• No results found

1 djilid tebel f 1.50 Iaen ongkos ki rim

In document SIGNATUUR MICROVOR •• (pagina 40-43)

IV

LuitenantSiang dateng menoeloeng.

Djoestroe te npo Lie Pat Houw baroe maoe toeroenken pedanqnja ke atas batang lehernja Phe Kong. koenjoeng-koenjoeng dari sebla blakangnja ada kedengeran soeara orang berkata begini :

"Nanti! toenggoe doeloe! saja dateng!!"

Lie Pat Houw sigra berpaling dan meliat, njalahlah orang jang dateng da~ baroesan' berkata itoe, djoega a:la seoranq penggawe dl dalem gedongnja. jang bernama Lie Tiong, jang ada ama: disajang dan dipertjaja betoel oleh ia poenja soedara Lie Tjiet Houw.

Dengen lakoe sanget terqoepoe-qoepoe, Lie Tiong sigra madjoe menqampirken Lie Pat Houw sambil membri taoe katanja: '

"Saja dateng boeat kasitaoe pada Tjhunq-tjoe-Ija, bahoea Lau Looija Tlansoe dari af-deeling Sam Hoo Kwan telah dateng hen-dak minta berdjoempa dan sekarang ia soedah ada menoenggoe di loear pintoe gedong.

Belon taoe, apatah Tjhungtjoe-ija soeka tri-ma kedatengannja atawa tiada?"

Setelah soedah mendenger itoe warta,

Lie

Pat Houw dja:li amat kaget dan lantas ber-pikir dalem hati sendiri: ..Ach, kedatengan-nja (toe Lauw Tiansoe soenggoe ada amat

aneh dan loear biasa sekali, kern a ia dateng dengen begitoe terkoenjoeng-koenjoeng di di waktoe begini malam boeta.

Boleh djadi kedatengannja itoe ada ber-hoeboengan dengen perkaranja Tie Kwan".

Soepaja pembatja tiada djadl bingoeng.

biarlah disini saja menerangken terlebih doe-loe, tjara bagimana itoe Lauw Tlansoe soedah bisa dateng di itoe tempat 7

. Phe Hinjanq menoeroeti pesenan toeannja, maka sedari sang toean soedah dibawa ma-soek kedalem itoe roemah besar, jang ia belon taoe ada kepoenja'annja siapa 7 Moelai dari itoe waktoe, Phe Hln selaloe ada berdjalan moendar - mandir di sebla loearnja peka-rangan itoe edong, sementara ia hendak me-noenggoe sampe toeannja soedah keloear: kombali. Tapi ia soedah teroes menoenggoe sampe matahari moelai toercen ke fihak barat-masi sia-sia sadja, belon djoegakeliatan sang toean keloear ko~bali dari itoe roemah besar.

hingga Phe Hin moelai dapet .rasa koeatir, Begitoelah sedeng ia ada didalem kebinqoenqan koenjoeng-koenjoeng dari djoeroesan sebla . wetan ada keliatan seoranq toea, jang kira kira soedah beroesia lebih dari iOtaon sedeng djalan mendatengi. Maski itoe orang soedah beroemoer begitoe toea, tapi aer moekanja

masi ada amat keren, sedeng gerakan djalannja masi keliatan amat gesit dan gagah sekali.

Phe Hin sigra madjoe mendekati, sambil manqqoetin kepala dengen hormat ia laloe menanja begini:

,,'mpe! saja toeroet tanja, Bahoea ini kam-poeng apa namanja 7 Dan ini roemah besar ada kepoenja'annja siapa 7 Siapatah namanja oranq hartawan jang tinggal di itoe gedongT'

"Deh. kita orang poenja des.. ini blasa dlseboet nama Taytoo Lieaintjhung", saoet-nja itoe orang toea : .Dan ltoe orang harta-wan'j~ng tinggal di Hoe roemah besar,jalah

'ada sea rang jang sanget kesohor namanja

didalem delapan afdeeling dari ini residentie, jaitoe jang diseboet Pekma Lie tjiet houw. Kau hendak tjari siapatah scedah dateng disini 7"

Phe Hin tiada membrl penjaoetan atas itoe pertanja'an, hanja dalem hati sendlrl ia lantas berpikir begini: "Menoeroet katanja akoe poenja Looija, bahoea ditengah djalan Looija telah mendenger orang tjerita, jang di ini kampoeng ada bertempat satoe djago jang amat djahat bernama Lie Pat Houw.

, Itoe sebab maka setelah Looija soedah moelai pangkoe djabatannja, dengen diam-diam la soedah menjamarken diri dateng

78

inentjari keterangan kemari. Dan ia soedah masoek ke itoe roema besar, akoe toenqqoe sampe sakean lamanja, Looija belon djoega keliatan keloear kombali. Siapa taoe, kaloe di dalem soedah kedjadian apa-apa jang koerang baek dan berbahaja bagi Looljakoe ampoenja diri 1

Dan sekarang. baeklah akoe lekas kombali sadja lebih doeloe ke kantoor, boeat membri warta tentang ini hal".

Sehabis berpikir demikian, dengen tiada membilang lagi poeti atawa item pada itoe orang toea jang baroesan ditanjaken kete-rangan. PheHin sigra balikin badannja teroes berdjalan dengen setjepet-tjepetnja menoedjoe ke djoeroesan Sam Hoo Kwan. '.

"Ach! baranqkall'itoe anak moedah ada setengah edan 1" Demikianlah itoe •mpe laloe mengomel dengen''soeara menggerendeng di dalem leher, sambil mengawasin sekoetika lamanja ke djoeroesan mana Phe Hin telah berdjalan pergi.

Tlada selang brapa lama kemoedian, Phe Hin soedah sampe di depan kantoor kepala neqri, jang lantas disamboet oleh bebrapa oppas pclitie, sambil menanja begini:

.•Ha I Phe Djieija baroe kombali. Kau telah pergi kemanat ah sampe begini lat baroe

poelang 1 Apa Djieija pergi berdjalan denqen tiada menoenggang koeda

1"

"Tiada! soedah djangan banjak bitjara"

saoet Phe Hin dengen soeara jang menjataken

. d bi L k nr '1

la se eng mqoenq i v, e as panqqr oppas-oppas politie 'janq sedeng mendjaga di loear.

Soeroe iaorang lantas masoek kedalem kan-tooran, akoe hendak bitjara perkara perloe sekali. Hajo: lekas panggil".

"Baek! Djieija!"saoetnja\toe oppas politie. Phe Hln lantas berdjalan.masoek kedalem kantooran, teroes boeang.badannja ke atas satoe korsi, sambil bernapas senqal-senqoel, lantaran merasa amat tjape, sebab baroesan berdjalan begitoe tjepet.

Tiada diantara lama poela,·Iantas ada be-brapa oppas politie dateng masoek kedalem kantooran sambil menanja begini : ;

"Djieija panggil pada klta oranq dateng mengadep. belon taoe Djieija hendak soeroe kita orang melakoeken titah bagimanatah1"

"Tjoba kau orang pergi oendang Tiansoe Looija bersamaSiang Peetjong dateng kemarl", kata Phe Hin: "Dan bilang padanja, bahoea akoe ada soeatoe oeroesan amat penting boeat lantas dibri taoeken pada marika berdoea".

"Baek. Djieija! kita orang lantas pergi menqoendanq pad a itoeked~eaLooija".saoet~·

nja itoe bebrapa oppas politie jang lantas djoega berdjalan pergi.

Tiada lama kemoedian, itoeTlansoeLauw Looija telah dat.eng. jang oleh Phe Hin lantas disilahken masoek kedalem kamar pertenga-han, -dan sesa'at kemoedian Siang Peetjong (Luitenant Siang) dari barisan pendjaqa di itoe afdeelinq-poen telah dateng djoega disitoe.

Itoe Siang Peetjong ada bernama Siang Hing alias Ban'Lan.kira-kira baroe beroesia 40 taon lehih sedikit, Adat tabiatnja ada keras dan berhati lempenq, sedeng tenaga kekoe-atannja ada melebihidari seqala oranq, sedari ia pangkoe djabatan Commendant dari barisan pendjaga di itoe afdeeling. selaloe ia ada kasi oendjoek keqlatannja, seringkali telah dapet menanqkep kawanan perampok jang tersohor djahat dan senantiasa mengganggoe pri ke-amanan di itoe bllanqan. Pada itoe sore, setelah dapet trima oendangannja Phe Htn, maka denqen tiada berajal poela lantas bawa 'bebrapa orang pengikoetnja djalan menoedjoe ,ke djoeroesan kantoornja Tie Kwan, setelah ia liat'Lau :l"ansoe s

e

ah ada berdoedoek disito /./';.~ ~. '

<'

isamboeng.)

In document SIGNATUUR MICROVOR •• (pagina 40-43)