• No results found

DECEMBER 1892 ATAS BANGSA ORANG EUROPA DAN PENDOEDOEK EUROPA (NEDERL

STBLD. No 2(18) JUNCTO (BERHOEBOENG) DENGAN WET TANGGAL 8 JULI

1907 (NEDERL. STBLD.

No 177. )(*)

Fatsat 1. Jang di seboetken bangsa Europa dari pada hari lachirnja ijaitoe:

a Anak halal, (anak kawin) dihalalken atau diakoe oleh ajahnja, jang telah mempoenjai hak bangsa Europa sa-belonnja anak itoe di lachir.

b Anak halal dari saorang Europa jang ajahnja mening-gal doenia didalem tiga ratoes hari sabelon anak itoe dilachir.

c Anak halal jang tjoema diakoe oleh emahnja jang soedah mempoenjai hak bangsa Europa, tatkala anak itoe di lachir.

d Anak jang dilachir dalem negri Europa maski tiada diakoe oleh emahnja dan ajahnja.

Fatsal 2. Djoega di kataken bangsa Europa ijaitoe:

I Anaknja saorang pendoedoek negri Europa, jang iboe-nja ada tinggal didalem negri, maski iboe dan ajahiboe-nja itoe masoek bilangan menoeroet fatsal 1, salainnja dji-kaloe ada ternjata jang anak itoe ada masoek hitoengan sebagi orang asing dari lain negri.

II Anak jang terlantar dalem negri, djikaloe tiada ketahoean bahoewa anak itoe apa atsalnja atau telah soeda 'di-akoe atau dihalalken.

Fatsal 3. Kabangsaän Europa, terdapet lantaran perla-koean Wet, dimana ada dibrihken idzin aken memaké hak bangsa Europa.

Aken masing2 pembrian hak itoe, maka misti dibajar pada 's lands kas, seratoes roepia.

Pada soerat permoehoenan aken dibriken hak bangsa Eu-ropa maka ketrangan dari pembajaran itoe misti dilampirken

(*) Batja fatsal 6 dari Grondwet tahon 1887.

1 Jang bermoehoen itoe telah sampé oemoer menoeroet Wet bangsa Europa.

2 Bahoewa ia telah hilang kebangsaän Europa, atau ij a selamanja lima taon jang palingblakang berdiam dilain negri.

Djikaloe jang bermoehoen itoe atsalnja dari laen negri, maka boleh diminta padanja satoe ketrangan, bahoewa oendang2 dari negrinja tiada ada halangan atas permoe-hoenannja itoe.

Djikaloe itoe permoehoenan (naturalisatie) di tolak, (tiada ditrima) maka oewangnja jang telah di bajar itoe ( ƒ 100) nanti di poelangken.

Fatsal3a [Di hoeboeng pada Wet tanggal 8 Juli 1907 (Ned. Stbld. 177)].

Djoemblah oewang jang terseboet di fatsal atas, tiada djadi tanggoengannja aken naturalisatie, boeat masing3

jang telah hilang kabangsaännja (Europa) menoeroet fatsal 7, 5°, Jang bermoehoen itoe boleh melampirken ketrangan pada soerat permoehoenannja itoe, bahoewa ia dahoeloe ada atsal dari bangsa Europa.

Atoeran dibagian pertama tiada berlakoe boeat siapa jang satoe kali telah dibriken naturalisatie prodeo (per-tjoema), djoega tiada aken siapa jang telah hilang ke-bangsa'annja (Europa), dan telah membri kenjata'an, lan-taran ija sebagi orang Europa telah hilang kabangsa'annja.

Fatsal 4. Djoega boleh dibriken naturalisatie lan-taran kaperloeannja negri. Maka aken itoe tiada diper-goenaken fatsal 3.—

Wet jang membri naturalisatie itoe ada moeat per-atoeran jang berhoeboeng dengan naturalisatie terseboet.

Fatsal 5. Sewatoe istri menoeroet kabangsa'an dari soeaminja.

Permoehoenan aken naturalisatie tiada boleh dibikin oleh saorang istri jang terkawin.

Naturalisatie jang dibriken pada saorang laki, maka berlakoe djoega aken istrinja.

Sasoedahnja bertjeréh dari kawinan, maka berlakoelah fatsal 8 atau fatsal 9,—

— 19—

Fatsal 6. Anak jang halal atau jang di halalken dari saorang (bapanja) jang dibrihken hak naturalisatie, jang dilachir sabelon bapanja itoe dibriken idzin, begitoe djoega saorang anak jang diakoe oleh bapanja, jang di-lachir sabelon bapanja itoe dibrihken hak naturalisatie, maka dipandang sebagi djoega telah mendapet hak bangsa bapanja itoe, dan tinggal mamégang kabangsaän Europa, djikaloe di dalem satoe taon sasoedahnja ija di lachir dibri taoe pada pamarentah tempat kadiamannja bahoea ija tiada hendak mamegang lebih lama lagi ka-bangsaännja (naturalisatie) itoe.

Fatsal 7 Kabangsaän Europa mendjadi hilang:

1 Sebab naturalisatie di lain negri atau aken siapa jang belon sampe oemoer lantaran menoeroet kabangsaän asing aken naturalisatie bapanja atau iboenja, menoeroet, fatsal 1.

2 Lantaran kawinannja saorang prampoean Europa atau dari sebab kawinannja mendjadi orang asing menoeroet fatsal B.

3 Lantaran mendapet adat dan istiadat orang asing, menoeroet kahendaknja sendiri;

4 Lantaran masoek djadi soldadoe atau pakerdjaän negri di negri asing tiada dengan idzinnja dari pamarentah negrinja sendiri.

5 Sebab bakerdja pada negri, tinggal di loear negri (asing) lamanja sapoeloe tahon beroentoen, katjoewali marika itoe sabelonnja liwat itoe tempo, telah membri taoe pada kepala atau pamarentah negri ditempat ka-diamannja, bahoewa ija hendak tinggal tetap mamégang kabangsaän Europa.

Dari pada hari jang ditrima pembrian taoe terseboet, maka temponja sapoeloe tahon itoe moelai poela terhitoeng dari awalnja.

Aken siapa jang belon sampé oemoer, maka temponja sapoeloe taon itoe, moelai terhitoeng dari pada waktoe marika itoe sampé oemoer,

Fatsal 8. Saorang prampoean jang telah linjap kabang-saännja Europa, lantaran kawin, boleh mendapet kombali haknja itoe djlkaloe ija telah bertjeré, asal sadja ija didalem satoe taon, terhitoeng dari pada hari tjerénja itoe, membri taoe kahendaknja pada kepala negri ditempat kadiamannja, jang ija masi soeka mamégang tetap kabangsaänja

Europa-Fatsal 9. Saorang prampoean jang mendapet hakkabang-saän Europa lantaran kawin, boleh mamégang teroes haknja itoe, maski ija telah bertjeré katjoewal: ija membri taoe dida-lem satoe taon, terhitoeng dari hari tjerénja itoe, pada pem-besar atau kepala negri ditempat kadiamannja, bahoewa ija tiada hendak mamégang teroes hak kabangsaän Europa itoe.

Fatsal 10. Anak saorang Europa jang terlachir sabelon bapanja itoe mendapet hak aken kabangsaän Europa dan lantaran itoe, poen hilang hak jang terseboet Itoe, boleh mendapet kembali hak kabangsaän Europa, djikaloe ija telah sampé oemoer dan didalem satoe taon membri taoe pada pembesar atau pamarentah negri di tempat kadia-mannja, bahoewa ia hendak mamégang kombali kabangsaän Europa.

Demikian djoega aken anak djikaloe iboenja telah djadi djanda dan telah mamégang kabangsaän asing.

Fatsal 11. Di dalem satoe taon satoe kali Minister Justitie nanti membri taoe dalem soerat kabar negri, prihal pem-brian taoe terseboet, jang menoeroet wet ini telah diboeat dilaen negri.

Fatsal 12. Siapa djoega jang menoeroet ini wet tiada mempoenjai hak kabangsaän Europa, diseboet bangsa asing.

Fatsal 13. Pendoedoek negri, ijaitoe diseboet siapa jang mempoenjai tempat kadiaman didalem negri dan lebi dahoeloe ada berdiam diloear negri (asing) lamanja 18 boelan.

Fatsal 14. Jang tiada diseboet lagi pendoedoek negri, ijaitoe siapa djoega jang tiada berdiam lagi didalem negrinja.

—21

Fatsal 15. Anak jang belon sampé oemoer, menoeroet bangsa Europa, jang ajahnja atau achliwarisnja ada saorang pendoedoek negri, dianggep djocga aken mempoenjai hak itoe.

Djikaloe kamoedian ija djadi sampé oemoer, maka ija di-pandang seperti pendoedoek negri, djikaloe tempat ka-diamannja ada didalem negri.

Atoeran- tentang pendoedoek negri, terseboet di dalem Wet jang teristimewa tjoema bergoena aken segala hal jang terseboet dalem Wet~ itoe.

No. 16. KATETAPAN AKEN SATOE TOELADAN GOENANJA KEPALA NEGRI DI HINDIA NEDERLAND, BOEAT MELAKOEKEN

FATSAL- 6, 7 SUB 5°; 8,9 DAN 10 DARI WET ATAS ORANG BANGSA EUROPA DAN

PEN-DOEDOEK NEGRI EUROPA.

(Nederlandsch Staatsblad 1892 No. 2(i8) Firmannja Sri Padoeka jang di Pertoean

Besar di Hindia Nederland.

Tanggal 3 Augustus 1894 No. 8.

Stbl. 181)4. Terbatja dan lain lainnja:

No 166. Terdengar Raad dari Hindia Nederland.

Ditrima perbaik.

Pertama. Menetapken toeladan (pengadjaran) jang ada ter-lampir dengan besluit ini, goenanja kepala2 negri di Hindia Ne-derland, boeat melakoeken fatsal- 6,7 sub 5° 8,9 dan 10 dari Wet atas bangsa Europa dan pendoedoek negri Europa (Nederl.

Staatsblad 1892 no 2G8) Kadoza dan laen-laennja.

Aken parentahnja Sri Padoeka jang di Pertoean Besar

di Hindia Nederland Algemeene Secretaris

SWEERTS.

Di brihken pada tanggal 9 Augustus 1894.

Algemeene Secretaris SWEERTS.

No. 17. P A R I N T A H A N B O E A T KEPALA KEPALA N E G R I DI HINDIA N E D E R L A N D

AKEN M E L A K O E K E N FATSAL 6, 7, sub 5°, 8, S) DAN 19 DARI

W E T ATAS BANGSA

EU-ROPA DAN P E N D O E D O E K N E G R I EUEU-ROPA.

( Nederlandsch Staatsblad 1892 No 268).

I Kepala negri (Resident) jang trima soerat pembrian taoe bagimana terseboet di fatsal 6, 7 sub 6°, <S, 9 dan K) dari Wet atas bangsa Europa dan pendcedoek Europa (Nederlandsch Staatsblad 1892 No. 268) misti membri soerat ketrangan jang dibikin toeroet tjonto model A. jang berikoet ini.

II Djlkaloe jang mengirim soerat pembrian tiaoe itoe berdiam diloear bilangan Hindia Nederland, maka soerat ketrangan itoe, sasoedah di pertandahken tangan oleh kepala negri (Resident) dengan pertoeloengannja Directeur Justitie dikirim pada Sri Padoeka jang di Pertoean Besar.

III Djikaloe pembrian taoe itoe dibikin dengan moeloet (berhadep sendiri) maka prihal itoe dibikin satoe verklaring (ketrangan) menoeroet model B. jang ada berikoet dengan besluit terseboet serta satoe salinan dari ketrangan Itoe dibrken pada jang membri taoe.

IV Dari sekalian pembrian taoe jang ditrima, baik dengan soerat atau dengan moeloet, kepala negri kasi masoek didalem boekoe (register) jang memang tersedia, menoeroet model C. jang berikoet ini.

V Prihal kasi masoek boekoe, lantas misti dilakoeken, djlkaloe ada ditrima pembrian taoe dengan soerat atau dengan moeloet.

VI Soerat3 ketrangan prihal pembrian taoe dengan soerat, demikian djoega dengan moeloet, diatoer menoeroet tanggalnja dan disimpan.

VII Boekoe (Register) terseboet tiap2 taon misti ditoetoep, Didalem tiga boelan jang pertama dari taon jang baroe (eerste

— 23 —

kwartaal) maka dibikin salinan dari boekoe register itoe dan di kirim pada Sri Padoeka jang di Pertoean Besar dengan pertoe-loengannja Directeur Justitie. Djikaloe didalem satahon jang telah linjap tiada ada sewatoe pembrian taoe jang masoek di boekoe, maka misti dikirim pada Pamarentah satoe staat kosong (nihil).

Termasoek pada fatsal 1 dari firmannja Sri Padoeka jang di Pertoean Besar Gouverneur Generaal di Hindia Nederland tanggal 3 Augustus 1894 No. 8 (Stbld. No. 166.)

Algemeene Secretaris SWEERTS.

Model A.

Jang bertanda tangan di bawah ini mengakoe soedah trima ini hari, tanggal satoe soerat pembrian taoe

bertanggal (') dari (-) ; bahoea ija (8)

Kepala negri (tanda tangan)

D. B. Ketrangan di atas, tjoema menjataken hal pembrian taoe dan (boekan) djoega prihal hak kabangsaän dari jang bermoehoen.

(') Tempat kadiaman dan tanggalnja soerat pembrian taoe.

(2) Nama atsal dan nama ketjil dari jang membri taoe menoeroet bagimana di seboetken di soerat pembrian taoenja.

(:i) Aken di isihken tatkala ada orang jang membri taoe.

MENOEROET FATSAL 6 DARI WET:

Tiada soeka mamégang lebih lama lagi hak bangsa orang ne-gri Europa jang telah dibrihken pada bapanja (iboenja).

MENOEROET FATSAL 7 SUB 5° DARI WET:

Hendak tinggal tetap dengan hak bangsa Europa.

MENOEROET FATSAL 8.

Hendak mamégang (mempoenjai) poela hak bangsa Europa telah linjap (lantaran a) nikahannja.

(a) Djikaloe slamanja ija djadi berlaki istri, lakinja itoe me-noekar hak kabangsaän lantaran mana istrinja hilanglah kebangsa'an Europa.

MENOEROET FATSAL 9.

Tiada soeka memaké lagi lebi lama hak bangsa Europa lantaran (a) nikahannja.

MENOEROET FATSAL 10.

Hendak mendapet poela hak bangsa Europa, jang telah di briken pada iboe (bapanja), kamoedian soedah hilang kombali.

Model B.

Jang bertanda tangan di bawah ini mengakoe soeda trima di tanggal darii2^ii_

njonja

beroemah di(l) soedah membri taoe padanja dengan moeloet bahoewa ija (2)

Jang membri taoe (tanda tangan) (15)

Kepada negri (Resident) (tanda tangan)

N. B. Ketrangan di atas, tjoema menjataken hal pembrian taoe dan (boekan) djoega prihal hak kabangsaän dari jang bermoehoen.

(1) Disini tiada boleh diloepoetken bahoewa tempat kadia-mannja jang paling blakang, jang mana ada melanggar aken fatsal (i,

7 sub 5°, 8 dan 9 dari Wet, demikian djoega aken tempat dima-na masi didiami.

Pada fatsal itoe maka tiada di pandang sebagi barang sakoeto masi sadja berdiam di loear Hindia Nederland.

— 25

-(2) Aken di isihken tatkala ada orang jang merribri taoe.

03) Djikaloe barang sakoeto itoe (jang membri taoe) tiada bisa toelis, atau ada lain lantaran jang ija moengkir aken taro tanda tangannja, maka misti di kasi taoe dengan terang hal demikian itoe pada soerat verklaringnja.

Model C.

Boekoe Register dari pembrian taoe, menoeroet firmannja Gouvernement tanggal 3 Augustus 1894 No. 8 (Staatsblad No. 166) aken melakoeken tarsal- (i, 7 sub 5°, 8, 9 dan 10 dari Wet atas bangsa Europa dan pendoedoek Europa (Nederlandsch Staatsblad 1892 No. 268) tersimpan di

Nama.

terlachir

Tempat

c 3

EH H3

U) C

15 E

E-_TO ' 5 * :TO c _TO

•u'

UH

TO CD

CU Tanggal soerat pembrian taoe Tanggal trimanja pera- biran taoe dengan soe- ratatau dengan moeloet Isinja soerat pembrian taoe

Per ingetan

No. 18

Pencljoeroean

dari hal perijiiakan-pertjiiakan.

Parintahan atas pertjitakan di Hindia Nederland dilakoeken menoeroet Reglement aken barang- tjitakan.

Fatsal 1-2-3-4-5-6-7-8-9-10-15-16-17-18-20 dan 2<s telah diba-talken serta djoega bagian-bagiannja.

Stbld. 1856 , , , , . , , . , . . . ,

No. 74 di robaii Fatsal 11 Masing- misti menanggoeng apa jang dia toelis atau padastbid. i906tjitak serta apa jang di kaloewarken, di djoewalatau di oewarken

o. 70. olehnfa. maski dimana tempat djoega barang tjitakan itoe di

Firmannja Sn J r J a ° J

Baginda. pcrboeatuja.

i9 Maart No.24 giapa jang djoeal, atau kaloewarken atau mengoewarken misti menanggoeng atas kesalahannja itoe, sabegitoe lama ija belon bisa kasi ketrangan siapa jang telah perboeat itoe barang tjitakan.

Jang menjitak misti menanggoeng sabegitoe lama, sabelon ija bisa toendjoek penoelisnja dari barang jang ditjitak itoe.

Pertoendjoekan saorang pengarang atau penoelis atau jang me-njitak jang tiada boleh ditoentoet dihadepan pengadilan di Hindia Nederland, maka jang terdakwa pertama tiada dilepasken dari pendakwaännja itoe.

Fatsal 12 Saben3 soerat tjitakan misti di terangkeri namanja dan tempat tinggalnja jang menjitak dan jang mengloearken.

Jang mengoewarken sewatoe barang tjitakan jang tiada menoeroet bagimana parentah Reglement ini dihoekoem denda dari ƒ 10 sampé ƒ 100.

Fatsal 13 Masing- soerat tjitakan jang tertjitak dibilangan Hindia Nederland, begitoepoen jang ditjitak diloewar bilangan Hinda Nederland, serta disiarken dibilangan Hindia Nederland, maka jang menjitak atau jang mengloewarken wadjib kirim satoe lembar (exemplaar) dari pertjitakan itoe pada pamarentah negri dimana tjitakan itoe dioewarken ijaitoe dalem 24 djam dari oewarannja pertjitakan itoe.

Siapa jang melanggar ini atoeran, maka ija dihoekoem denda dari ƒ K) sampe ƒ 100.

Fatsal 14 Soerat- kabar, jang diterbitken saban hari atau

— 27 —

satoe kali dalem satoe minggoe dan laen- soerat tjitakan jang tentoe terbitnja, diseboetken tijdschrift

Fatsal 19 Djikaloe ada sewatoe toelisan djawaban jang di pertandahken tangan, atas sewatoe karangan di soerat kabar, maka djawaban itoe misti dimoeat dalem soerat kabar jang terbit di esokan harinja dan pada soerat kabar jang ada karangan tentang itoe djawaban serta itoe djawaban misti dimoeat prodeo (tiada dengan bajaran) dan kaloe itoe djawaban ada lebi pandjang ka-rangannja dari karangan jang pertama, maka aken kalebihannja itoe boleh dimintaken oewang bajaran lebih doeloe.

jang pertandahken tangan itoe djawaban misti menanggoeng atas isihnja soerat itoe.

Diikaloe itoe djawaban tiada maoe di moeat, katjoewali djika boleh dimintaken bajaran, maka ija dihoekoem denda dari ƒ 50 sampe f 500 dengan toetoep boei, dari (i hari sampè 3 boelan.

Fatsal 21 Siapa jang bersalah atau melanggar atoeran, sebab ija menontoni, mendjoeal atau oewarken barang pertjitakan, maka ija dihoekoem djoega menoeroet hoekoeman jang telah ditetapken di Hindia Nederland atas kasalahanja atau pelanggarannja itoe.

Maka hal perboeatan kasalahan atau pelanggaran dengan soerat pertjitakan boleh dipandang oleh hakim aken sewatoe sebab jang memberatken hoekoemannja serta hakim ada koewasa membri hoekoeman berat hingga sapertiga lebi berat dari apa jang telah di tentoeken.

Fatsal 22 Penipoean lantaran mendjoewal, tontonin atau oewarken barang tjitakan, aken berboeat kasalahan atau pelanggaran maka ija dihoekoem seperti tjampoer dalem itoe perkara kedja-hatan atau pelanggaran.

Djikaloe itoe tipoean tiada kedjadian kadjahatan atau pelang-garan, maka ija dihoekoem pendjara dari 3 boelan sampe 1 tahon dan denda dari ƒ 25 sampe ƒ 500, masing-masing berlaenan atau sama sekali.

Katjoewali djikaloe aken kedjahatan atau pelanggaran itoe ada terantjem hoekoeman jang lebi enteng maka hoekoeman inilah jang dibriken.

Fatsal 23 Siapa lantaran menontonin, atau mendjoeal, atau me-ngoewarken soerat tjitakan, menghinaken kamoeliaännja dan

koe-wasannja Martabat Radja, atau kaoemnja karadjaän atau siapa dengan ini perboeatan menistaken atau menfitenaken kaoem ke-radjaän, maka ijalah dihoekoem pendjara dari doea sampé lima taon.

Begitoepoen penjela'an, ajib atau fitnah pada satoe anggotanja kaoem keradjaän dihoekoem dengan pendjara dari satoe sampé tiga taon.

Siapa jang menjerang atas kamoeliaännja atau kakoewasahannja Wakil Mahradja di Hindia Nederland, djoega dihoekoem sebagi ter-seboet diatas ini; demikian djoega kaloe memboeat nista, hina atau fitnah pada Wakil Radja itoe.

Fatsal 24. Siapa jang lantaran berboeat tontonnan, mendjoe.

al atau mengoewarken soerat tjitakan telah menjerang kakoewa-tan Wet, atau parintahan dalem oendang-oendang atau kahorma-tannja Wet, atau membri pengadjaran aken djangan toeroet pa-rintahnja Wet, atau diadjar aken berboeat apa jang terlarang oleh hoekoem, ija dihoekoem pendjara dari anem boelan sampé tiga taon.

Djoega hoekoeman itoe digoenaken pada siapa jang membri adjaran pada orang aken menghinaken dan bentjiken parintahan di Negri Ollanda atau di djadjahannja diloear benoea Europa.

Fatsal 25. Dibri hoekoem dari satoe boelan sampé satoe taon dan denda kari f K).—sampé f 100.— ( sama sekali atau masing-masing ) pada siapa jang menista, menghina atau menfitnah amb-tenaar-ambtenaar jang berkoewasa, madjelis-madjelis jang berkoe-wasa, jang terdiri lebi dari satoe orang, maski tiada diseboet sia-pa orangnja dan tiada diferdloeken asia-pa itoe ambtenaar atau raa-djells ada di Ollanda atau didjadjahannja jang laen.

Djoega ini hoekoeman didjatoken pada siapa jang menghina' menfitnah Radja-Radja atau kepala-kepala Pamarintah Negri Asing begitoepoen agent-agentnja.

Penoentoetan lantaran kadjahatan terseboet tjoema dilandjoet-ken atas pendakwaännja jang dihinadilandjoet-ken itoe.

Fatsal 26. Dihoekoem pendjara dari satoe boelan sampé sa-toe taon, dan denda dari f f H).— sampé f 500.— ( sama sekali atau masing-masing) siapa jang tontonken, djoeal atau oewarken soerat tjitakan jang menerbitken kabentjihan dan kadengkihan

— 29 —

antara bebrapa bangsa dalem negri dan pada siapa dengan djalan sebagi tadi telah menjiarken dengan sangadja, atau poengoet dari laen-laen tempat kabar kabar palsoe, soerat-soerat palsoe atau bo-hong jang dipersalahken pada laen orang.

Djikaloe itoe penjiaran atau dipoengoet, boekan kedjadian de-ngan sengadja, maka jang tersalah itoe, dlhoekoem denda dari

f 10.—sampé f 100.— sebab ka'alpa'annja.

Fatsal 27. Dihoekoem pendjara dari satoe boelan sampé anem boelan dan denda dari f 25.—sampé f 500.—, ( sama sekali atau masing-masing ) siapa jang mengloewarken, menontonken atau djoeal dan siarken soerat-soerat tjitakan jang dititah aken taro beslag; beslag jang mana belon ditjaboet ( batalken ) oleh vonnis-nja hakim.

Fatsal 29. Aken minta oewang oeroenan atau minta bantoe-annja orang banjak boeat membaijar denda atau ongkost perka-ranja jang ija dihoekoem lantaran kadjahatan atau pelanggaran jang diperboeatken dengan soerat-soerat tjitakan ada dilarangken.

Siapa jang melanggar larangan ini, dihoekoem pendjara dari satoe boelan sampé satoe taon dan didenda poela dari f K)—, sampé f 500,— (sama sekali atau masing-masing berlaenan ).

Fatsal 30. Pada siapa jang mengoelangken kadjahatan atau pelanggaran terseboet, lantaran mana ija soeda taoe dihoekoem, maka hakim ada berkoewasa membri hoekoeman padanja saper-tiga lebi berat dari jang paling tinggi, serta boleh melarang men-djalani pakerdjaännja aken satoe tempo, tetapi tiada lebi lama dari lima taon.

Fatsal 31. Masing-masing perkara jang terdjadi lantaran Reg-lement ini, misti dipreksa oleh pengadilan Raad van Justitie.

Ini perkara dimoelaken dengan merampas atau taro beslag atas soerat-soerat tjitakan jang diadoeken pada hakim itoe.

Tentang rampasan atau beslag barang-barang' itoe, tiap-tiap kali misti dimâloemken didalem soerat-soerat kabar.

Didalem hal pelanggaran boleh dibikin papreksaän lebi doeloe atas permintaännja toean fiskaal.

Fatsal 32 Djikaloe satoe perkara soeda liwat satoe taon, dari pada waktoe perboeatannja itoe, bagimana telah ditetapken

hoe-koeman dalem ini Reglement, maka perkara itoe dikataken VER-JAARD, tiada boleh ditoentoet lebi djaoe lagi.

Djikaloe satoe perkara soeda moelai dipreksa, maka dikataken v e r j a a r d , kaloe soeda liwat doea taon dari tanggal moela pa-preksaän itoe; serta vonnis ( poetoesan ) dikataken v e r j a a r d , ka-loe soeda liwat lima taon dari pada tanggal vonnis itoe dikoewatken.

Fatsal 33. Jang diseboetken soerat-soerat tjitakan, menoeroet katanja ini Reglement itoelah barang-barang dagangan dengan cii-tjitak, serta tiap-tiap orang siarken soerat pertjitakan pada laen orang, maskipoen tiada dengan baijaran, asal orang perboeat itoe dengan niatan aken menjiarken soerat-soerat itoe.

Peratoeran ini tiada dilakoeken boeat soerat-soerat tjitakan jang di kaloewarken oleh negri.

Fatsal 34. Antara menjiarken soerat-soerat tjitakan, maka di-seboetken didalem ini Reglement ijaitoe tiap-tiao perboeatan per-dagangan dengan itoe soerat-soerat, maski tiada dengan baijaran ( pertjoema ) dibriken pada laen orang boeat disiarken.

Fatsal 35. Semoea parintahan di Hindia Nederland tentang jang terseboet dalem ini Reglement telah dibatalken dan tiada dilakoeken lagi. . .

Fatsal 7 Borgtocht-borgtocht, jang telah ditetapken pada ini Stbld.1906Realement telah dibatalken ( hapoesken ) dan oeang jang soeda No. 270. tersimpen pada 'sLands kas, didalem anem boelan sasoedahnja ini poetoesan (besluit) dilakoeken, dibri poelang poela pada ma-sing-masing jang poenja.

Fatsal 8. Penoentoetan atau laen-laen atoeran, jang lantaran adanja fatsal 1 dari ini besluit, telah dltjaboet dan dihapoesken pada waktoe besluit ini dilakoeken.

Fatsal 9. Ini besluit moelai dilakoeken pada hari jang dibri

Fatsal 9. Ini besluit moelai dilakoeken pada hari jang dibri