• No results found

Roodbloedlool!zout (Perricyankaliumt

In document BIBLIOGRAFISCH VERSLAG: (pagina 27-32)

Aer .

Urany/nitraat (Sa/peterzuur Uran) Kaloe maoe pakei, tjampoer:

50 c.c.M, oplossing a

50 II " b

10 " ijsazijn (biang tioeka).

Di dalam ini aer, gambar di katja lantasmendapatwarna merah sawo. Ini oplossing tjoemah tinggal baik dalam bebrapa hari sadja, karana itoc tiada boleh dibi,kin sedia banjak-banjak•

Ini Uran-versterker tida bagoes boewat opname portret, tapi berfaedah gambar boewat roproductie (boewat bikin Oliche di at as zink atawa tembaga). Soepaja warnanja

II. Dengan Kwlkzil\7erchlorlde dan I\mmonlak.

Katja jang soedah ditjoctji, dimasoekin dalam:

Aer. . 1000 c.c.M,

Kwikzilverchlorlde ~O gram

sampei gambarnja djadi poetih tebal, lantas 10 menit tjoetji dalam aer [ang sebentar-bentar diganti baroe, ko-moedian ditoewangin Ammoniak-oplossing [ang dibikin daripada 1 bagian Ammoniak 0.96 spec. gelV. dan Gsampei 10 bagian aer hoedjan.

Kaloe gambarnja soedah tedas hitam, lantas katja di-tjoetji lagi dalam aer bersih,

Pekerdjahan ini tiada begitoe faedah seperti jang tadi.

1000 c.c.M.

::!O gra m :!O "

i'

A

u

1

'r

1 1 '1'

E

r' ;I.

II

A. PAKEr K.WiK (ABRRASA, AEH PERAK).

1. Dengan Kwikzil\7erbromid dan Sulfiet.

sampei kelihaan kat]a itoe gambarnja poetih antero, lantas tioetji biar bersih dan masoekin dalam soewatoe oplossing dari 10 higiau Neutraal zwaveligz ure Nalron (Natriumsulfiet, gekrist.) dan 100 bagian aer, maka dengan sekedjap mata sad]a, gambar poetih tadi mendjadi hitam gelap, Begitoe keliliatan warnanja hitam sanipoi tjookoop, lantas angkat itoe katja dari aer rendaman, sebab kalce k-Iamaan din-ndam, warnanja hita m lantas berbalik lagi mendja di poetih korn bali.

Ini pekerdjahan bergoena sekali boewat opnarne portret dan landschap, karana katja jang diversterk ada tahan le-bih bagoes panas dan tjahaja matahari, semeutara katja demikian mernberi gambar lebih bagoos pada kertas dan lebih gampang .opiocrnja di panas.

. Katia jang terlaloe gelap verstorknja, boleh dibikin lebih terang kaloe dikasih mandi dalam hypo jang ditjampoerin uer baujak, djaugau torlaloo keras adauj a.

Katja jang soedah masoek dalam fixeerbad, ditjoetji doeloe biar bersih dalam aer, lantas masoekin dalam ini oplossing (tjampoeran) :

Aer

Kwikzl lver chlorid Broomkalium.

benta r- benta r ditoekar jang bersih, atawa 1-2 djam di bawah aer pantjoeran atawa acr jang berdjalan.

\1ersterken,

(Bikln lebih terang katja jang koerang koewat afalVa tipis)

"ParitInten." 3

5 gram 100c.c..I.

u

gram

100 e.c.M:

B. Den g en 0xa17,U u r-Y'"e r0x~.de : Hantjoerken bebrapaboekoedaripadaOxalzuur- Yzeroxyd-kati (Kalium-ferrioxalaat) (roepanjaseperti garam, warnan]a Iiidjo) dalam oplossing Hypo (5 percent) dan rendam

ka-tlfzwakken.

Bikin tipis gambar iang terlaloe hltam di alas katja.

Katja jang kelihatan gambarnja keloewar terlaloe hitam (tebal) lantaran terlaloe baniak dapat terang matahari, sehing-ga misti dibikin lebih tipis, soepaja segala bajangan boleh keloewar lebih tebal adania, paling bagoes dikasih mandi dalam salah soewatoe bad, jang terseboet di bawah ini : A. Deng e n R0 0 dbI0ecl100 g7,0 nt (1<' armer5 ch e Af;nvakkeI').

1. Roodbloedloogzcut (Ferricyankalium) . AeI'.

2. Hypo . Aer,

Ini doewa-doewa oplossing boleh disimpan lama, tiada oosah kwatir nanti djadi roesak , asal sadja botolnja ditoe-toep biar rapat,

Kaloe maoepakei, tjarnpoerin100 c.c.sl. Hypo-oplossing (No.

2), dengan10sampei30c.c.M.Bloedloogzout -oplossing (No 1.) Katja jang dimasoekin dalam ini bad, lantas dladi tipis (poetjat) dengan rata. Lebih banjak ditambahin B10ed10ag-zout, lebih tiepat pekerdjaha n ini. Sesoedahnja, misti lan-tas ditjoetji itoe katja dengan bJ1]' k aer, soepa]a ga m -barnja diangan mondjadi lebih tipis b~i.

Op1ossing 1 dan 2, kaloe soedah .:tj,::.:poer bersama-sa ma , tiada tahan lama, le kas djadi r003.k, karana itoc misti tiarnpoer setjockoepnja boeat pakei :'-_[0 0 kali sadja, lantas boewang dan ganti baroe kaloo mace pakei lagi laon kali, IN 'fEN"

"PARI'r 50

C. PAKEI PERAK DAN TEMBAGA.

D. PAKEr TEMBAGA DAN GARAM BLOEDLOOG.

Ini pekerdjahan djarang sekali dipakei boewat plaat ke-ring, tetapi banjak sekali goenanja boewat katJa basah (jang disiram dengan Kollodium),

Taroh katja jang soedah difixeer dan ditjoetji bersi h dalam soewatoe oplossing dari 10 bagian troesi dan 100 bagian aer, dan tambah in padanja 1 c.c.M. daripada soe-watoe oplossing, jang dibikin daripada 10bagianBroomkali dan 100 bagian aer hoedjan,

Tiada antara beberapa rnenit 1amanja, lantas gambarn ja kat ja ketoetoepan warna koening moeda, 1ebih lama lebih tebal. Kaloe dirasa tjoekoep tebalnja, lantas diangkat, dit joetj i bersih sama aer ; danlantasdisiram denganoplossing Zilvernitraat(1:6ljangditjampoerindengansedikitCitroenzuur.

Gambarn ja lantas mendiadi hitam, 1aloeditjoetji biar bersih dalam aer,jangsebent ar-bentar mistidiganti dengan aer baroe.

djangan berbalik mendjadi koening, haroeslah katjanja di-tjoetji biar bersih dalam aer hoedjan,

Ini pekerdjahan banjak seka li goenanja boewat negatief jang terlaloe amat tipisnja 'di atas katja.

(~) Artinja 1: 10, [a-ltoe satoe bagian kallumeltraat dan se-pocloeh bugianaer.

Tjampoer oplossing di bawah ini, jang misti disaring 1ebih doeioe:

600 c.c.1I. Kaliumciiraat-oplossing (1:10)

o

80 " Kopervitriool (troesi)-oplossing (1:10)

dan 70 " Roodbloedloogzout-oplossing (1:10)

53

1IPAR I T I N TEN .' '

katja 46 dari inibookoe). Djikaloe nodanja tiada keloewar, tjoba masoekin dalam ini oplossing:

Aer. 1 Liter

Aluin (t awas). 200 gram

Citroenzuur . 60 sampei 100 "

Katjanja dikasih tingga l rendam bebrapa djam dalamini oplossing.

2. Boewat bikin hilangnodakoening ata wa hidjo(slui er) di atas plaat kering atawa kertas garnbar (broornzilver), boleh digoenaken djalan [ang terseboet di bawah ini:

Setelah katia atawa kertas itoe soodah ditjoetji bersih boawat dikasih keloowar hyponja, lantas masookin dalam soewatoe oplossing, jang dibikin daripada 20 gram Thio-carbamid, 10 gram Citroenzuur dan 1 Liter aer (kaloe koe-litnja gelatine torlaloe tipis dan lernbek, gampa ng pitjah, boleh tarnbahin lagi 20 gram tawas [aluin]).

Dalam tempo 5 menit sadja, lantas segalanoda itoe men-djadi bersih dan hilang daripada katja atawa k-rtas,

3. Kaloe katja ada rnenoondjoekken noda jang koerang baik, kasih mandi sebentaran dalam Ammoniumpersulfaat-oplossing 2 procent dan lantas tjoet ji bersih sama aer , Sesoedahnja, baroerendamsebentaran dalam

Natriumsulfiet-oplossing (1:10).

4. Djoega katja jang keloewar dari hypo, kaloe ada menoendjoekken noda tiada baik, sesoedahnja ditjoetj ib er-sih dengan aer, kira-kira

1 / 2

sampei 1 menit lamanja (so-hingga hilang nodan j a) boloh direnda m dalam soewatoe oplossing, jang dibikin daripada :

Aer . 1000 c.c.m.

dan Overmangaanzure kali . 1 gram

Sosoedahnja lantas ditjoetji sama aer dan kira 5 menit lamanja direndam dalam soewatoe oplossing daripada 10 gram Natrlutnbisulfietdan 100c.c.M. aer,atawa 1 bagianzure

"PARii'I NTENa

D. Den ga11 A Ic0 h0I.

Sepotong kaen bersih atawa koelit tipis direndam dalam Alcohol dan digosokin pada tempat jang maoe dibikin lebih terang gambarnja, sehingga koelit gelatine pada katja,jang ada tertjam poer deugan perak, menJjadi tipis sekali dan gampang dibikin teran g oleh masoeknja Alcoholitoedalarn selat selat nja,

Blkin benlng katja of Kertas jang koenlng warnanja.

1. Djikaloe soewato- katia sesoedahnjadimasoekin dalam Hypo, ada rnemberi noda koening,lantasrondam ia bebrapa menit lamanja dala m soewatoeZuur Fixeerbad(lihat moeka tianja dalam ini oplossing, sampei kelihatan tjoekoep ti-pisnja, lantas angkat dan tjoetji.

C. Donga n A

m

m0 n iumpe rsu i fa at:

Katja iang terlaloe gelap,sesoedahnjadifixeer, baik diren-darn scbentaran dalamAmmoniumpersulfaat2 gram, jang di-tiarnpoerin 100 c.c.M, aer.: Lebihbagoeslagikaloepada 100 c.c.M. oplossing ini ditjampoerin kira-kira 2 c.c.M. daripada soewatoe oplossing jang dibikin daripada 1 bagian garam dapcer dan 100 bagian aer hoedjan. Gambarn ia bakal dja-di tambah lebih bening lagi.

Sesoedahnja, lantas katja itoe ditjoetji bersih dalamaer, komoedian direndam dalam Natriumsulfiet-oplossing (1:10) dan laloe ditjoetji lagi dalam aer, soepaia katjanjadjangan lebih moendoer lagi lantaran dimakan oleh afzwakker tadi, jang ada sangat tadjamnja dan dibiki n poenah ratj oennja oleh ini sult\et-opJossing.

Ini oplossing boleh dipake ibebrap a kalibertoeroet-toeroet pacta laen katja, dan lantas diboewang, karana tiada boleh disimpan lama.

52

P A R I T I N TEN." 55

"

3. Lakjang keras.

Seroepa lak jang amat keras dan boleh dipakei boewat retoucheer (retoeseer), dibikinnja begini:

(*) Celluloid [a-itoe serocpa barang daripad u ma~a dibikin roepa-roepa macnan nnak -an ak, sepcrti bal,boneka, gcla ng. si-sir d.1.1.s, Dibikin dari pada ka poer baroes, roepan]a ama t be-ning dan gam pan g seka ll menj alah kaloe kena api,

2. Zapon-lak.

Celluloid *) jang bening sekali. 5 gram dikasih hantjoer dalam Aceton. 500 11

dan Amy/acetat . . 500 "

Kaloe maoe boewang ini lak dari katja, rendam seben-taran sadja atawa tcewangin di atas katja itoe soewatoe tiarnpoeran daripada Aceton dan Amylacetat.

1. dengan Aceton.

Sandarak • . 100 gra-n

Benzol . 400 c.c.M,

Aceton . 400 "

Absolute Alcohol . 200 "

Djikaloe maoe bikin bantjoer segala bars ini ieb ih lekas, baik ditim dalam aer panas, tapi djaga baik, djan gan kena api, karana alcohol itoe gampang menjalah, Lant as saring dengan kertas saringan (jiltreerpapier atawa kertas kopi,ja-itoe seroepa ker tas Tjina jangumpoeksokalidantida pakei lijrn, biasa dipakei boewatboengkoes kopiatawaroti),

B. J an g dip a k e i din gin.

Ada banjak roepa lak iang dipakei dengan djalan dingin, artinja: tiada oesah dibikin panas atawa angatkatja plaat negatief lebih doeloe. Di bawah ini kita kasib receptnja jang terpilih paling faedab adanja.

"P A R I T I N TEN."

\7ernls (L k) Katja gelatine.

A. JaIlg di pa k ei pa n aS:pan a s.

Kaloe maoe toetoep katja (droge gelatino-plaat) soepaja djangan kena noda atawa kotoran, misti pakeiseroepa ver-nis (lak) jang amat terang (bening). Di bawah ini kita kasih receptnja .

Katja jang soodah koring sendirinja, dikasihangat dengan diganggang di atas api gas atawa spirit us, lantas disiram dengan lak atawa vc.nis, jang dibikinnja begini:

Schellak jang poetih dun paling bening, dikasih hantjoer lebih doeloo (bikir, boeboek) banjaknja . .400 gram

Sandarak . 100 "

Mastix . 10 "

Dammar (mata koetjing). 10 "

Ricinusolie (kast rolie). :) totes Semoewanja dihantjoerken dalam 2 Liter Alcohol atawa arak jang paling keras (92 sampei !J;) percent).

Djikaloe eo.dah hantjoer betoel. saring dengan kertas saringan , lantas dikasih tinggal biar segala kotorannja tocroen di bawah, kemoedian toewang jang bening (di atasnja) dalam laen botol dan toetoep biar rapat,

dja-ngan masoek kotoran.

Kaloe ini lak terlaloe kenta l, boleh dihikin lebih tipis oleh tambahin lagi sedikit Alcohol sampeseparoh banjaknja.

Djika loe maoe diboewang ini lak, dari katja, kasih mandi sadja katjanja dalam~A1cohol, lantas goegoerlah laknja.

Sulfietloog dan 1 bagian aer, dalam mana ada tertjampoer sedikit sadja Mangaansuperoxyd.

Katja jang direndam dalam ini oplossing, dapat warna itam aboe-a boe dan tambah lebih terang (bening). Kaloe perloe, boleh dibikin lebih itam lagi.

57

Selamanja banjak orang bikin film boewatgambar idoep (bioscoop), maka ada djoega goenanja di bawah ini kita kasih recept, bagimana film itoe jang kakoe boleh dibikin lemas, menoeroet penoendjoekanuja toewa n Professor Docter J. .M. EDEH.

Film [ang kakoo, dikerdjaken seporti gambar diataskatja plaat kering jang berlapis golatine, jaitoe sesoedahnja di-fixeor, laloe ditjoetji dalam aer bersih,kemoedian didjemoer sampei kermg. Rolfilm jang tipis, kaloe bergoena, boleh dibikin lemas sekali , kaloe sadja bebera pa men it lamanja dikasih tinggal dalam bad, jang terseboet di bawah ini:

Aer . 600 c.c.M.

Alcohol . . 600 "

Glycerin . :> 11

Kaloe soedah, angkat, lantas djemoer sampei kering, Maka film ini tiada akan bergoeloeng dan amat lemasnja.

atawa :

1 bagian Dammar

di kasih hantjoer dalam : 5 bagian minjak Terpentijn.

Soepaja gampang membikin retou cheer dengan potlood pada gambar di atas katja nega ti e f, maka katja itoemisti digosokin dengan Maltoleln Bikinnja begini :

Dammar .

dikasih hant joer lebih doeloe dalam

Tetrachloorkoolstoj

Kaloe soedah, tambahin:

Boebook haloes dari Manilfa kopal.

Dj ikaloe socda h hantjoor, tamba hi n :

Benzol

Tim di atas api (dalam aerpanas)sa mpeihantjoerbetoel, lantas angkat, kasih tinggal sebentar, angat-angat saring dongan ker tas ttltreer.

Laen dari pada dammar, boleh djoega dipakei Mastix.

lni lak goenanja boewat toet oep gambar di atas katja jang maoe diretoucheer. Dimana tempat jang n130edibikin lebih terang katjanja, maka lak in i boleh digosok dengan soewatoe topo, jang dibasahin dengan Alcohol.

Bagian jangsoedah diretoucheer,kaloe maoedidjagasoepaja dj angan kena diseka atawa mendapat noda, boleh ditoetoep dengan soewatoo oplossing daripada 1 bagian getah karet

iCaoutchouc atawa Getahpertja) dan 100 bagian Benzine.

Dibawah ini berikoet beberapa recept fatsal mem boewat Matlak:

. "P A It I TIN T E N." 69

Tj aI' a 01and a: .Na t t e Ko 110 diu m pr oce s BERGOENA BOEW AT MEM3IKIN GA lII BAR CLICHE

Zlncografle dan I\utot'lple.

In document BIBLIOGRAFISCH VERSLAG: (pagina 27-32)