringkali memboeat apa-apa jang bagi ini istri nanti mendatengken rasa senang dan terhiboer.

Tapi apa boleh maoe

Njatalah Hermine tida bisa tahan lebih lama peng­

hidoepan di pegoenoengan itoe dari satenga boelan.

Segala jang ia dapetken di sana ada serba soenji, semoea tida menghiboerin iapoenja hati jang biasa dengen penghidoepan rame. Betoel saben-saben ia mendapet banjak hiboeran dan katjinta'an dari

Liang-•san, jang sa'ande dibilang, katjinta'an sebagi itoe soeami tida nanti ada laen soeami jang mampoe me-njinta lebih besar, dan betoel tempat tinggal dengen sa'boeah villa di sana ada tjoekoep menjenangken, dengen saben sa'at boleh maen piano serta menjanji-njanji atawa poeter gramofoon, tapi toch itoe semoea

roepanja tida menjoe'koepin penghidoepannja Her­

mine. Kaloe boleh Hermine kapingin jang lebih-lebih

SOEKI 33

dari itoe, kaplngin segala apa nanf! mendatengken ia-poenja rasa betah. '

Tapi bagimana djoega ia tinggal tida betah.

Soeda tida boleh di sangkal lagi bahoea Liang-san mendjadi doeka aken hal itoej dan waktoe bebrapa kali hiermine datang njataken maksoednja boeat pin­

da di Adjibarang, Liang-san mengasi alesan-alesan jang membikin hiermine tida dapet koetika boeat mendesek.

Tapi lambat-laoen Hermine poenja rasa tida betah dateng samingkin banjak.

i.Saja kapingin balik sadja di Adjibarang, 'nko Liang-san," begitoelah Hermine berkata boeat sakean

•kalinja kepada si soeami. ,,Saja berasa tinggal di sini ada kliwat soenji, saja tida krasan."

,,Kombali kau berboeat begini. Kenapa, Hermine?"

bertanja s! soeami.

iiSaja tida krasan, saja kapingin hidoep di laen tem­

pat, di Adjibarang."

,,Apa jang kau berasa kakoerangan di sini, Her­

mine? Dapetkah kau rasa tida poewas sama villa Ini, sama kebon kembang jang indah dengen piano brikoet masin bitjara, sama pemandangan-pemandangan Na­

tuur jang molek, dan sama saja poenja katjlnta'an — Jang oepama kata — saja nanti tida berasa sajang boeat korban'ken djiwa saja goena kau?"

Hermine dateng memeloek.

,,Oc.h Itoe soeda lebih mempoewasken hati saja, nko Liang-san, dan boeat satoe istri dengen satoe ka­

tjlnta'an jang begitoe tida berwates-wates, dapetlah Itoe istri satoe perasa an jang lebih-lebih beroentoeng dari di kata beroentoeng," ikatanja. ,,Tjoema sadja.

nko Liang-san, saja tida betah tinggal di sini, saja

ka-34

pingin bertempat tinggal di satoe tempat jang lebiK rame."

,,Tapi di satoe tempat j'ang rame, oepama di AdjI-barang, saia pil<ir ada iebih aman dan ten+rem denger>

satoe tempat jang penoeh landschap Indah sebagî Kali-Soea ini."

,,Dan kau tida aken iringken kahendak saja boeaf pinda dari sini, 'nko Liang-san?"

Hermine menangis.

,,Och, Hermine, bagimana doeka hati saja sama ini hal," kata si soeami. ,,Kau tida pikir, Hermine, "ba-hoea dengen ' adania perminta'an 4au ini aken mem-boeat banjak kasoekeran kepada saja. Sa ande kau-balik kombali di Adiibarang nistjaja saja aken wara-wiri sadja boeat tengokin kau, dan dengen begitoe.

berarti oeroesan ,,T|ahaja Permai aken 'koerang penilikan. Saja toch tida selamanja andelken tenaganja 'mpe Tjiok-hong sadja, selagi ia soeda banjak brangkai toea dan soeda banjak kewadjiban jang saja pasrah-ken?"

,,Tapi saja kapingin kau nanti loeloesm kahendak saja, 'nko Liang-san," katanja poela Hermine sembart seka aer-mata. ,.,Kaloe memang saja tida bisa dapet*

rasa betah tinggal di sini, toch bagimana djoega saja aken: tinggal tida* betah."

Liang-san tinggal diam.

Saliwatnja itoe hari saben-saben Hermine dateng kepadanja boeat minta pinda. Liang-san berasa soesati hati. la kasi baniak hiboeran kepada si istri, ia kasi itoe istri mengarti bagimana aken mendjadi .satoe kasoe­

keran sa'ande Hermine pinda tempat. Tapi adalah int prempoean selaloe mendesek-desek dan memaksa-ma'ksa, jang membikin Liang-san lambat-laoen men­

djadi djengkel.

SOEKI 35

,,Pinda ja pinda, Hermine, " kata Liang-san waktoe Hermine kombali oelangken kahendakannja sembari bertjoetjoeran aer-ma+a. ,,Tapi djanganlah kau ber-sedi-sedi dan menangis-nangis, satoe hal jang mem-boeat saja djadi djengkel."

,,Djengkel?" tiba-fiba Hermine menegesln.

Liang-san tida menjaoet, hanja mengawasin sadja Tnoeka istrinja.

,,Adakah kau djengkel kepada saja 'nko Liang-san?"

Hermine mengoelangin. ,,Och sa'ande kepada isfrl sa+oe soeanhl pernah berasa diengkel, ini berarti soea-mi itoe tida mempoenjain tjoekoep boedi!"

,,Kenapa kau omong begltoe, Hermine?" bertanja Liang-san dengen kaget. ,,Koerangkah saja menjinta-njlnta kau? Koerangkah saja menjajang-njajang kau?"

,,TapI selagi begitoe toch 'kau tida bisa loeloesin perminta'annja si istri boeat brangkat pinda, selagi saja tida krasan tinggal di sini," saoet si prempoean.

„Saja berasa heran sama adat-adat kau ini, Her­

mine," kata lebih djaoe Liang-san. ,,Beroelang-oelang saja kasi kau mengarti bagimana hendak mendjadi satoe kasoekeran sa'ande kau moesti balik kombali di Adjibarang. Saja toch tida bisa tinggalken ,,TjahaJa Permai" di tangannja 'mpe Tjio'k-hong sa'orang, dan Jaen dari itoe nistjaja saben-saben saja moesti boe-ang ongkos boeat wara-wiri tengokin kau."

Sekarang Hermine ampir, bertreak waktoe berkata:

,,Kombali inilah ada alesan-alesan kau! Boeat tjoema îTieloeloesin saja pinda tempat kau kaberatan boeang oewang boeat wara-wiri tengokin saja. Brapa banjak ongkos boelak-balik dari sini ka Adjibarang? Saja rasa bagi kau semoea tida berarti, selagi saja taoe kau mempoenjain oewang tjoekoep banjak, hingga sa'ande 3cata boeat plesir boelak-balik ratoesan kali ka

Tiong-kok itoe oewang masih meninggalken restant ratoesan rlboe!"

„Hermine !"

„Tida, 'nko Liang-san, bagimana djoega saja ka-pingin pinda di Adjibarang, atawa kaioe kau berasa bisa djad: miskin kerna boeang-boeang doeit goens sambang saja, saja djoega tida nanti mendjadi koe-roes oleh tjoema tida di tengokin kau!"

Liang-san berdjingkrak waktoe mendenger

per-•kata'an itoe. Sama sekali di loear ia poenja sangka an.

sa'ande itoe koetika ia di soegoehin oetjapan-oetjapan begitoe dari si istri. Sekali-kali ia tida pernah me-njangka

Dan sekarang ia menimbang-nimbang, bahoea satoe istri sebagi Hermine ternjata tida bisa menjotjokin ia-poenja angen-angen. Selagi ia selamanja memandang itoe istri dengen penoeh koedangan, selagi ia kepada Hermine menoempahken rasa tjintanja sebanjak-banjaknja, adalah Hermine dengen sakoenjoeng-'koenjoeng memboeat itoe kela'koean jang sama sekali tida bisa di kata menjenangken.

Och alangkah Liang-san poenja rasa menjesel dan

Och alangkah Liang-san poenja rasa menjesel dan

In document 0.59 (pagina 25-59)