• No results found

BOEKOE JAilG KADOEWA

In document STRAFRECHT VOOR (pagina 34-100)

P e r k a r a k e d j a h a t a n d a n p e l a n g -g a r a n s a t o e s a t o e n j a . GALBA.N JANG PERTAMA.

Kedjahatan dan pelanggaran atas perkara sekalian.

B A B J A N G P E R T A M A .

Kedjahatan jang meroesakken kasenangan di India Nederland.

BAGIAN JANG PERTAMA.

Kedjahatan jang meroesakken kasenangan di loewar India-Neder land.

i.'VrsAL 39. idapoen orang bangsa Djawa dan se-orang masing-masing jang melawan dengan sendjata kapada India Nederland di hoekoem dengan hoekoeman

mati.

FATSAL 40. Adapoen satoe-satoenja orang jang dja~

lanken keniatan djahat oetawa moefakat bersama-sama radja asing ') oetawa beisama-sama radja-radja oe-tawa orang-orang India oeoe-tawa wakilnja, sopaja adjak dia orang bermoesoeh-moesoeban oetawa berpraug pada India Nederland, oetawa sopaja membri isarat kapa-danja, maka dia di hoekoem mati kendati keniatan djahat oetawa moefakat itoe tiada sampo djikaloe

moe-soeh-mcxsjehan,

FATSAL 41. Demikian djoega di hoekoem mati

siapa-' ) asing ss dari lain tanah.

siapa jang djalanken keniatau djahat oetawa moefakat dengan moesoeh, sopaja ringanken datengnja di tanah India-Nederland, oetawa sopaja serahken kapadanja ko-ta koko-ta, oeko-tawa benteng-benteng, oeko-tawa tempat-tempat djaganja militair, oetawa pelaboewan-pelaboewan, oetawa goedang-goedang barang, oetawa goedang sendjata, oeta-wa kapal kapal, oetaoeta-wa praoe-praoe jang djadi méliknja x) negri, oetawa sopaja membri pertoeloengan soldadoe oetawa orang, oetawa makanan, oetawa sendjata, oetawa pekakas prang; oetawa sopaja menoeloeng moesoeh aken kalahken India Nederland, oetawa kalahken bala tantara di darat dan bi laoet jang djadi hambanja India Neder land, kendati sebab berobahken setianja opsir-opsir oetawa soldadoe-soldadoe oetawa matroos-matroos oeta-wa lain-lain orang kapada pamerentahan jang sah, 3) kendati sebab dengan lain djalan.

I'ATSAL 42. Djikaloe moefakat dengan orang jang djadi bangsanja moesoeh, tetapi tiada niat mendjadiken kedjahatan salah satoe jang terseboet di dalem fatsal 41, tjoema membri kabaran kapada moesoeh jang tiada baik kapada hal peprangan oetawa keradjaännja India-Neder land, oetawa temam perdjandjiannja India-Nederland, maka jang moefakat demikian itoe di hoekoem dengan kerdja paksa tiada dengan rante dari docwa sampe lima lahon; dan lain dari pada itoe di kenaken hoekoem jang lebih brat djikaloe kabaran itoe memang terbit 9) dari keniatan jang berhimat *) samar.

') méliknja ts poenjanja.

*) sah B memang lediri.

*) terbit s keloewar.

T) Iiioiat s hati oetawa rasa.

22

FATSAL 43. Adapoen hoekoemau jang terseboet di dalem fatsal 40 dan 41 sama djoega; kendati perkara jang boleh di hoekoem menoeroet fatsal-fatsal itoe di bikin melawan India-Nederland oetawa melawan teman teman perdjandjiannja jang berprang dengan moesoeh sama-sama dengan India-Nederland.

FATSAL 44. Siapa jang tiada termasoek di dalem pren-tali militair, djikaloe boedjoek-boedjoek orang militair sopaja berlari, dan niatnja sopaja itoe militair masoek di dalem pekerdjaänja bangsa asing l) di darat dan di

laoet, oetawa djikaloe dia sengadja toeioeng orang mili-tair itoe atas perkara berlari, maka dia di hoekoem kerdja paksa dengan ranle dan lima sampe scpoehch (ahm.

FATSAL 45. Selainnja perkara jang terseboet di da-lem fatsal 44, maka siapa jang tiada termasoek di dada-lem prentah militair, djikaloe adjak-adjak orang militair di laoet oetawa di darat satoe oetawa lebih sopaja ber-lari: dan djikaloe sengadja menoeloeng orang militair itoe atas perkara berlari, dan djikaloe bikin gampang itoe orang militair berlari dengan djalan apa djoega, oetawa djikaloe kasih isarat sopaja boleh berlari, dan lagi djikaloe semboeniken oetawa kasih mondok orang militair jang berlari itoe jang dia taoe, oetawa djikaloe kerdja gampang orang milil »galih dari

satoe bataillon ka-lain bataillon d namanja lain orang oetawa dengan pake n inan, oetawa

dengan lain djalan tipoe daja, maka dia di hoekoem

" denda dari seraloes sampe lima raioes roepiah, oetawa di hoekoem kerdja paha tiada dengan ran Se dari liga boelan sampe saloe lahon, tertimbang .bagimana perkaranja.

l) asiiig p3 dari lain tanah.

FAISAL 46. Satoe satoenja priaji oetavva satoe-satoe-uja wakilnja Kangdjeng Goeberneuient, oetawa Iain-lain erang jang di pertjaja, oetawa di kasih taoe roe-sianja perkara jang di bitjaraken, oetawa rosroe-sianja satoe pekerdjaän jang niat di djalanken sebab dari pangkat-nja oetawa di dalem lain-lain pekerdjaän negri, djika-loe dia kabarken kepada naoesoeh oetawa kapada bangsa asing ]) oetawa wakilnja, maka dia di hoekoem mati.

FATSAL 47. Satoe-satoenja priaji dan satoe-satoenja wakilnja Kangdjeng Goeberneuient dan lain-lain orang jang di soeroeh djalanken satoe perkara oetawa jang misti simpen petoewa 2) oetawa kaart oetawa gambar nja benteng, oetawa goedang sendjata, oetawa pelaboe-wan, maka dia di hoekoem mali, dj ikaloe dia serah ken kaart oetawa gambar ini satoe oetawa lebih kepada irioesoeh oetawa wakilnja.

Dau lagi dia di hoekoem kerdja paksa liada dengan rante dan docwa sampo lima talion, djikaloe dia serab-ken kaart oetawa gambar ini kepada bangsa asing ') oetawa kepada bangsa jang tiada toeroet tjampoer di dalam perkara, oetawa kepada bangsa jang moefakat oetawa wakilnja.

FATSAL 48. Djikaloe lain orang beroleh kaart oeta-wa gambar itoe dengan sorok 3) oewang, oetawa dengan tipoe, oetawa dengan paksa, dan djikaloe dia kasih-ken kepada bangsa jang djadi moesoeh oetawa kepada bangsa asing l ) oetawa wakilnja, maka dia di hoekoem sama djoega seperti priaji-priaji dan lain-lain orang jang

!) asing sq dari lain tanah.

1 ) petuowa r=! tjonio.

') sorok S soewap.

24

terseboet di dalem fatsal 47, dau menoeroet bagimana beda-bedaän jang terseboet di dalem fatsal itoe.

Siapa jang beroleh kaart oetawa gambar itoe tiada dengan pake isarat jang tiada sali * ) , dan dia briken kepada jang terseboet di atas, dan djikaloe perkaranja bagimana jang pertama jang terseboet di dalem fatsal 47, maka hoekoemannja kerdja paksa dengan rant« dan lima sampe limablas talion; dan djikaloe perkaranja bagi-mana jang kadoewa, maka hoekoemannja kerdja paksa tiada dengan tante dari tiga boelan sampe lima talwn.

FATSAL 49. Siapa jang semboeniken oetawa soeroeb semboeniken orang jang priksa-priksa dengan keniatan dja-hat, oetawa soldadoe-soldadoe jang di kirim oleh mossoeh

dan di soeroeb lihat-lihat, maka dia di hoekoem matu

FATSAL 50. Siapa jang bermoesoeh-moesoehan jang tiada di bri idzin oleh Kandjeng Gocbernement, dan jang boleh mendjadiken prangnja negri Hollanda oe

tawa India Nederland, maka dia di hoekeem kerdja paksa tiada dengan rante dan doewa sampe lima tahon; dan dji-kaloe sampe djadi prang sebab perboewatanuja itoe, ma-ka dia di hoekoem kerd\a paksa dengan rante dan lima sampe limablas lahon.

FATSAL 51. Siapa jang membikin perboewatan jang tiada di idzinken oleh Kangdjeng Goebernement, dan jang boleh djadiken orang Hollanda oetawa orang-orang

jang berdoedoek di India-Nederland di bales oleh bang-sa asing f), maka dia di hoekoem kerdja paha tiada dengan rante dari doewa sampe lima taoen.

*) tiada sah rt terlarang.

f) asing =5 dari lain tanah.

BAGIAN JANG KADOEWA Kedjahalan jang meroesalsken kesenangan

di dalem India Nederland.

FATSAL 52. Siapa jaug djalanken keniatan djahat oetawa moefakat dengan niatnja akan meroesakken oeta wa berobahken pamerentahan, oetawa sopaja orang orang jang berdoedoek di negri melawan dengan sendjata ka pada pamerentahan di India-Nederland, maka dia di hoe-koem mali.

FATSAL 53. Dan lagi siapa jang djalanken keniatan djahat oetawa moefakat dengan niatnja aken mendjadiken prang di dalem negri, sebab membri sendjata kapada orang-orang jang berdoedoek di dalem negri sopaja melawan satoe sama lain, oetawa sebab adjak dia orang aken melawan satoe sama lain dengan sendjata, oetawa niatnja aken meroesakken oetawa boenoeh orang, oetawa merampas di dalem tempat satoe oetawa lebih, maka dia di hoekoem mali djoega,

FATSAL. 54. Siapa jang ambil oetawa soeroeh ambil banjak orang jang bersendjata di dalem pekerdjaännja oetawa ambil oetawa soeroeh ambil soldadoe, oetawa membri sendjata oetawa pekakas prang kapadanja, ma-ka dia di hoekoem mali djoega.

FATSAL 55. Maka keniatan djahat itoe ada djikaloe satoe perboewatan soedah di boewat oetawa soedah moe-lai di boewat sopaja djalanken kedjahatan-kedjauatati jang terseboet di dalem fatsal 52 dan 53, kendati ke-djahatan itoe tiada kedjadian semoea.

26

FATSAL 56. Maka moefakatan ada djikaloe doewa

»rang oetawa lebih soedali beremboek aken memboewat satoe perkara, kendati masih beloem ada keniatan dja-hat bagimana prentahan fatsal 55.

FATSAL. 57. Djikaloe belom sampe cljadi moefakatan, tjoemah ada permintaan sadja aken memboewat satoe moefakatan sopaja hoewat kedjahatan jang terseboet di dalem fatsal 52, tetapi permintaan itoe tiada di trima, ma-ka siapa jang ampoenja permintaan itoe di hoekoem herdja paksa Inula dengan route dari doewa sampe lima tahon.

FATSAL 58. Siapa jang tiada dengan bak ») oetawa tiada dengan sebab jang halal memegang prentah dari pada satoe bagian bala tantara besar oetawa ketjil, oeta-wa dari pada soeoeta-watoe koempoelan kapal oetaoeta-wa praoe,

iwa dari pada soewatoe kapal prang, oetawa dari pada soewatoe benteng, oetawa dari pada soewatoe tempat prang, oetawa dari pada soewatoe pelaboewan, oetawa dari pada soewatoe kota; dan siapa jang melawan prer-iahnja Kangdjeng Goebernement dan misih pegang pren-tah peprangan djoega, dan lagi kepala-kepala prangjang masih koempoelken bala tantaranja oetawa bagiannja, koetika soedab i lepasken oetawa ter-siarken, maka dia m mal i.

FATSAL 59. Siapa jang bakar oetawa meroesakken roemah oetawa goedang barang, oetawa goedang-sen-djata, oetawa kapal, oetawa meliknja ä) uegri jang lain-lain, dengan bikin menjala soewatoa tempat jang di ga-lib, maka dia di hoekoem mah,

' ) hak a Tcoewam.

meliknja s poenjanja. ,

KAUSAL 60. Siapa jang ambil tanah, oetawa melik, oetawa oewang, oetawa tempat, oetawa kota, oetawa ben-tenir, oetawa tempat djaganja soidadoe, oetawa goedang barang, oetawa goedang sendjata, oetawa pelaboewan, oetawa kapal, oetawa praoe jang djadi poenjanja negri, dan lagi siapa jang rampas oetawa bagi-bagi meliknja negri, oetawa siapa jang memoekoel oetawa melawan kapada orang jang djalanken koewasanja negri jang djaga oetawa larang oetawa tangkep orang orang jang memboewat kedjahatan-kedjahatan itoe; dan lagi siapa jang mend i adi kepala dari pada orang-orang jang pake sendjata, oetawa jang pegang pekerdjaän apa-apa antara orang-orang itoe, oetawa jang pegang prental), maka dia di lioekoem mali.

Dan lagi siapa jang prentahken perkoempoelan orang jang pake sendjata deniikiannja, oetawa jang t j ari oeta-wa soeroeh tjari, oetaoeta-wa jang atoer oetaoeta-wa soeroeh atoer perkoempoelan orang itoe, oetawa jang sengadja mem-bri sendjata perkakas prang dan perkakas aken bikin kedjahatan kapadanja ; oetawa jang kirim makanan ka-padanja, oetawa siapa jang satoe bati dengan djalanan lain roepa sama orang-orang jang prentahken oetawa jang djadi kepalanja perkoempoelan orang itoe, maka dia di lioekoem mali djoega.

FATSAL 61. Diikaloe soewatoe per]-. an orang jang bikin kedjahatan salak satoe jang terseboet di

da-lem fatsal 52 dan 53, maka hoekoem mali di djalanken atas segala orang, tiada perdoeli apa pangkatnja jang djadi toeroetannja perkoempoelan itoe, dan jang di tangkep di tempatnja perkoempoelan itoe jang bikin roesoeh.

Dan lagi siapa-siapa jang prentahken perkoempoe-lan jang bikin roesoeh itoe, oetawa .siapa jang pegang

28

pekerdjaän apa-apa di dalcin perkbempoelan itoe, oeta-wa siapa jang pegang prentah apa-apa, kendati dia tia-da di tangkep di tempatnja perkoempoelan jang bikin roesoeh itoe, maka dia di hoekoem mati djoega.

FATSAL 62. Djikaloe perkoempoelan orang itoe tia-da poenja niat kedjahatan satoe oetawa lebih jang ter-seboet di dalem fatsal 52 dan 53, oetawa djikaloe per-koempoelan itoe tiada mendjadiken kedjahatan satoe

oeta-wa lebih, maka siapa-siapa jang toeroet di dalem per-koempoelan itoe, tetapi tiada pegang pekerdjaän apa-apa oetawa tiada pegang prentah apa-apa, dan djikaloe dia orang di tangkep di tempatnja perkoempoelan itoe maka dia orang di hoekoem kerdja paksa dengan rank dari lima sampe limablas talion.

FATSAL 63. Siapa jang soedah taoe keniatannja dan pranginja ') perkoempoelan orang jang terseboet itoe, dan dia kasih pondokan oetawa tempat semboenian, oetawa tempat koempoelan kapadanja tiada dengan di paksa, maka dia di hcekoem kerdja pakta dengan tante dari lima sampe Umablas laiton.

FATSAL 64. Siapa 'jang toeroet di dalem perkoem-poelan orang jang bikin roesoeh, tetapi tiada pegang pekerdjaän apa, oetawa tiada pegang prentah apa-apa di dalem perkoempoelan itoe, dan djikaloe dia di prentahken oleh pamerentahan mardika oetawa militair, maka dia lantas kaloewar dari perkoempoelan itoe, oe-tawa dia kaloewar di blakang dan djikaloe dia di tang-kep di loewarnja tempat perkoempoelan jang bikin roe-soeh itoe, dan dia tiada melawan dan tiada pake sen-djata, maka dia tiada di hoekoem.

') prangi p- lcaödaän.

Djikaloe kedjadian jang demikian itoe, maka dia tjoe-ma boleh di hoekoem sebab perkara kedjahatan oetawa pelanggaran jang di boewat sendiri-sendiri.

FATSAL 65. Jang di namaken sendjata di dalem Boe-koe hoeBoe-koeman ini j a itoe segala barang oetawa peka-kas jang tadjem pinggirnja dan jang tadjem oedjoengnja dan jang toempoel.

Adapoen barang oetawa pekakas itoe djikaloe memang pakean sabari harinj a orang jang kedapetan ada barang oetawa pekakas itoe, dan lagi piso sakoe dan goenting dan rotan tiada teritoeng sendjata ; tetapi djikaloe di pa-ke apa-ken boenoeh oetawa loekaTsen oetawa poekoel. maka itoe baroe teritoeng sendjata.

FATSAL 66. Djikaloe orang toesoek-toesoek sopaja lain orang bikin kedjahatan-kedjahatan jang terseboet di dalem bagian ini, dan djikaloe dia misti teritoeng sekoe-toe oetawa sekoe-toeroet tjampoer bagimana fatsal 28 no. 4, dan djikaloe toesoek-toesoeknja itoe tiada sampe djadi-ken apa-apa, maka dia boleh di hoekoem kerdja paksa

tiada dengan rante dari doewa sampe lima lahm.

BAGIAN JANG KATIGA.

Memboeka dan tiada memboeka kedjahatan jang meroesakken kasenangan di loewaf dan di dalem Inda Nederland.

FATSAL 67. Siapa jang dapet taoe ada orang-orang moefakat oetawa bikin kedjahatan sopaja meroesakken kasenangan di loewar oetawa di dalem India Nederland, dan dia tiada kabarken da'em doewa poeloeh ampat djam sasoedahnja dipet tace kapada Kangdjeng Goebernement,

30

oetawa kapada pamerentah negri, oetawa kapada policie.

dan djikaloe dia dapet taoe liai ahwalnja perkara itoe, dan dia tiada boeka di dalem doewa poeloeli ampat djaua sasoe dahnja dapet taoe kapada Kangdjeng Goebernement oeta-wa kapada lain-lainnja jang terseboet di atas ; maka dia di boekoem kerdja paksa bada dengan rank; dari doewa sam-pe lima laiton, dan di denda dan doewa ratoes lima poci'oeh sampe scriboe roepiab ; tjoema sebab tiada boeka perkara itoe, kendati dia tiada salah toeroet tjampoer oetawa tiada kasih idin atas moetakatan oetawa kedjabatan itoe.

oetawa kendati dia berkata pada orang-orang jang salab itoe: „djanganlab memboewat perkara itoe!" oetawa kendati dia sendiri tiada kasih bikin perkara itoe.

FATSAL 68. Tetapi preutabnja fatsal 67 itoe tiada di djalanken atas orang-orang jang' terseboet di bawah ini : L koelawarga *) dari atsal oetawa dari kawinan

saoe-roetnja jang kaätas dan saoesaoe-roetnja jang kabawab dari pada orang jang salah di dalem perkara moe-fakatan oetawa perkara kedjabatan:

2. soedaranja laki-laki dan soedaranja prampoean.

oetawa ipernja laki-laki dan ipernja prampoean.

dan lagi waknja oetawa pak moedanja, dan waknja oetawa mak moedanja jang dari atsal oetawa dari kawinan, dan anaknja soedaranja laki-laki. dan anaknja soedaranja prampoean;

3. lakinja oetawa bininja, kendati soedah betjere;

4. boedak-boedaknja jang soedah di lepas;

5. orang jang misti simpen rasia sebab dari pangkat nja oetawa pekerdjaännja oetawa kadoedoekannja : tjoema dari perkara jang di pertjajaken kapadanja

*) koelawarga sS sanak soedara.

sebab dari itoe, maka djikaloe tiada sebab dari itoe dia misti boeka perkara itoe bagimana pren-tahnja fatsal 67.

FATSAL 69. Adapoen orang-orang jang salah moeia-katan oetawa lain-lain kedjahatau jang meroesakken kaseuangan di loewar oetawa di dalem India Nederland, djikaloe ada salak satoe jang kasih taoe lebih doeloe moefakatan oetawa kedjabatau ini, oetawa kasih taoe orang jang boewat oetawa jang toeroet tjampoer dalem perkara itoe kapadi Kangdjeng G-oebernemeut oetawa lain-lainnja jang terseboet di dalem fatsal 67 sabelom-nja moefakatan oetawa kedjabatan itoe di djalanken, oetawa sabeloinnja di tjoba djalanken, dan sabelomnja perkara itoe inoelai di priksa pengadilan, oetawa dji-kaloe di dalem orang-orang itoe ada salah satoe jang bikin sampe orang jang boewat oetawa jang toeroet tjampoer itoe di tangkep, kendati perkara itoe soedah moelai di priksa oleh pengadilan, maka dia di lepas dari lioekoem sn-hoekoeman jang di djalanken atas orang orang jang salah itoe.

BAH J A N G K A DO E \

Kedjahatan timi pelanggaran ala? àloeran perkara jang soedah lelap.

BAGIAN JANG PERTAMA.

Kedjahatan perkara djalanken ha/.*) pilih.

FATSAL 70. Djikaloe orang satoe oetawa lebih di

*) hak a koeviasa

:52

tegah djalanken hak perkara pilih oieh orang-orang jang herkoempoel dengan niat djahat, oetawa jang

pak-sa, oetawa jang antjam-antjam, maka orang-orang jang salah itoe masing-masing di hoekoem kerdja palma tiada dengan ranle sedikilnja anem boelan dan banjaknja doewa tahan, dengan di tjaboet hak pilihnja sedikilnja lima dan banjak-banjaknja sepoeloeh lakon.

FATSAL 71. Djikaloe kedjahatan itoe di boewat sebab memang soedah di niatken lebih doeloe sopaja di dja-lanken di tempat satoe oetawa lebih, maka hoekoemannja kerdja paksa tiada dengan ranle dan doewa sampo lima lahon,

FATSAL 72. Siapa jangwadjib toelisi namanja orang-orang jang memilih, djikaloe toelisi namanja orang-orang jang tiada di kasih taoe kapadanja, oetawa djikaloe bikin palsoe nama-namanja orang jang soedah di toelis, maka dia di hoekoem kerdja paksa tiada dengan ranle dari satoe sam-pe tiga lahon; dan di tjaboet hak*) dan kekoewasaän jang ter-seboel di dalem fatsal 22 dari lima sampe sepoeloeh lahon.

FATSAL 73. Siapajang tiada wadjib toelisi nama-nama-nja orang itoe, djikaloe dia salah boewat perkara-perka-ra jang terseboet di dalem fatsal 72, maka dia di hoe-koem kerdja paksa tiada dengan ranle dari anem boelan sampe doewa lahon; dan di tjaboet hak *) pilihnja scdi-kilnja lima dan banjak-banjaknja sepoeloeh taoen.

FATSAL. 74. Adapoeu satps-satoe orang dari soewatoe tempat jang beli oetawa djoewal soewara waktuenja

pi-lihan di tempat itoe, tiada perdoeli brapa harganja, ma-ka dia di hoekoem tjaboet hak dan koewasauja jang ter-seboet di dalem fatsal 22 dari lima sampe sepoeloeh taoen.

hak sa ioewasa.

Dan lagi jang djoewal dan jang beli soewara itoe ma-sing-masing di denda, dan banjaknja denda rangkei) dari harga jang soedah di kasih oetawa jang di djandji.

BAGIAN JANG KÀDOEWA.

Perboewalan jang meroesakken feelakoewan jang mardika,

FATSAL 75. Satoe-satoenja penggawa jang oemoem *), dan satoe-satoenja penggawa policie jang ketjü-ketjil, dan satoe-satoenja orang policie jang boewat soeka-soekanja sendiri meroesakken orang poenja kelakoean jang mardi-ka, oetawa meroesakken kekoevvasaännja memilih, maka dia di hoekoem keräja paksa tiada dengan ränte dari satoe sampe tiga lakon dengan denda dari sepoeloeh sampe lima ralocs roepiah, oetawa tiada dengan denda, dan di Ijaboet ha/cnfaf) dan koewasanja jang terseboet di dalem fatsal 22.

Siapa jang tjoba bikin kedjahatan ini boleh di hoekoem.

Tetapi kaloe penggawa itoe membetoelken perboewa-tannja sebab berkata di soeroeh oleh jang lebih besar pangkatnja di dalem perkara jang djadi koewasanja peng-gawa jang lebih besar itoe, dan djikaloe dia memang misti toeroct prentahnja di dalem perkara itoe, maka dia di lepas dari hoekoeman itoe, dan siapa jang kasih prentah itoe aken di hoekoem.

^ FATSAL 16. Djikaloe pengadilan hoekoem ganti keroe-gian sebab dari kedjahatan jang terseboet di daltm fatsal 72, oetawa sebab dari tjoba bikin itoe ksdjabaian, maka

*) jang oemoem - jang pegang negri.

f) hak a kaewasa.

Boekoe Kaâdilan.

banjaknja itoe oewang gantian di timbang bagiinana orang-nja dan perkaraorang-nja dan keroegianorang-nja, te.Çapi siapa djoega iang salah, maka itoe oevvang gantian tiada boleli koe-vang dari tiga roepiah jang satoe liari, jang satoe-satoenja orang jang di toetoep soeka-soekanja dan tiada sak ).

banjaknja itoe oewang gantian di timbang bagiinana orang-nja dan perkaraorang-nja dan keroegianorang-nja, te.Çapi siapa djoega iang salah, maka itoe oevvang gantian tiada boleli koe-vang dari tiga roepiah jang satoe liari, jang satoe-satoenja orang jang di toetoep soeka-soekanja dan tiada sak ).

In document STRAFRECHT VOOR (pagina 34-100)