• No results found

GELABAN JANG KADOEWA

In document STRAFRECHT VOOR (pagina 100-166)

Perkara kedjahalan dan pelanggar (lu alas orang saloe-saloenja.

BAB.. J A N G P E R T A M A . kèitjahatan dan pelanggaran alas orang-orang.

BAGIAN JANG PERTAMA.

Perkara poekoelan mati dan lain kedjahalan alas kahidoe-paa orang, dan anljam-anljam dari keniatan

jang djahal alas orang.

No.

î.

['••i kara hoenoeii, dan,'hornoek bapa dan boenoeh anak, dan mcraljoen orang.

F V K A L 211. Jang di namaken poekoelan mati, ja-itoe: djikaloe orang bikin mati orang dengan sengadja.

FATSAL 212. Djikaloe poekoelan mati itoe dengan berniat lebih doeloe oetawa dengan djaga lebih doeloe di soewatoe tempat orang jang maoe di boenoeh itoe, maka itoe di namaken boenoeh.

FATSAL 213. Jang di namaken berniat lebih doeloe, ja-itoe: sabelomnja bikin mati maka orang soedah ada ingetan serang oetawa langgar soewatoe orang jang tentoe oetawa orang jang nanti dia dapet oetawa ber-temoe, kendati ingetannja ini misti toeroet hal ihwal oetawa perdjandjian.

FATSAL 214. Jang di namaken djaga lebih doeloe itoe, djikaloe orang bernanti datengnja orang sebentar oetawa lama di tempat satoe oetawa lebih, sopaja boenoeh dia, oetawa aniaja dia.

FATSAL 215. Jang di namaken pemboenoehan bapa itoe, djikaloe bikin mati bapa kawin oetawa bapa jang tiada kawin, dan bikin mati iboe kawin oetawa iboe jang tiada kawin, oetawa bikin mati lain-lain koela-warga:;') jang kaätas jang kawin.

FATSAL 216. Jang di namaken pemboenoehan anak, ja-itoe: djikaloe boenoeh soewatoe anak jang belom

la-ma di lahirken.

FATSAL 217. Jang di namaken meratjoen, ja-itoe:

djikaloe niat boenoeh orang dengan koewatnja soewatoe bäratfg jang boleh djadiken matinja dengan lekas, ken-dati bagimana roepa djoega pakenja oetawa kasihnja barang itoe, dan kendati apa sekali kedjadiannja.

FATSAL 218. Siapa jang salah perkara pemboenoeh oetawa pemboenoehan bapa oetawa meratjoen, maka dia di hoekoem mati.

FATSAL 219. Soewatoe iboe jang tiada kawin, dji-kaloe baroe satoe kali boenoeh anaknja jang di lahirken belom lama, maka dia di hoekoem kcrdja paksa dengan rante dari lima sampe docwa poeloeh lakon.

* ) koelawarga — sanak soedara.

88

Di dalem lain-lain perkara siapa jang salah boenoeh anaknja jang demikian itoe, maka dia di hockoem malt. *)

FATSAL 220. Segala orang djahat jang bikin sakit orang oetawa bikin lain-lain siksa kapada orang sopaja djalanken kedjahatannja, maka dia orang di hoekoem seperti salah boenoeh orang dengan niat lebih doeloe.

FATSAL 221. Siapa jang salah poekoel mati orang di hoekoem kerdja paksa dengan rante dari lima sampe deeim poetoeh talion, selainnja jang di drentahkcn di ba-wah ini di dalem tatsal ini djoega.

Siapa jang poekoel mati orang, tetapi lebih doeloe oetawa koetikanja poekoel mati oetawa sasoedahnja itoe dia memboevvat lain kedjahatan oetawa lain pelanggaran, maka dia di hoekoem mati, djikaloe penioekoelan mati itoe djadiken djalannja boewat lain kedjahatan oetawa pelanggaran itoe, oetawa djadiken gampanguja, oetawa sopaja lain kedjahatan oetawa lain pelanggaran itoe djangan sampe ketaoewau.

Djikaloe pemoekoelan itoe tiada djadiken djalan boe-wat lain kedjahatan oetawa pelanggaran itoe. oetawa tiada bikin gampang oetawa tiada djadi djalan sopaja djangan ketaoewan, maka dia di kenaken hoekoeman jang terseboet di dalem alinea jang pertama dari tatsal

ini. *)

N o . 2.

Perkara antjjam-anljam.

FATSAI. 222. Siapa jaag antjam-autjam di dalem

*) Di obali oleh ôeiiclang-oenâatig dari tanggal 13 Joli IS?5 (Staatsblad no. 174).

socrat jang dia taudai tangan, oetawa jang tiada ada tanda tangannja aken boenoeh oetawa meratjoen, oetawa lain-lain keniatan jang djahat kapada orang jang boleh di hoekoem dengan hoekoeman salah satoe jang terse-boet di dalem fatsal 5 no. 1, 2 dan 3, maka dia di hoekoem kerdja paksa dengan vante dari lima sampe lima-blas lahan, ctjikalöe antjam-antjam itoe dengan pren-tah taroh oevvang di soewatoe tempat jang di toendjoeken oetawa dengan prentah djalani lain-lain perdjandjian.

FATSAL 223. Djikaloe antjam-antjam itoe tiada de-ngan prentah oetawa tiada dede-ngan perdjandjian, maka hoekoeniannja kerdja paksa tiada dengan rante dari doeiva sampe lima tahun, dan denda dari lima poeloeh sampe tiga raloes roepiah.

FATSAI, 224. Djikaloe antjam-antjam dengan moeloet dan dengan prentah oetawa dengan perdjandjiian, maka jang salah di hoekoem kerdja paha tiada dengan rante dari anem boelan sampe doeiva lahon, dan di denda dari dóewahfas sampe sera foes lima poeloeh roepiah.

KAGIAN JANG KADOEWA.

Per/cara me/oekaken dan memoekoel dengan sengad/'â, dan lain-lain ked/ahatan dengan sengadja.

FAISAL 225. Sirpa jang bikin loeka dan poekoel, dan djikaloe jang di bikin loeka oetawa di poekoel itoe djadi sakit oetawa tiada bisa kerdja lebih dari doewa poeloeh hari la manja, maka dia di hoekoem kerdja paksa tiada dengan rante dari doewa sampe lima lahon.

90

FATSAL 226. Djikaloe kedjahatan jang terseboet di dalem fatsal 225 itoe di boewat dengan niat lebib doe-loe, oetawa dengan djaga di soewatoe tempat lebih doeloe, maka hoekoernannja kerdja paksa dengan ranle dari lima sampe limablas lahon.

FATSAL 227. Djikaloe orang jang di lakoeken oetawa di poekoel itoe tiada sakit oetawa tiada sampe tiada bisa kerdja lebih dari doewa poeloeh hari lamanja, maka jang salah di hoekoem kerdja paksa tiada dengan ranlc dari saloe boelau sampe doewa lahon, dan di denda dari delapan sampe scraloes roepiah.

Djikaloe dengan niat lebih doeloe, oetawa di djaga di soewatoe tempat lebih doeloe, maka boekoemannja kerdja paksa tiada dengan ranle dari doewa sampe lima lahon, dan 'denda dari doewa poeloeh lima sampe doewa rafoes lima poeloeh roepiah.

EATSAL 228. Di dalem perkara-perkara jang terse-boet di dalem fatsal 225, 226 dan 226, djikaloe bapa dan iboe jang kawin oetawa jang tiada kawin, oetawa datoek *) dan nini jang di bikin loeka oetawa di poekoei, maka itoe teritoeng soewatoe kebratan, dan priaji pe-ngadilan misti inget kebratan itoe djikaloe djalanken boekoemannja.

Dan lagi di dalem perkara-perkara itoe priaji penga-dilan ada koewasa tambah itoe hoekoeman kerdja paksa dengan ranle oetawa tiada dengan ranle dengan satoe bagian dari tiga lebih dari jang paling tinggi.

FATSAL 229. Adapoen kedjabatan-kedjaliatan jang terseboet di dalem iatsal 225, 226 dan 227, dan di

*) datoek a l/apa lesar, hijai,

dalem bagian di uioeka itoe, djikaloe di boewat dengan perkoempoelan jang bikin roesoeh dan dengan melawan oetawa dengan merampas, maka itoe boleh di salahken kapada kapala-kapala dan kapada orang-orang jang moelai berdiriken perkoempoelan-perkoempoelan ini, oe-tawa boewat pelawanan oeoe-tawa rampasan itoe, dan ka-pada orang-orang jang adjak-adjak boewat perkara-perkara itoe, maka dia orang -semoea di hoekoem se-perti salah pada kedjahatan-kedjahatan itoe dan di hoe-koem sama djoega seperti orang jang boewat sendiri ked)ahatan-kedjahatan ini.

FATSAL 230. Siapa jang poekoel orang, dan djika-loe jang di poekoel itoe tiada dj adi sakit oetawa tiada sampe tiada bisa kerdja, dan tiapa dapet loeka oetawa tiada dapet loeka jang enteng sekali, maka dia di hoe-koem kerdja pekerdjaän negri dengan dapet makan tetapi tiada dengan hajaran dari anem hari sampv tiga boelan oetawa di denda banjak-banjaknja seraloea roepiah.

FATSAL 231. Siapa jang salah kebiri orang di hoe-koem kerdja paksa dengan raule dari lima sampe doewa poeloeh talion.

Djikaloe orang itoe mati di dalem ampat poeloeh hari sasoedahnja di kebiri, maka jang salah itoe di hoe-koem mail.

FATSAL 232. Siapa jang goegoerken anak di dalem .boentingnja orang perampoewan dengan makanan

ini-noeman obat, oetawa dengan paksa, oetawa dengan lain isarat tiada perdoeli apa dengan soekanja oetawa tiada dengan soekanja perampoewan itoe, maka dia di hoekoem kerdja paha dengan ranle dari lima sampe se-poeloeh lahon.

92

Djikaloe orang perampoewan itoe goegoerken sendiri oetavva djikaloe dia maoe pake isarat-isaratnja jarig di toendjoeken oetawa jang di kasih, dan djikaloe bctoel-betoel sampe niendjadiken goegoer anaknja, rnaka pe-rampoewan itoe kena hoekoeman sama djoega seperti jang terseboet di atas.

Doktor oetawa doekoen dan djoero obat jang toen-djoeken oetawa .jang kasih isarat-isarat ini di lioekoem kerdja paksa denyan tante dan' lima sàmpe limablas I alum, djikaloe anak di dalem boentingaa itoe betoel-betoel djadi goegoer.

FATSAL 233. Siapa jang tj am poer oetawa soeroeh tjampoer proesi oetavva vitriool poetih, oetawa Iain-lam barang jang ada ratjoennja di roti oetawa di makanan, oetawa di minoeman, oetawa di tjampoer-tjampoerannja jang misti terdjoewal; oetawa terbagi-bagi, maka dia di lioekoem kerdja paksa hada dengan ranle dan doeim sampe lima talam dan di détala dari doelfa rafoes sampe lima raloes roepiah.

FATSAL 234: Siapa jang djoewal oetawa bagi-bagi-ken, oetawa tjoba djoewal, oetawa tjoba bagi-bagibagi-bagi-ken, oetawa tjoba soeroeh bagi-bagiken roti, makanan, mi-noeman, dan tjampoer-tjampoerannja jang misti di djoe-wal, oetawa di bagi-bagiken jang di tjampoeri dengan barang-barang jang ^beratjoen jang terseboet di dalen»

fatsal 233, djikaloe dia soedah taoe ada tjampoeran-nja barang ratjoen itoe, dan lagi siapa-siapa jang djoe-wal oetawa kasih barang-barang jang beratjoen itoe dengan soedah taoe bahwa barang itoe aken di pake boewat kedjahatan itoe, maka dia di hoekoeui sama djoega seperti jang terseboet di atas.

FATSAL 235. Siapa, jang tjampoer oetawa soeroeb tjampoer barang jang mendjadiken penjakit di roti, oetawa di makanan, oetawa di niinoeman, oetawa di tjampoer-tjampoerannja jang misti di djoewal oetawa di bagiken, oetawa siapa jang djoewal oetawa bagi-bagi, oetawa tjoba djoewal, oetawa tjoba bagi-bagi-bagi, oeta-wa tjoba soeroeli bagi-bagi makanan oetaoeta-wa minoenan itoe oetawa tjampoerann ja dengan soedali taoe ada tjampoerau-nja barang itoe, ïnaka dia di lioekoeni fcerdja paksa tiada dengan ranle dari (mem hari sampe doewa lahon, dan di denda dari delapan sampe doeira ratoes lima pocloch roepiah.

FAISAL 2)36. Atas perkara itoe semoea hoekoem-hoekoemannja jang terseboet di dalem fatsal 233, 234 dan 235 di djalanken sama sekali dengan tangkep dan ilangken oetawa boewang roti, makanan, oetawa mi-noeman itoe, oetawa tjampoerannja makanan oetawa minoeman itoe jang di tjampoeri barang ratjoen oetawa lain barang jang mendjadiken penjakit.

BAGIAN JANG KATIGA.

Perkara maliken orang tiada dengan sengadja, dan meloe-kaken dan memoekoel tiada dengan seugadja ; dan

ke-djahatan jang boleh di kasih ampoen, dan perkara jang kedjahataii tiada holeh kasih ampoen]

dan poekoel mati loekaken dan poe-koel jang tiada boleh di hoekoem.

No. 1.

Perkara matikan mang tiada dengan sengailja, dan bilan loeka tiada dengan sengadja, dan

poe-koel jang tiada dengan sengadja.

FATSAL 237. Siapa jang bikin mati orang oetawa

94

mendjadiken orang poeiija kematian tiada dengan se-ngadja sebab koerang bisanja, oetawa koerang tjepatnja, oetawa koerang ati-atinja, oetawa sebab tiada lihat baik-baik, oetawa sebab lengah, oetawa sebab tiada toeroet bagimana soerat peratoeran besar dan ketjil, oetawa

peratoeran policie, maka dia di hoekoem herdja paksa tiada dengan rante dan liga boelan sampe doeiva lalw», dan di denda dari donva poeloeh Uma sampe liga raloes roepiali.

"FATSAL 238. Djikaloe tjoema bikin ioeka oetawa poe-koel sadja sebab koerang bisanja, oetawa koerang tje-petnja, oetawa koerang ati-atinja, oetawa sebab tiada toeroet bagimana soerat peratoeran besar dan ketjil,

oe-tawa peratoeran policie, maka hoekoemannja herdja pe-kerdjamt negn dengan dapel makan tetapi tiada dengan hajaran dan anem hari sampe doeiMi boelan.

Djikaloe orang jang di poekoel itoe tiada djadi sakit, oetawa tiada sampe tiada bisa kerdja, dan tiada dapet loeka, oetawa dapet loeka jang enteng sekali, maka hoekoemannja loeloep lama-lamanja Itga hari oetawa den-da banjak-banjaknja doewa poeloeh lima roepiah.

No.

2.

Perkara kcdjahalan jang boleh di kasih ampoen, dan perkara kedjahat an tiada boleh di kasih ampoen.

FATSAL 239. Perkara poekoel mati dan bikin loeka dan poekoel boleh di ampoeni, djikaloe ada sebabnja orang di poekoel oetawa di aniaja kras lebih doeloe dalem waktoe itoe djoega.

FATSAL 240. Adapoen kedjahatan-kedjahatan jang tersebiet di dalem tatsal 239 itoe boleh di ampoeni djoega, djikaloe di boewat waktoe siang koetika me-negahken orang jang naik masoek, oetawa jang bikin pitjah barang-barang jang terkoentji, oetawa tembok-tembok oetawa pintoenja roemab jang di tempati orang, oetawa soewatoe bagiaunja jang di tempati orang, oeta-wa pekaranganja itoe salah satoe..

FATSAL 241. Maka pemboenoehan bapa selamanja tiada boleh di kasih am poen.

FATSAL 242. Djikaloe soewatoe laki poekoel mati bininja, oetawa djikaloe soewatoe bini poekoel mati la-kinja, maka itoe tiada boleh di kasih ampoen; melain-ken djikaloe jang poekoel mati: itoe .pajak- dirijaja sen-diri waktoe dia boewat kedjahatan itoe.

Tetapi pemoekoelan mati itoe boleh di ampoeni di da-lem perkara soekaän jang terseboet di dada-lemiatsal 254, djikaloe soewatoe laki poekoel bininja oetawa soeka-annja, waktoenja dia dapet taoe dia orang soekaän.

FATSAL 243. Adapoen kedjahatan kebiri orang laki-laki boleh di ampoeni djikaloe dalem waktoe itoe dia soekai soewatoe orang perampoewan dengan paksa le-bih doeloe.

FATSAL 244. Djikaloe trang ada sebab jang boleh ampoeni, maka hoekoemannja di koerangi bagimana beda-bedanja di bawah ini:

djikaloe perkara kedjahatan jang misti di kenaken hoekoeman salah satoe jang terseboet di dalem fatsal 5, no. 1, 2 dan 3, maka hoekoeman itoe di koerangi

96

dengan kerdja paksa dada dengan tante dari saloe sampe lima lakon:

djikaloe perkara lain kedjaliatan jang misti di kena-ken hoekoeman jang terseboet di dalem fatsal 5, no, 4, maka hoekoeman ini di koerangi dengan kerdja paksa, tiada dengan vante dari anem boelait sampe doewa lakon;

dan di dalem lain-lain perkara makan hoekoemannja di koerangi dengan kerdja paksa liada dengan ranle dari anem hari sampe anem boelan.

N o 3 .

Perkara poekoel mati, dan bekaken, dan poekoel jang tiada boleh di hoehocm.

FATSAL 245. Perkara poekoel mati dan bikin loeka dan poekoel jang di prentahken di dalem peratoeran jang oemoem *), dan di prentahken oleh pamarentahan

jang oemoem, maka itoe tiada boleh di hoekoem.

FATSAL 240. Siapa jang poekoel mati, dan bikin loeka, dan "memoekoel, maka dia tiada boleh di hoekoem djikaloe waktoe dia boewat itoe dia terpaksa misti

toe-loeng dirinja melawan oetawa toeloen-;- lain orang me-lawan.

FATSAL 247. Jang di namaken terpaksa toeloeug diri sendiri oetawa toeloeng lain orang, ja-itoe ada doewa perkara bagiiiiana di bawah ini :

1. djikaloe dräng memoekoel mati, oetawa bikin loeka, oetawa poekoel waktoe meiern koetika menegahken orang" naik masoek, oetawa pitjahken barang-barang jang terkoentji, oetawa. tembok, oetawa phitoenja

*) oepfioem ^ duri negrl.

roemali jang di tempati orang, oetawa sebagiannja jang di tempati orang, oetawa pekarangannja itoe salah satoe;

2. djikaloe orang boewat perkara itoe koetika melawan pada orang-orang jang mentjoeri, oetawa merampas dengan paksa.

BAGIAN JANG KAÄMPAT.

Perkara meroesakken kelakoean jang baik.

FATSAL 248. Siapa jang salak soekaän di mata-mata orang, maka di koekoem kerdja pekerdjaän negri dengan dapel makan Idapi dada dengan hajaran dari anem hari sampe tiga boelan.

FATSAL 249. Siapa jang salah soekai orang dengan paksa, oetawa tjoba soekai orang dengan paksa, oetawa boewat lain karoesakkannja kelakoewan jang baik dari orang laki oetawa perampoewan, maka dia di hoekoem paksa paksa dengan route dari lima sampe sepoeloeh lahon.

FATSAL 250. Djikaloe orang "soekai dengan paksa satoe anak jang oemoernja koerang dari limablas talion, maka dia di hoekoem kerdja paksa dengan rante dari lima sampe limablas lahon.

FATSAI. 251. Maka hoekoemannja itoe kerdja paksa dengan rante dari lima sampe doewa poeloeh lahon, djika-loe jang salah itoe pegang koewasa alas orang jang di bikin roesak itoe, oetawa djikaloe jang salah itoe djadi goeroenja, oetawa djadi kawannja jang dapet bajaran, oetawa djikaloe jang salah itoe djadi priaji jang

oe-Boekoe kaädilan. 7

98

moeni*), oetawa djadi pandita oetawa padri, oetawa dji-kaloe jang salah itoe kendati siapa djoega di toeloeng orang satoe oetawa lebih di dalem kedjahatannja itoe.

FATSAL 252. Siapa jang langgar kelakoean jang baik sebab kerdjanja adjak, oetawa toeloeng, oetawa bikin gampang anak moeda ampoenja tingkah persoen-delan oetawa kelakoean jang tiada senoenoe, baik orang laki-laki oetawa orang perampoean, jang oemoer-nja di bawah doewa poeloeh satoe tabon djikaloe bang-sa Olanda, dan jang oemoernja di bawah delapanblas tahon, djikaloe bangsa Djawa oetawa bangsa seorang, maka dia di hoekoem kerdja paksa tiada dengan rante dari anem boelttn sampo doewa tahan, dan di denda dari doewa poeloeh lima sampe doewa ratocs lima poeloeh roepiah.

Bapa, iboe, oetawa voogd oetawa wali, oetawa lain-lain orang jang misti djaga anak-anak moeda ini dji-kaloe dia orang boewat kedjahatan itoe, maka dia orang di hoekoem kerdja paksa tiada dengan rante dari doewa sampe lima tahon, dan di denda dari seraloes lima poe-loeh sampe lima r aloes roepiah. .

FATSAL 253. Siapa jang salah bikin kedjahatan jang terseboet didalem fatsal 252 di hoekoem tiada boleh djadi wali oetawa kurator; maka djikaloe orang-orang jang terseboet di dalem alinea jang pertama dari fatsal itoe' lamanja doewa sampe lima tahon, dan djikaloe orang-orang jang terseboet di dalem alinea jang kadoewa, lamanja sepoeloeh sampe doewa poeloeh tahon.

Djikaloe bapa oetawa iboe jang bikin kesalahan itoe, maka selainnja hoekoeman itoe dia di tjaboet dari koe-wasanja atas anak itoe, dan tiada bokh Irima

kaoen-*) oemoem à dari negri.

toengfin dari barang-barar.gnja anak itoe jang doeloenja dia koewasa oetawa trima, menoeroet bagimana hoe-koem adat kabiasaän.

FATSAL 25'4. Djikaloe satoe bini salah gendakan, di hoekoem kerdja pekerdjaän negri dengan dapet makan te-tapi tiada dengan hajaran dari anem hari sampe tiga boelan.

Maka lakinja boleh brentiken djalannja hoekoeman itoe, djikaloe dia ambil kombali bininja itoe dengan soekanja sendiri.

Djikaloe orang gendakan maoe di bikin perkara, ma-ka laki oetawa bini jang di bikin maloe misti mendakwa.

FATSAL 255. Orang laki-laki jang soekai bini itoe di hoekoem fcerdja pekerdjaän negri dengan dapet makan tetapi tiada dengan hajaran sama djoega lamanja.

Jang boleh djadi ketrangan orang gei dakan sama laki oetawa bininja orang, ja-itoe djikaloe kedapetan tempo-nja gendakan, dan boenitempo-nja soerat-soerat jang di toelis oleh orang jang di dakwa itoe.

FATSAL 256. Satoe laki jang misti toeroet bagimana prentahnja gelaran jang kaämpat dari boekoe jang per-tama dari Boekoe hoekoeman jang bernama Burgerlijk

Wetboek voor Ncderlandsch lndië, djikaloe dia piara goen-dik di dalem roemah jang di tempati laki itoe dengan bininja kawin, dan djikaloe bininja itoe masoeken dak-wa dan ada ketrangannja, maka laki itoe di denda dari lima pocloch sampe serihoc roepiah.

FATSAL 257, .Siapa jang soedah kawin jang misti toeroet bagimana prentahnja gelaran jang kaämpat dari boekoe jang pertama dari Boekoe hoekoem bernama Burgerlijk Welhoek, djikaloe dia kawin lagisabelomnja

100

bertjere, maka dia di hoekoem kerdja paksa dengan rante dari lima sampo limablas tahon.

Priaji jang oemoem*) jang taoe orang laki bini belom bertjere, djikaloe dia kasih kawin lagi orang itoe, priaji itoe di hoekoem sama djoega seperti orang itoe.

BAGIAN JANG KALIMA.

Tangkep orang tiada dengan sah f) dan lahan orang tiada dengan sah.

FATSAL 258. Siapa jang tangkep oetawa tahan orang tiada dengan prentahnja priaji jang koewasa, dan tiada dengan sebab jang terseboet di dalem peratoeran jang oemoem, maka dia di hoekoem kerdja paksa dengan rante dari lima sampe limablas tahon.

Siapa jang kasih tempat boewat tahan oetawa toe-toep orang itoe, maka dia di hoekoem sama djoega se-perti jang terseboet di atas.

FATSAL 259. Djikaloe orang itoe di tahan oetawa di toetoep lebih dari satoe boelan lamanja maka hoekoe-mannja kerdja paksa dengan rante dari lima sampe doewa

FATSAL 259. Djikaloe orang itoe di tahan oetawa di toetoep lebih dari satoe boelan lamanja maka hoekoe-mannja kerdja paksa dengan rante dari lima sampe doewa

In document STRAFRECHT VOOR (pagina 100-166)