• No results found

ZZ % daD lagi djikal0e *** « Pikoe

In document STRAFRECHT VOOR (pagina 166-178)

hoekoemannja di tempat di mana dia kena hoekoeman

«toe bag,ma„a fatsal 10 dari Boekoe hoekoem ini, maka sabeloemnja poetoesan di djalanken Direktem- ran Jus-tide n u t , tamtoeken tempatnja orang hoekoem«».

mis-ti bekerdja, nienoeroet permintaännja Hoog-geregtshof oetawa pengadilan besar jang kirimken soerat-soerat-nja perkara dan poetoesansoerat-soerat-nja pengadilan besar itoe kapada Direktem' ran Justide.

Brapa boleh dia orang misti di djaoehken satoe sama lain, dan sekali-kali dia orang misti di sendiriken dari orang-orang jang di hoekoem toetoep.

FATSAL 4. Bernanti adanja peratoeran jang terseboet di dalem fatsal 3. maka djikaloe ada sebabnja jang per-loe sepeiti soedah toewa-toewa. sakit, oetawa keroesak-an badkeroesak-an, pengadilkeroesak-an Djawa oetawa pengadilkeroesak-an Olkeroesak-anda di tempat roemahnja kurator dari orang jang di hoekoem kerdja paksa dengan rante, mana jang memoetoesken be-diriken kurator, djikaloe ada permintaännja kurator itoe, oetawa permintaännja orang hoekoeman itoe sendiri, maka pengadilan itoe salah satoe boleh kasih idin soe-paja kirim oewang jang tentoe banjaknja, baik sama sekali oetawa tempo-tempoan kapada kapala negri, di tempat jang orang itoe di toetoep, soepaja oewang itoe di kasihken kapadanja aken mendjadi pertoeloengannja.

Fiskaal oetawa djaksa dan kuratornja misti di dengar lebih doeloe pikirannja dari perkara itoe, djikaloe orang-orang jang di hoekoem itoe poenja permintaan.

FATSAL 5. Selamanja beloem ada roemah toetoepan jang terseboet di dalem fatsal 35 dari Boekoe hoekoem, maka pesakitan-pesakitan jang moeda di dalem perka-ra jang terseboet di dalem fatsal itoe di taroh di lain tempat jang baik jang nanti di tentoeken oleh Toe wan Besar Goebernoor-Djendral.

FATSAL 6. Dari perkara kedjahatan jang di boewat dengan soerat soerat iang di tjap, maka peratoeran

154

prentah jaug ada sekarang inisih tetap koewatnja sampe di blakang ada prentah lain

Toeroetannja soerat peratoerannja Sri Padoeka jang di Pertoewan Besar Goebernoor djendral di India Ne-derland, tanggal 6 Mei 1872 (Staatsblad no. 85.)

Di ketaoewi oleh kita : Se kr et a r i s-D jen dr al, {berlanda) VAN HAREN CARSPEL.

KA-ADILAN ROEKOEMAK KAPAL-KAPAL DAS SAMPAN-SAMPAN.

Dipatoelken pada bang a Djawa dan sebrang kelentoean jang lerseboel dalam Staatsblad 1875 No. 214.

—$rH-Q&> »-if—

DENGAN NAMA BAGINDA RADJA!

Sri Padoeka jang di Pertoewan besar atas tanah Mindia-0 landa,

Telah mendengar fikiran Masjawarat tanah Hindia - O landa,

Memori salam pada sekalian orang jang akan melihat atau mendengar boenjinja soerat ini !

di bri tahoe •.

Bahoewa Sri padoeka jang di Pertoean besar, dengan mendapat idzin dari Sri Maharadja Olanda. hendak menambah dan mengobah latsal-fatsal 357 dan 358 dari pada Boekoe Ka-adilan hoekoeman atas bangsa Djawa dan sebrang di Hindia Nederland, berpatoetan dengan fat sal-iatsal 355 dan 356 dari pada Boekoe Ka-adilan hoekoeman boeat bangsa Olanda di Hindia-Nederland, jang diobah de-ngan soerat poetoesan Sri Maharadja Olanda tertanggal 7 Jnli 1875 No. 57 (Staatsblad Hiudia-Olanda No 214).

Telah mengingat akan boenjinja tatsal-fatsal 20, 29, 31, 33 dan 75 dari pada peratoeran memegang prentah di Hindia Nederland;

Telah bermoewalakat dau berkenan:

Bahoewa pada bangsa Djawa dan sebrang dipatoetken ketentoean jang terseboet dibawah ini:

156

FATSAI. 1. Barangsiapa jang dengan sengadja oetawa dengan melawan hak membikin karam oetavva mendam-parken kapal-kapal oetavva sampan-sampan, oetavva me-roesakken dan membinasaken kapal-kapal oetavva sam-pan-sampan dengan daja oepaja, ketjoewali dari pada daja oepaja jang terseboet dalem fatsal-fatsal 357 dan 358 dari pada Boekoe Kaädilan hoekoeman bangsa Dja wa dan sebrang di tanah Hindi i Nederland,, maka ia di hoekoem dengan kér.ifâ paksa tiada dengan ranle dari satoe sampe lima tahon, dan, djika ia mendjadi naclioda oe-tavva wakil dan pengganti nachoda atas kapal oetawa sampan itoe, maka ia di hoekoem dengan kerdja paksa tiada dengan ranle dari lima sampe sepoeloeh tahon.

Adapoen pentjobaän akan berboeat kesalahan jang terseboet diatas ini. dalem doewa perkara itoe. boleh djoega ditoentoet hoekoeman atas orang itoe.

Lamanja hoekoeman kerdja paksa tida pake rante boeat orang jang berboeat pentjobaän itoe, dikoerangken de-ngan satoe pertiga bagian.

FASAL 2. Barangsiapa jang dengan niatan akan me-ngoentoengken dirinja sendiri atawa lain orang, oetawa meroegiken lain orang, dengan membawa hak, mem-bikin karam oetawa mendamparken kapal-kapal oetawa sampan-sampan, oetawa membinasaken dan meroesakken kapal-kapal oetawa sampan-sampan dengan daja oepaja, ketjoewali dari pada daja oepaja jang terseboet dalem tätsa liat sal 3&? dan 358 dari pada Boekoe Kaädilan hoe-koeman bangsa üjawa dan sebrang di Hindia Nederland, maka ia di hoekoem dengan kerdja paksa tiada dengan rante dari lima sampe sepatkah tahon lamanja,

FASAL 31 Barangsiapa jang membri behaja pada djiwanja seorang, lantaran dengan sengadja oetawa

de-ngaii melawan hak, membikin karam oetawa memdam-parken kapal-kapal oetawa sampan-sampan, atawa mem-binasaken dan meroesakken kapal-kapal atawa sampan-sampan, dengan daja oepaja, ketjoewali dari pada daja oepaja jang terseboet dalam tatsalfatsal 357 dan 358 dari pida Boekoe Kaädilan hoekoeman bangsa Djawa dan sebrang di Hindia Nederland maka ia dihoekoem dengan kerdja paksa tiada dengan ranle dari lima sampe lima belas tahon lamanja, dan, djika lantaran itoe hilang djiwanja.

se-orang, maka ia dihoekoem mati.

Dan soepaja djangan se-orangpoen berkata tiada tahoe akan boenjinja soerat ini. maka dibri titah akan dimoewatken sekalian ini didalem Staatsblad Hindia Nederland, dan sekedarnja patoet, akan di tempelken da-lem bahasa negri dan bahasa tjina.

Sjahdan lagi di bri prentah pada sekalian orang-orang terdoedoek dalem madjelis besar dan ketjil, dan pada sega-la penggawe-penggawa Goebernoer, masing-masin; seke-dar koewasanja, akan mendjaja soepaja di toeroet dengan soenggoeh-soenggoehnja akan boenjinja soerat di atas ini, dengan tiada menge Ijamken mata atau membeda-ken orang-orang djoca adanja.

Terboeat di BOGOK. pada 23 hari boelan Mei tahon 1876.

VAN LANSBERGE.

Secretaris Djendral, LEVYSSOflN NORMAN Terberi pada 18 hari boelan Mei tahon 1876.

Secretaris Djendral, UEVYSSOHN NORMAN

*

MHH^^HMHHH|HHH|

In document STRAFRECHT VOOR (pagina 166-178)