• No results found

TfFFEN Gray Scale

In document KITAB KEADILAN HOEKOEM (pagina 24-30)

10 11 12 13 14

— 21

(2) Kapan tida ada keterangan ini, maka dia kena hoekoeman kerdja paksa pake rante dari lima sampe lima belas taon.

Dengan Staatsblad 1899 No. 141 di tambah lagi doewa fatsal 'Sla 31b jang di bawah ini.

( P e r k a r a t e b o e s a n ) . Fatsal 31«.

(1) Siapa djoega, kendati dia di mintain toeloeng atau tida, kaloe dia sangoepin kasi keterangan atau tjari keterangan dari pada barang-barang jang ter-dapet lantaran perboeatan jang 'oole di hoekoemken, ia itoe keterangan jang di brihken dengan maksoed mendapet oepah jang di tetepken lebi doeloe kaloe barang-barang itoe poelang kombali pada jang ampoenja. atau pada jang ada hak, dia itoe di hoekoemkerlah dengan kerdja paksa tida pake rante lamanja anem boelan sampe doea taon, sebe-gitoe poen di hoekoemlah orang jang membri ke-terangan, atau pengoendjoekan dengan maksoed mendapet oepah, kaloe dia kasi taoe kapan waktóe, atau di mana tempat, atau t j ara sebagimana itoe barang bisa poelang pada jang poenja atau pada ada hak atas harang (jang tertjoeri) itoe.

(2) Ini hoekoeman di lakoeken, dengan tida di perdoeliken lagi apa orang jang salah itoe soedah trima oepahan atau soedah trima djaudji teboesan itoe.

mmmm

) The Tiffen Company, 2007

M

15 B 17 18 19

Fatsal 81&.

Barang siapa jang sanggoepin dengan meudapefc oewang oepahan jang tentoe, ia itoe aken bikin soepaja barang-barang jang termaksoed di patsal 3la di poelangin atau jang sanggoepin aken poe-langin barang-barang itoe, kendatie dia sendiri jang poelangin atau dengan toeloengan orang laen, dia itoelah di hoekoemken dengan kerdja paksa tida pake rante laraanja dari satoe taon sampe lima taou.

Fatsal 32.

Siapa jang ada pegang tempat pemondokan dan siapa jang pegang roemah makan, djikaloe dia kasi mondok lebi dari doewa poeloe ampat djam larnanja, orang jang berboewat perkara kadjahatan atau pe-langgaran di tempo dia masi mondok. sedang orang jang pegang tempat pemondokan itoe tida toelis di dalem register namanja dan pekerdjaiinuja dan tem-pat tinggalnja itoe orang jang bikin salah, jaifcoe boekoe register jang memang soedah di tentoein oleh pemarenta jang berkoewasa, maka orang jang poenja itoe permondokan atawa roemah makan misti tanggoeng dalem perkara siviel boewat bajar kcroegian kaloe orang jang roegi sebab kadjahatan atawa sebab perkara perlanggaran itoe ada minta poelang barang atawa minta karoegian dengan ongkos-ongkos. Salaennja tanggoengan begitoe. orang jang poenja pemondokan itoe misti tanggoeng djoega

7®=FeVGrayScale

va l \

5 6 M 8 9 10 11 12 13 14 1!

- 23 —

laen-Iaen perkara sebab dia djadi ioekaiig simpan atawa dari sebab jang laen-laen, ia itoe raenoeroet bagiruana atoeran kaädilan siviel jang boleh di djalanken atasnja.

Titel VI.

Perkara jang tida bole dl mlahken dan jang melepasken dan jang entengken kesalahan.

Fatsal 33.

Ja itoelah boekan kadjahatan atau pelanggaran n aman j a kaloe pesakitan jang berboeat itoe ada gila, atau djikaloe pesakitan kepaksa berboeat itoe dengan sebab jang lebi koewat dari dia pada koe-tika dia memboeat itoe perkara.

Fatsal 34.

Tida ada kedjahatan atau pelanggaran aken bole di lepasken, atau hoekoemannja di koerangin, djikaloe tida ada sebab atau tida ada hal jang membikin itoe perkara bole cli lepasken, atau djikaloe tida ada sebab hingga bole hoekoemannja di bikin koe-rang berat. (S. I. 36 db, 69. 75. 92. 239. db.

260. 364,).

Fatsal 33.

Djikaloe pesakitan poenja oemoer raisi koerang dari anam bias taon dan njata di poetoesken jang

© The Tiffen Company, 2007

Y M

- 24

dia tida taoe djaliat baiknja perkara jang dia bikin maka dia di bebaskenlah ; aken tetapi menoeroet bagimana doedoeknja perkara, dia nanti di kasi poelang pada orang toewanja, atau kepada sanak soedaranjn atau dia ditaro di dalem roemah toe-toepan, soepaja disana dia di piara bebrapa taon lamanja menoeroet tetapan, di dalem soerat poe-toesan, adapoen sekali-kali tida bole lebi lama dari sampe tjoekoep oemoernja doewa poeloe taon (S. I.

printah penggantian 5).

Fatsal 36.

Djikaloe di poetoesken jang dia taoe djahat baik-nja perkara jang dia boewat, maka hoekoemanbaik-nja seperti di bawah ini.

Djikaloe perboewatan ttoe terantjem dengan hoe-koeman bagimana jang terseboet di dalem fatsal 5 No. 1 dan No. 2, maka dia di hoekoem kerdja paksa tida pake rante dari sepoeloe sampe doea poeloe taon.

Kaloe terantjem hoekoeman jang terseboet da-lem fatsal 5 No. 3 dan 4, maka di hoekoem ker-dja paksa tida pake rante temponja sasedikitnja sapertiga dan paling tingginja separonja dari tempo hoekoeman jang dia bole di kenain djikaloe dia tida begitoe moeda.

Kaloe terantjem hoekoeman kerdja paksa tida pake rante atawa denda, maka pengadilan bole

koerangin itoe hoekoeiuau hoekocniau nienoeroet bagimaua dia rasa baik asal sadja koekoeman jang di kenain padanja. tinggal koerang davi separonja hoekoe man jang bole di kenain padanja kaloe dia poenja oemoer soedah anem belas taon.

Fatsal 37.

(1) Djikaloe pesakitan poenja hoekoeman pantas di koerangin dari sebab dia misi moeda, atau dari sebab dia di paksa, atau sebab dia di soeroe, atau dari sebab takoetnja jang patoet, atau sebab boe-djoekan orang, atau sebab koerang pikiraunja, atau sebab ketjiln a karoegian jang terdjadi lantaran itoe kadjahatan, atau sebab dengan maoenja sendiri ia ganti karoegian jang terdjadi oleh itoe kesalahan, atau ada laen sebab jang pantes mengentengin hoe-koemanuja, maka itoe hoekoeman bole di ganti seperti di bawah ini:

Hoekoemau jang terseboet di dalem fatsal 5 No.

1 di ganti oleh hoekoeman jang lebi enteng tetapi paling sedikit doea taon kerdja paksi tida pake rantcj;

Hoekoeman jang terseboet di dalem fatsal 5 No.

2 di ganti oleh hoekoeman kerdja paksa tida pake rante, tetapi paling sedikit satoe taon lamanja.

Hoekoeman jang terseboet di dalem fatsal 5 No. 3, di ganti oleh hoekoaman kerdja paksa tida pade rante, tetapi paling sedikitnja anem boelan lamanja dan

^Wm~

) The Tiffen Company, 2007

M

___ «ft

hoekoemam jang terseboet di dalem faisal 5, No.

4 di ganti oleh kerdja paksa tida pake rante pa-ling sedikitnja tiga boelan lamanja.

(2) Kaloe ada sebab jang terseboet di atas, atau kaloe ada laen-laen sebab jang membikin enteng maka hakim bole koerangin temponja hoekoeman kerdja paksa tida pake rante, hoekoeman toetoep, hoekoem krakal iioe, beginiana dia kira patoet adanja serta denda djoega bole di koerangin seperti di kiranja pantes oleh hakim ; sekalipoen kaloe hoekoeman kerdja paksa tida pake rante atau hoe-koeman toetoep misti di kenain bersama-sama dengan bajar denda atas perkara kedjahatan atau perkara pelangaran, maka hakim bole kenain salah satoe sadja (S. L 87, 93, 219, 357, Stb. 73, No. 241 art. 100, 76, No. 174; Bb. 2698.)

A T O E R A N PEJS'OETOEP.

Fatsal 38.

Preutah-prentah dalem ini boekoe jang pertama di kasi djalan djoega atas perkara-perkara kedjahatan dan pelanggaran jang hoekoemannja ada terseboet di dalem laen atoeran prentah, djikaloe di dalem ini boekoe oendang-oendang atau di atoeran prentah tida ada katentoewan jang laen.

In document KITAB KEADILAN HOEKOEM (pagina 24-30)