• No results found

Djikaloe satee perhmawdm orang bikin ke-

In document KITAB KEADILAN HOEKOEM (pagina 40-200)

ke-— 37

<îjaïtataH salai safoe fang tefcefroet di (faîe'm f a t e ! 52. dan 53, maka hoekoeman mati itoe di djalanken atas semoea orang, tida di pandang lagi apa pang-katnja, jaug soedah toeroet bersama-sama itoe per-koempoelan dan kena di tangkep betoel di tempat mana itoe perkoempoelan bikin roesoe.

Itoe hoekoeman mati, djoega di djalanken atas siapa jang prentah itoe perkoempoelan atau bekerdja pada, itoe perkoempoelan atau jang djadi kepala, kendatinja dia tida kena di tangkep di tempat jang itoe perkoempoelan bikin roesoe.

Fatsal 62.

Lain dari parkara jang itoe perkoempoelan bikin aken memboewat kasalahan kedjahatan jang terse-boet di dalem fatsal 52. dan 53, maka siapa-siapa djoega jang toeroet dalem itoe perkoempoelan tetapi tida bekerdja apa-apa atau tida pegang printah apa-apa. kaloe ketangkep di tempatnja itoe per-koempoelan. dia orang itoe di hoekoem kerdja paksa pake rante dari lima sampe lima belas taon.

Fatsal 63.

Siapa jang memang soeda taoe kemaoeännja dan inaksoednja itoe perkoempoelan jang terseboet, ma-ka dengan tida di paksa dia ma-kasi tempat semboe-nian atau tempat berkoempoelan kapada itoe

orang-) The Tiffen Company, 2007

M

15 B 17 18 19

38

orang, dialah di hoekoem fcerdja paksa pake rante dari lima sampe lima belas taon.

Patsal 64.

Orang jang toeroet dalem toe perkoempoelan jang bikin roesoe, tetapi dia tida bekerdja apa-apa dalem itoe perkoempoelan dan kaloe dia di tegor oleh pe-marintah siviel atau pemarentah militair dia lantas kaloewar dari itoe perkoempoelan, atau sasoe-dahnja di tegorin dia baroe kaloewar, kapan orang ketangkep di loewar tempatnja itoe perkoempoelan jaug bikin roesoe dia tiada melawan dan dia tiada bersendjata, maka orang begitoe tida di hoekaem boewat perkara hoeroe hara.

Dalem hal begitoe, dia tjoema kena di hoekoem sebab perkara kedjahatan atau perkara pelanggaran jang di boewatnja masing-masing sendiri. (S. 1.149).

Patsal 65.

Jang di namain sendjata dalem ini boekoe hoekoem ia itoe segala barang atawa pekakas jang bole memo-tong-, jang tadjeni oedjoengnja dan barang] boewat

niötuoekoel (pentoeng).

Barang atawa pekakas jang biasa sari-sari di pake oleh orang jang kedapetan itoe barang padanja. piso ketjil goènting dan rottan tida di îtoeng djadi sen-djata, tjoema kaloe pake boewat memboenoe, boe-wat meioekain atau boeboe-wat memoekoel, baroe teri-toeng djadi sendjata.

Faisal 66.

Gosok-gosok orang boewat membikin kadjabatan jang ada, terseboet di dalem bagian ini, hingga go-sokan itoe misti di itoeng toeroet tjampoer ber-sekoetoe bagimana di seboet dalem fatsal 28 Nö. 4, perboewatan itoe kena di hoekoem kerdja paksa tida pake rante dari doewa sampe. lima taon djikaloe gosokan itoe tida sampe kedjadian apa-apa.

7A=EBnrGrayScale

6 M 8 9 10 11 12 13 14 1

00

BAGIAN ffl.

Kasi taoe dan tida kasi taoe kedjahatan jmtg meroesaken kasenangan di loewar dan di

dalem India Nederland.

Fatsal 67.

Siapa jang dapefc taoe jang ada orang-orang moe-pakatan atawa ada perkara kadjahatan di bikin atawa di rempoekin soepaja meroesakin kasenangan di loewar atawa di dalem tanah India Nederland, ma-ka dalem doewa poeloe ampat djam sasoedahnja dia dapet taoe dia tida djoega kabarken itoe kapada Pemarentah, kapada kepala negri atawa kapada polisi, atau kaloe dia dapet "taoe pri doedoeknja itoe perkara, dia tida kasi taoe kapada Pemarentab atawa kapada koewasa laen-laen jang terseboet tadi dalem doewa poeloe ampat djam sasoedahnja dia dapet taoe, orang begitoe di lioekoem kerdja paksa tida pake rante dari doewa sampe lima taon dan di denda dari doewa ratoes lima poeloe sampe se-riboe roepia, tjoema sebab dia tiada kasi taoe itoe perkara, kendati dia sendiri tiada salah toeroet bertjampoer dan djoega kendati dia tiada kasi per-misi boewat bermoepakat atawa boewat bikin itoe kadjahatan dan maskipoen dia larang pada orang-oran<* jang berboewat salah itoe dan dia sendiri melawan boewat bikin itoe kadjahatan. (I. R. 6 S: I. 39. d. b. 52. 68. 296. P. I. 3. No. 4).

© The Tiffen Company, 2007

M

15 B 17 18 19

4i> — Fatsal 68.

Adapoen printah-printah dalem fatsal 67, itoe tiada di djalanken atas orang-orang jang terseboet di bawah i n i : (S. I. 91, 93; I. R. 6; P. I. 2.

No. 1, 3 No. 4.)

le. Sanak soedara atawa sanak kawin saoeroettija naik atawa toeroen dari orang jang salah dalem per-kara moepakatan atawa dari orang jang toeroet dalem itoe perkara kadjahatan; (S. I. 180: I. R. 265.) 2e. Soedaranja laki-laki dan perampoean ata-wa iparnja laki-laki ataata-wa perampoean dan lagi oewaknja atawa pamannja dan bibinja, sanak ka-winan dan kaponakan baik anaknja soedaranja laki-laki baik anaknja soedara-soedara perampoean (S. L 180, I. R. 265.)

3e. Lakinja atawa bininja kendati soeda betjere (S. I. 180. I. R. 265.)

4e. Laskar jang soedah di merdikain (I. R. 265).

5e. Orang jang misti simpan rahasia sebab pem-bawaan pangkatnja atau pekerdjarmja atau kadoe-doekannja, tetapi tjoema djikaloe itoe hal jang sabenarnja misti dia kasi taoe menoeroet fatsal 67, tadi, telah di pertjajaken (dengan rahasia) padanja dari sebab dia poenja pangkat dan laen-laen itoe.

(1. R. 268; R. 1.296.)

Fatsal 69.

Dari pada hoekoeman jang terantjem boewat

a

orang-orang jang salah membocwat perkoempoeîan djahat atau perkara kadjahatan aken meroesaken kasenangan di loewar dan di dalem tanah India Nederland, maka di bebasken orang-orang dari per-koempoelan itoe jang kasi taoe lebi doeloe ini moepakatan atau kedjahatan kapada kandjeng Gou-vernement atau kapada pembesar-pembesar jang terseboet di dalem fatsal 67 sabelonnja itoe moepa-katan atau itoe kedjahatan kedjadian, atau sabelonnja dia orang tjoba akan djalanken atau sabelonnja itoe perkara moelai di priksa, atau itoe orang-orang kasi taoe pada pembesar sekalian orang jang berboewat atau jang tjampoer dalem perkara kedjahatan atau moepakatan itoe, atau lagi, kaloe itoe orang-orang bisa bikin, biar sekalipoen pepriksaän soedah moelain, orang-orang jang salah dan jang toeroet tjampoer itoe bole kena di tangkep. (S. I. 39: db. 92, d.b.)

Fatsal 69«. (Stbl. 1908 No. 674).

Barang siapa dengan paksa atau dengan antjcman aken memaksa ia telah mengoesir (memboebarken) soewatoe sidangan (vergadering) raad (rapat) jang di adaken boewat satoe karesidenan atau boewat soewatoe bagian dari karesidenan, barang siapa telah memaksa raad itoe mengambil poetoesan, atau mc-maksaken raad tida mengambil poetoesan, atau ia mengoesir president atau lid dari vergadering, dia itoelah di hoekoemken kerdja paksa pake rante

© The Tiffen Company, 2007

M

15 B 17 18 19

42

dari lima taon sampe sepoeïoeh taon iamanja lagi di tjaboet haknja mendjalanken segala pekerdjaän jang oemoem dan haknja aken berpilih.

Fatsal 6%. (1908 No. 674).

Barang siapa dengan memaksa atau dengan an-tjemau aken memaksa ia rnerentangi dengan senga-dja president atau soewatoe lid dari raad jang di adaken boewat satoe karesidenan atau boewat seba-gian dari karesidenan aken berhadlir di vergadering, atau aken menjoekoepken kewadjibaunja dalem ver-gadering dengan mardi ka, orang itoelah di hoekoem kerdja paksa tida pake rante dari satoa boelau sampe doea taon la manja dengan di tjaboet haknja aken berpilih.

BAB II.

Kedjabatan dan pelanggaran atas atoeran perkara jang soedah tetap.

BAGIAN I.

Kedjahatan tentang hal mendjalanken Icewadjiban dari hak, negri /1908 No. 674).

• Fatsal 70.

Djikaloe satoe orang atawa lebi dari satoe orang:

di tjegah aken djalauken haknja akeu berpilih, oleh orang-orang jang. berkoempoel dengan niatan djahat,

~ 43 —

dengaii memaksa atawa dengan autjeman maka satoe , satoenja orang jang salah itoe di hoekoem dengan kerdja paksa tida pake rante sasedikitnja anem boe-lan dan banjaknja doewa taon dengan di tjaboet hak berpilihuja, sasedikitnja lima dan lamanja se-poeloe taon.

Fatsal 71.

Aken tetapi djikaloe ini kadjahatau di bikin sebab memang soeda ada niat rempoekan lebi doeloe aken berboewat itoe kadjahatan di satoe dessa atawa di lebih dari satoe dessa, maka hoekoemannja kerdja paksa tida pake rante dari doewa sampe lima taon lamanja.

Fatsal 72.

Siapa jang misti tjatjettin nama namanja orang jang berpilin dan dia toelis boekaunja nama jang di kataken padanja. atawa, dia bikin palsoe nama-nama jang soedah di toelis, maka dia di hoekoem kerdja paksa tida pake rante. dari satoe sampe tiga taon lamanja dan dia di tjaboet hak dan kwasanja jang terseboet di dalem fatsal 22 dari lima sampe

sepoeloe taon poenja lama (S. I. 8(5).

Fatsal 73.

Siapa jang tida wadjib toelis nama namauja orang itoe, dan ia berboewat .kasalah.au jang ada terseboet dalem fatsal .72, maka dia,di:ho.eko.em-.dengan.kerdja:

© The Tiffen Company, 2007

Y M

u

paksa tiäa p a t e ranfce dari anern boelan sarape doewa taon dan di tjaboet hak berpilihnja boewat sasedikitnja lima taon dan paling tingginja sepoeloe taon poenja lama. (S. I. 86.)

Fatsal 74.

Siapa djoega orang desa jang beli atawa djoewal soewara di temponja orang berpilian itoe kena di hoekoem dengan di tjaboet hak dan koewasanja jang terseboet dalem fatsal 22 dari lima sampe sepoeloe taon poenja lama,

Tambahan lagi orang jang djoewal dan orang jang beli soewara satoe-satoenja di hoekoem denda banjakuja doewa kali dari harga jang telah soedah di bajar atawa dari harga jang di djandjiken.

BAGIAN II.

Perboeatcin jang meroemkin Jcamerdikaän.

Fatsal 75.

Ambtenaar jang oemoem, prijai-prijai ketjil dan orang-orang1 penggawe polisie jang bikin soewatoe perboewaten dengan soeka-soekanja sendiri hingga meroesaken orang poenja karmerdikaän atawa dia meroesaken kakoewassaännja boewat berpilin maka satoe-satoenja ambtenaar dan jang laen-laen itoe di hoekoem kerdja paksa tida pake ran te dari satoe

45

sampe tiga taon bersama-sama denda dari sepoeïoe sampe lima ratoe3 roepiah dan di tjaboet hak dan kakoewasaännja jang teraeboet dalem fatsal 22.

Peutjobaäu boewat bikin ini kedjahatan bole di boekoem.

Tetapi djikaloe itoe prijai membetoelken perboe-watannja dari sebab dia di printahken oleh jang berpangkat lebi tinggi dari dia di dalem perkara jang djadi koewasanja itoe prijai jang lebi besar, dan kaloe dia memang misti toeroet bagimana printahnja itoe prijai jang besaran dalem itoe perkara, maka dia di lepas dari hoekoeman serta itoe hoe-koernau di dj a toh kan atas orang jang kasi itoe priutah. (S. I. 4, 34, 30, 76, 258, 392.)

Fatsal 76.

Kaloe pengadilan hoekoetnkan ganti karoegian dari sebab kedjahatan jang terseboet di dalem fatsal 75, atau dari sebab pentjobaän bikin itoe kedjahatan, maka baujaknja itoe oewang penggantian di timbang bagimana orangnja dan perkaranja serta karoegiannja, tetapi siapa djoega jang di bikin salah kaloe dia di toetoep dengan tiada ada sebab jang halal, maka itoe oewang karoegian tida bole koerang dari tiga roepiah boewat tiap-tiap hari jang dia di toetoep itoe. S. L 77.)

Fatsal 77.

Prijai-prijai kaloe tolak atau teledor akeu toeroet

) The Tiffen Company, 2007

M

15 B 17 18 19

^ 4 6

' permintaan sah boewat kasi katerangan dari perkara orang jang di toetoep tida dengan halal dan tida dengan soekanja sendiri, baik di toetoep di

: dalem roemah jang memang djadi tempat toetoa-pan, baik di toetoep di tempat-tempat laen dan lagi prijai-prijai itoe tida bisa kasi katerangan jang dia

• orang soedah kasi taoe itoe perkara lebi djaoe kapada perriarintah jang lebi besar, maka dia orang di hoe-koem dengan kerdja paksa tida pake rante dari satoe sampe tiga taon sama atau tida bersama-sama denda dari sepoeloe sampe linraratoes roepiah, dan di tjaboet hak dan kakoewasaän jang terseboet di dalem fatsal 22, belon teritoeng karoegian, jang dia misti ganti menoeroet bagimana ada terseboet di dalem fatsal 76. (S. I. 86 392.)

Katsal 78.

Lain perkara kaloe cipier-cipier memang soedah di kasi koevvasa boewat masoeken orang di dalem boei lebi doeloe sembari menoeuggoe sampe soerat titah atau soerat vonnis di kaloewarken jang terse-boet di dalem ini fatsal, maka kaloe dia orang trima atawa tahan dengan tida di prentah oleh jang berkoewasa, atawa tida dengan soerat vonnisnja,

dan lagi kaloe itoe printah atawa itoe Tonnis tida di toelis di dalem dia orang poenja registers;

dan lagi kaloe dia orang tida maoe kasi liat itoe orang tort'oepan, djikaloe pemerentah jang sah

daten» minta Hat, serta dia orang tida bisa kasi katerangang jang fiskal atawa hakim larang ia tida bole kasi liat itoe orang toetoepan, dan lagi siapa ian°- tida maoe kasi liat boekoe registernja kepada prijai jang berkoewasa, marika itoe di hoekoem dengan kerdja paksa tida pake rante dari anem boelan sampe doewa taon lainanja dan denda dari delapan sampe seratoes roepiah.

• Itoe hoekoeman djoega bakalan di djalanken atas siapa jang menahan orang jang di toetoep dan di tangkep oleh pamarintah sebab hal jang terseboet dalem f'atsal 86 dari sjart pernarentahan India-Nederland dan dia tida lantas kasi taoe kapada fiskal dari pengadilan Olanda jimg ada dalem bi-langan dimana itoe orang-orang soedah di tangkep.

(I. R. 76, 212. Bb. 2088).

Fatsal 79.

Prijai-prijai jang toetoep atawa soeroe toetoep orang di loewar tempat jang soedah memaug di tentoe-ken oleh jang berkoewasa, maka ia di hoekoem kerdja paksa tida pake raute dari satoe sampe tiga taon bersama-sama denda dari sepoeloe sampe lima ratoes roepia dan di tjaboet hak dan kakoewasaäu jang terseboet di dalem f'atsal 22.

Peutjobaän bikin itoe kadjahatan kena di hoekoem.

(S. I. 4, 86, 392).

) The Tiffen Company, 2007

M

15 B 17 18 19

— 43 — BAGIAN IH.

Moepakatan prïjai-prijai jang oemoem.

Fatijal 80.

Satoe moepakatan aken berboewat apa-apa jang melanggar peratoeran besar, baik di remboek oleh perkoempoelan orang-orang atawa oleh persekoe-toewan jang di pertjajaken memegang sebagian dari pada kakoewasaän jang oemoem, baik oleh orang-orang soeroehan atau moefakatan satoe sama laen, maka satoe satoe orang jang salah di hoe-koem kerdja paksa tida pake rante dari doewa sampe anem boelan, dan lagi bole di hoekoem dengan tjaboetan dari pada segala pakerdjaän negri atawa dari pangkat-pangkat negri paling lama lamanja sepoeloe taon. (S. I. 81, 86, 392).

Fatsal 81.

Djikaloe dengan atoeran perboewatan jang salah satoe di dalem fatsa! 80 orang berpakatan boewat menahan djalannja peratoeran besar atawa boewat melawan printahnja koempenie, maka jang salah itoe di hoekoem dengan kerdja paksa tiada pake ranto dari doewa sampe lima taon.

Kaloe ini moepakatan di remboeken oleh prijai prijai sivil dengan prijai prijai militer atawa kepala ke-palanja maka siapa jang djadi kepala dalem itoe per-kara atawa siapa jang adjak adjak, dia di hoekoem kerpaJcsa pake ran te dari lima sampe lima bias taon

__ 49 —

dan laen-laen orang jang salah di hoekoem kerdja paksa tida pake rant e dari doewa sampe lima taon.

Fatsal 82.

Djikaloe nijatnja orang-oraug bereinpoek itoe aken meroesakin kesenangan di dalem bilangan India Nederland atawa kaloe remboekan itoe sam-pe djadi roesaknja kasenangan tanah India maka jang salah di hoekoem mati.

Fatsal 83.

Djikaloe prijaie-prijaie jang oenioem beremboek aken lepas pakerdjaännja dengan nijat boewat bren-ti-in djalannja pengadilan atawa djalanuja paker-dja-an negri jang laen-laen atawa, sampe kedja-dian brenti djalanDJa pengadilan atawa djalannja pekerdja-au negri jang laen-laen maka dia orang itoe di hoekoem kerdja paksa tida pake rante dari satoe sampe tiga taon dengan bersama-sama atawa tida bersama-sama denda dari sepoeloeh sampe lima ratoes roepiah dan di tjaboet hak dan kakoewasa-annja jang terseboet di dalem fatsal (22 S. I. 86.)

BAGIAN IV.

Prijai-prijai jang kasi djalan koewasa printah dan prijai hakim pengadilan djikaloe ambil

koewasa jang boekan djadi koewasanja.

Fatsal 84.

Jang di hoekoem kerdja paksa tida dengan pake

STKAfWRTBOEK }?ff.Atfr>ERS, 4

© The Tiffen Company, 2007

— 50

-tante dari satoe sampe tiga taon dengan bersama-sama denda atau tida berbersama-sama-bersama-sama denda dari sepoeloe sampe lima ratoes roepia dan di tjaboet hak dan kakoewasa-annja jang ada terseboet dalem fatsal 22, ja itoe :

le. Hakim-hakim, fiskaal-fiskaal dan prijai-prijai politie jang mengambil kakoewasa-an boewat tetap-ken peratoeran besar jang termaksoed di dalem fatsal 31 dari Sjart pemarentahan Gouvernemen India Nederland, baik sebab itoe peratoeran ada moewat printah-printah jang sabetoelnja kerna keadaännja haroes misti di tetapken di dalem peratoeran besar, baik pon sebab itoe peratoeran membrentiken djalannja satoe doewa peratoeran besar baik sebab itoe peratoeran menimbangken apakah peratoeran besar nanti di djalanken. (A. B. 20, ab.)

2e. Hakim-hakim dan fiskaal-fiskaal dan adjunct (prijai jang djaài bantoewan) kaloe langgar, meii-watkan koewasanja, sebab tjampoer dalem perkara jang djato dalem koewasanja prijai-prijai negri atawa sebab membikin peratoeran boewat perkara ini atawa sebab melarangken djalannja prentahnja prijai-prijai jang koewasa kasi djalan printah (A.

B. 21.) '

Fatsal 85.

Hakim-hakim jang mempoetoesken perkara dengan tida menoenggoe poetoesannja pembesar pema-rentahan jang lebi tinggi koewasanja sedangau

51

-oleh pembesar jang pegang printah negri soedah di minta dengan soenggoe aken menoenggoe dalem perkara itoe jang di bawa kahadepan itoe hakim-hakim, maka dia di hoekoem denda dari dalepau sampe toedjoe poeloe lima roepia.

PRENTAH PENGABISAN DARI BAB INI.

Fatsal 86.

Dimana-mana dalem Bab ini ada terantjem seperti hoekoeman, bahoea orang di tjaboetken hak dan kakoewasaän jang terseboet dalem fatsal 22, itoe-lah tida memaksaken hakim aken memoetoesken djoega atas tjaboetan hak boevvat pegang paker-djaän atawa pangkat negri, djikaloe hakim pake fatsal 37.

BAB III.

Kudjuhatan dan pelanggaran jang meroesaken kasenangan jang oemoem.

BAGIAN I.

Perkara tiroeican (kepalsoean).

§• T.

. Oewang palsoe.

Fatsal 87.

Siapa jang tiroe atawa siapa jang bikin palsoe.

atawa siapa jang bikin koerang harganja atawa

• •

) The Tiffen Company, 2007

M

— 5* —

siapa bikin roesafe oewang mas atawa oewang perak jang lakoe di pake di tanah Olanda atawa di tanah

India Nederland, atawa siapa jang dengan sengadja toeloeng siarken, kasi djalan atawa djoewal itoe oewang tiroewan, atawa oewang jang di bikin koerang harganja atau jang di bikin roesak, atau siapa jang toeloeng kasi masoek oewang begitoe di bilangan tanah India Nederland, maka dialah di hoekom kerdja paksa pake rante dari lima sampe doewa poeloe taon lamanja. (S. I. 92. 116.)

Fatsal 88.

Siapa jang tiroe, atau siapa jang bikin palsoe, atau siapa jang bikin koerang harganja, atau siapa jang bikin roesak oewang tembaga jang lakoe di pake di tanah Olanda atau di tanah India Neder-land, atau siapa jang dengan sengadja toeloeng siarken, kasi djalan atau djoewal itoe oewang jang di tiroe, atau jang di bikin palsoe atau jang di bikin koerang harganja atau jang di bikin roesak, atau siapa toeloeng kasi masoek oewang begitoe di bilangan tanah India Nederland, maka dialah di hoekoem kerdja paksa pake rante dari lima sampe lima belas taon (S. I. 92, 116.)

Fatsal 89.

Siapa jang tiroe atawa siapa jang bikin palsoe, atawa siapa jang bikin koerang harganja, atawa siapa jang bikin roesak oewang dari laeu keradjaäu

7fiRRBVGravScale

5 6 M 8 9 10 11 12 13 14 1

m •-•

jang ada di tanah India Nederland, atawa siapä jang dengan sengadja toeloeng siarken, kasi djalan atawa djoewal itoe oewang jaug di tiroe, jang di bikin koerang harganja atawa jang di bikin roesak, atawa siapa jang toeloeng kasi masoek oewang begitoe di dalem bilangan India Nederland, maka dia di hoekoem kerdja paksa pake rante dari lima sampe sepoeloe taou. (S. I. 116.)

Fatsal 90.

Hoekoeman-hoekoeman jang terseboet dalem fatsal fatsal 87, 88 dan 89, tida di djalauin atas orang jang soedah trima itoe oewang jang di tiroe atawa jang di bikin palsoe atawa di koerangin harganja atawa jang di bikin roesak dengan di kiranja soenggoe

oewang itoe baik kemoedian dia kasi djalan kom-bali itoe oewang.

Aken tetapi dia di hoekoem denda dari sasedikitnja tiga kali harganja dan sabanjak-banjaknja anem kali harganja jang ada di tjap di atas itoe oewang jang di djalanin kombali djikaloe dia soeda dapet taoe itoe oewang tida baik, masih djoega dia pake.

Denda ini tida bole koerang dari delapan roepia.

Fatsal 91.

Siapa jang taoe ada satoe fabriek atau tempat membikin atau tempat pertjapan oewang mas atau oewang perak, atau oewang tembaga tiroewaa, atau palsoe, atau koerang harganja, atau roesak

© The Tiffen Company, 2007

M

15 B 17 18 19

54 —

sak jang lakoe di kasi djaian di tanah Olauda dan di India Nederland, dan dia tida kasi taoe penga-tahoewannja itoe kepada pemarintah atau kepada hakim politie dalen doewa poeloe ampat djam, maka dia di hoekoem dengan kerdja paksa tida pake rante dari satoe boelan sampe doewa taon tjoema sadja boewat kasalahan jaug dia tida kasi taoe

sak jang lakoe di kasi djaian di tanah Olauda dan di India Nederland, dan dia tida kasi taoe penga-tahoewannja itoe kepada pemarintah atau kepada hakim politie dalen doewa poeloe ampat djam, maka dia di hoekoem dengan kerdja paksa tida pake rante dari satoe boelan sampe doewa taon tjoema sadja boewat kasalahan jaug dia tida kasi taoe

In document KITAB KEADILAN HOEKOEM (pagina 40-200)