• No results found

0089 3469

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2022

Share "0089 3469"

Copied!
44
0
0

Bezig met laden.... (Bekijk nu de volledige tekst)

Hele tekst

(1)
(2)

BIBLIOTHEEK KITLV

0089 3469

(3)
(4)
(5)

>. 2. 30 AHO. 1941 YAON KA 1.

M A A N D B L A D : 1

1 „SiAuw B OK T OK G WAT K HAN"

. Adm. Tio Tjien ik. Red. Anw Ing Kiong.

Haiga abonnement : Seerat - soerat boleh di- ' 1 taon (12 nummer) f 1,20 alamatken : ' Harga advertentie : A U W I N G K I O N G

Boleh Belik - Solo.

ff

.ONG HWÎE LUNG \Ji

TIQTTËL^ FOE^ IGAMA DL KAMOEDIAN HARI.

OUh: R. F. JOHNSTON.

Diâalin ka bahaaà Tionghoa oleh-. Ong Siem Kie D 'ualin ha bahasa JUêîajoe oleh :

Auw Ing Kieng - Solo.

(6)

» J

^ BROOD-EN BANKET. BAKKERIJ J

^ — „ O R I O N " — <

» J

II Solo Telf. No. 155: ^

^ Klaten, Sragen, Bojolali, Tawangmangoe. ^

I Kediri Telf. No. 97. |

^ Djonabang, Pare,Toeloengagoeng,Ngoenoet, ^

^ Blitar, Modjokerto, Ngandjoek, Madioen. ^

^ Pasoeroean Telf. No. 67.

^ Loemadjang, Bangil, Pandakan, Batoe. ^

T C E K # v l % i e C I C I

Jang terkenal pande dan radjin, dan jang paling lama di kota Solo, adalah ;

LIE JAUW TJIOK & ZOON Tambaksegaran 57 — Solo.

(7)

N«>. 2. AtiO. 3941 MA 1.

M A A N D B L A D :

„SiAuw BOK TOK 6WAT KHAN" |

Ädiii. Tio Tjieti Ik. Red. Âuw Isa Kiong. !

üiéalin ka baham Tionghoa : On^ Sieni KU.

Dualin ha baham Mela joe : Ing Kiontj-Selo.

Boeat mengatahoei diapa aàanja Mr. R. F- Johnsion, ia ada (foeroe bahana Inggris dari ex-keizer Swan Thong, atawa Henry Pu yn, dari karadja'an Tjhing dynastie.

Air. R. F. John,rlon, boleh dibilang, ada salah Mloe orang asing jang banjak bantoe boeat gerakan Kbong Kauw Hwee di. Tiongkok.

Orang-orang Barat apabila marika naeroen- ding soeal di Timoer, djika itoe peroendingan

I n j o «/of'or tnnpgoengori pen;ifo4.

Harga abonnement : 1 taon (12 nummer) f 1,20

Har®ï^3^^vëî^ïSîS!>ii^

Soerat - soerat boleh di­

alamatkan : A U W I N G K I O N G

^ Beiik - Sole.

Oleh: R. F. JOHI^SrON.

(8)

ada mengenaken pada Tiongkok poenja „igama,"

tida boleh tiada, tenfcoelah ada menoetoerken prihal petjah-belahnja jang berantakan bahoea itoe igama bakal tiada bisa aken dihimpoen lagi!

Sedari Tiongkok ada itoe gerakan Kik-bing, boleh dibilang, keada'an pamrentah negri ada berobah begitoe roepa, teroetama itoe aliran baroe ada begitoe keras sekali, sampe boleh di­

bilang, bahoea orang soedah tiada bisa pandeng lagi kabagoesan dari goenoeng Louw-san jang indah, menoeroet omongan orang banjak, satoe daja jang paling teroetama boeat toeloeng pada Tiongkok, jaitoe tjoema igama „Kristen" sadja!

Orang-orang jang denger, apabila tiada maoe taro perhatian dengen aloes, semoea laloe toe- roet-toeroetan. Tapi, igama Kristen masoek ka Tiongkok, pelahan-pelahan memang djadi lebih soeboer, dan doeloe kaloe pamrentah Tiongkok ada minta pada perkoempoelan Kristen boeat bersembahjang, sabetoelnja dalem mana ada mengandoeng maksoed prihal „financien" dan ,,politiek" !

Igama Khong Kauw dan igama Budha, soe­

dah lama sekali berdjalan di Tiongkok, dan apakah betoel kaloe doea igama terseboet soe­

dah tiada tjotjok pada keada'an ini hari? Dan apakah betoel kaloe doea igama terseboet, ba­

kal tida bisa mempertahanken itoe kakoewasa'an

»eperti doeloe hari ?

Boeat meroending kadoea igama terseboet poenja kadoedoekan di ini hari, tiada boleh tiada, kita koedoe menengok pada keada'an sa- belonnja Tiongkok ada itoe gerakan Kik-bing.

Ka-satoe, Khong Kauw ada di Tiongkok soe-

(9)

dah beroemoer 2000 taon lebih, dan boleh dibi­

lang, sembarang tempat pada diriken Boen-bio (gredja Khong Kauw) dan adaken Hak - kwan (roemah pendidikan), sedeng orang - orang jang berkoewasa pada adjak semoea moerid-moerid setiap tanggal 1 dan 15 pada bikin sembahjangan, teroetama setiap taon sama bikin sembahjangan besar.

Khong Bio atawa gredja Khong Kauw ada di Khiok hoe, teroetama itoe koeboeran dari Khong Tjoe hanja ada orang jang pegang koe- wasa boeat merawat itoe, dan telah oekir itoe tiga belas kitab soetji di mana batoe perloenja boeat kasi toendjoek pada orang-orang jang memang soeka mengoedi pada itoe pladjaran, maka tiada heiran dalem roemah-roemah tangga di Tiongkok kabanjakan atawa semoea pada memoedja itoe pladjaran dari Nie-san (Khong Tjoe)

Orang-orang Tionghoa batja kitab-kitabnja Khong Tjoe jang diseboet Soe.sie dan Ngo-king, boleh dibilang seperti djoega Tiongkok poenja dasar pendidikan, jaitoe tiada beda seperti di Grikenland poenja pladjaran Latyn jang tersiar loeas di negri Inggris. Inilah seperti dalem pri- bahasa ada dibilang, itoe makanan padi dan gandoem, atawa kaen dan soetra, tiada bisa aken ditinggalken dalem satoe hari sadja !

Pengabisan karadja'an Tjhing, ada taro per­

hatian pada pladjaran Barat, ia soedah boeang tentang itoe examen model koeno, dan pelahan- pelahan kitab-kitab soetji kapoenja'an kaoein Khong Kauw telah linjap, tapi Tiongkok dalem doea riboe taon lebih sampe sekarang, semoea

(10)

plaioeran peradatan, pamerenfcahan, dan laen- laen, hanja ada ambil dasar dari pladjaran Khong Kauw, teroetama itoe senaoea pladjaran, kasopanan, kabiasa'an berasal ada dari pladjaran Ktong Kauw, maka kaloe menilik itoe, betoel- betoel pladjaran Khong Kauw memang ada igama negri dari orang Tionghoa !

Kadoea, soeal pladjaran Budha, pada sa- belonnja ada itoe gerakan Kik-bing, boleh di­

bilang, ini pladjaran ada di dalem Tiongkok, tjoe- ma bisa djalan di Tiongkok poenja bagian sebelah wetan-kidoel, tapi tiada begitoe lakoe di Tiong­

kok poenja bagian wetan-lor.

Deket kota-kota besar, boleh dibilang, itoe gredja-gredja memang ada banjak, dan bisa aken diliat, tapi di bagian saoeroetnja provin­

cie-provincie, Tit-lee, Swa-say, Hoo-lam, Swa- tang d. 1. 1., semingkin 'hari ada kliatan lebih moendoer.

Doeloe hari di satoe tempat jang goenoeng dan aernja kliatan begitoe sepi dan indah, bo­

leh dibilang, tentoe ada berdiri gredja Budha, jang mentereng, tapi, waktoe paling blakangan ini lantaran tiada terawat djadi roesak begitoe roepa, dan kebanjakan tjoema kliatan tanah kosong dan pendirian - pendirian jang soedah ampir rpesak.

Terlebih poela prihal organisatie dari itoe gredja - gredja Budha, ampir boleh dibilang, se­

karang soedah tiada ada sama sekali, terlebih poela prihal platoeran kamatian sekarang soedah tiada ada, maski ada, soenggoe sanget sedikit sekali. Tapi, ini ada katjoealinja bagian sebelah kidoel, sedari di Tiongkok timboel pembrontakan

(11)

Ang Sioe Tjwan, gredja - gredja malaK dibikin bangoen poela dan diperbaekin, ada djoega kliatan lebih baek dao lebih mentereng dari pada doeloe hari.

Di sepandjang provencie - provintie : Kwi- tang, Hok-kian, Hoen-lam d. 1. 1 , boleh dibilang, ada kliatan begitoe bagoes, maka tiada heiran keada'an masih kliatan begitoe bersoemenget !

Doeloe pernah kedjadian di Japan, kaoem Budhist pada bergerak dan nienoedjoe aken korbanken dirinja goena negri, hingga kemoedian ada djadi satoe hikajat jang mentereng tentang perobahan dan kamadjoean dari orang-orang Japan, tapi, Tiongkok sama sekali tiada mem- poenjai itoe gerakan, maka banjak sekali orang- orang pada kataken, bahoea pladjaran Budha di Tiongkok semangkin hari djadi lebih mati dan sampe rasanja tiada bisa aken bergerak lagi.

Tapi, pada hal jang sasoenggoenja, siapa- siapa jang sedikit sadja taoe dalemnja, tentoe- lah bakal tiada bisa bilang begitoe, sebab se­

dari Tiongkok ada itoe gerakan Kik - bing, boleh dibilang, kaoem Budist telah diriken sa­

toe Tjong-hwee (centraal), dan ini Tjong • hwee ada kendaliken begitoe banjak gredja - gredja di banjak tempat, perloenja boeat mendjaga atawa melindoengin kakoewasa'an dan hak dari pladjaran Budha, marika satoe kepada laen saling gandeng - bergandeng dan saling contact.

Semoea tempat - tempat jang berhikajat boleh dibilang, sebisa - bisa maoe dilindoengin, diriken sekolahan - ineskin boeat toeloeng pada rahajat jang koerang marapoe, teroetama roe-

(12)

mah - roemah piatoe, pendek kata semoea ge­

rakan amal ada dilakoeken begitoe giat sekali, maka apakah itoe bóekan ada satoe

jang baek bakal bangoennja pladjaran Budha di

Tiongkok? /• j • »

Begitoepoen madjallah Budha djoega tiada kaloepa'an telah diterbitken, disitoe tentoe sekali ada banjak dibitj^raken prihal riwajat

dan kedjadian jang bersangkoetan pada pla- « ^ djaran dan orang-orang Budha!

Kaloe menilik orang - orang jang pegang kendali, kabanjakan ada orang - orang jang be- toel-betoel tjinta sama igamanja, maka banjak sekali orang - orang jang soedah kasi bantoean baek tenaga maoepoen kaoeangan, itoe gerakan boleh dibilang, tjoekoep bikin bangoen orang jang selagi njenjak, tjoekoep bikin melek bagi orang jâng soedah lamoer, dengen adanja itoe, apakah kiranja itoe bakal tiada membawa ka- goena'an bagi Tiongkok ?

Pladjaran Khong Kauw dan placljaran Budha, selama-lamanja boleh dibilang, ada idoep dami, dan tiada saling bertentangan .

Banjak sekali orang pada anggep, bahoea , Budha adalah itoe o r a n g jang mempoenjai angen-

angen hendak idoep diri sendiri, atawa ada djoega jang pandeng ia sebagi saorang jang

sanget bertentangan pada wet Natuur, tiada ^ ^ mentjotjokin pikiran oemoem d. 1.1., tapi, siapa-

siapa jang maoe korek iapoenja kitab, aisitoe banjak sekali terdapet sari - sari jang mempoe­

njai hoeboengan rapet pada pendidikan dan pladjaran, terlebih poela pladjaran Budha ter- hadep pada pladjaran Khong Kauw ada begitoe

(13)

rapet dan tjinta, maka ini doea pladjaran bisa saling bantoe - membantoe, dan djangan djadi saling bermoesoehan !

Sedari di Tiongkok berdiri itoe Tjong-hwee dari pladjaran Budha, tiada selang brapa lama, poen Tjong-hwee dari pladjaran Khong Kauw telah berdiri.

Poen orgaan - orgaan dari kaoem Khong Kauw djoega lantas bisa diterbilken dengen ba- ek, dan kita taoe editor ada Dr. Tan Hwan Tjiang jang terkenal, ini kadjadian pada boelan Djie-gwee, Khong Tjoe taon 2M64.

Dr. Tan Hwan Tjiang ada saorang Tjien- soe jang mempoenjai pengertian kasoesastraan jang tinggi sekali, kamoedian ia kloear ka loear negri dan masoek sekolah di sekolahan tinggi' di Amerika, Colombia.

Ia dapet gelaran Ph. D., kamoedian ia sasoedahnja poelang ka Tiongkok lantaran ia dapet taoe, keada'an di negrinja ada begitoe mengenesken, orang - orang Tionghoa semingkin lama ampir loepa pada semoea peradatan dan kasopanannja sendiri, dari itoe, ia lebih giat bbeat membangoen pladjaran - pladjaran dari negrinja sendiri, maka tiada heiran, kaloe ia poenja hati ada begitoe tetep boeat membangoenken pladja­

ran Khong Kauw.

Ia kerep bilang, selagi Tiongkok dalem keada'an roesak, soepaja Tiongkok tiada ka- tlandjoer djadi moesna, ada perloe sekali koe­

doe lindoengi apa jang djadi poesakanja orang Tionghoa sendiri, teroetama haroes geraken itoe pladjaran - pladjaran dari kita orang Tionghoa poenja pladjaran - pladjaran jang terbesar !

(14)

Ia soedak goenaken iapoenja kapandean dan pengertian jang begitoe tinggi dan besar boeat bangoenken pladjaran Khong Kauw, itoe apakah boekan ada satoe kabroentoengan bagi Kbong Kauw dan pada Tiongkok?

Pladjaran Khong Kauw, bisa diakoe sebagi igaina negri atawa bbekan, sekarang orang pada saling bereboet !

Teroetama Dr. Tan Hwan Tjiang dengen tetep dan keras ada di dalem parlement minta soepaja pladjaran Kbong Kauw ditetepken se­

bagi igama negri.

itoe voorstel dari Dr. Tan Hwan Tjiang ada di setoedjoei sekali oleh President Wan Tjong-thong, teroetama oleh bebrapa banjak ..leden.

Tapi berbareng dongen itoe voorstel, laloe timboel reactie duri laen fihak ada begitoe hei­

bat sekali.

Doeloe ada di dalem salah satoe soerat kabar Times, penganoet Kristen jang terkemoe-

ka soedah bikin satoe soerat kiriman, ia bilang, kaloe pladjaran Khong Kauw ditetepken sebagi igama negri, itoelah ada satoe hal jang sauget tiada raengoentoengken sekali bagi golongan Kristen, maka perloe sekali kaoenj Kristen koe­

doe bertindak sekeras kerasnja, begitoe itoe pe- moeka soedah mengandjoerken pada kaoemnja.

Kamoedian banjak sekali orang-orang pada toelis dalem itoe soerat kabar, dengen bilang : apabila Dr. Tan Hwan Tjiang poenja voorstel bisa ditrima, dan pladjaran Khong Kauw dite­

tepken sebagi igama negri, tentoelaÊ kaoem Kristen bakal tiada ada kans lagi boeat bisa

(15)

doedoelc sebagi satoe ambtenaar, dan oepama bisa djoega djadi ambtenaar tentoelah bakal tiada bisa melakoeken iapoenja oepatjara ka- igama'an, dari itoe, kaoem Kristen poenja hak terhadep negri bakal ilang sa'anteronja. Begitoe

" sebagian besar itoe kaoem Kristen pada saling mengandjoerken pada golongannja.

Tapi marika tiada taoe, andc kata pladjaran Khong Kauw bisa ditetepken oleK pamrentah

* sebagi igama negri, kaoem Kristen boekannja bakal tiada diperkenanken boeat djabat kadoe- doekan dalem pamrentahan negri, atawa djadi ambtenaar, sebab mana bahoea dalem' consti­

tutie, toch trang-trang soedah ditoelis, orang ada merdika boeat anoet segala igama jang rasanja ada soeka, maka trang sekali tiada nanti pamrentah bakal peksa soeroe ambtenaar kaoem Kristen koedoe melakoekan peradatan dalem pladjaran Khong Kauw.

Sabetoeinja pladjaran Khong Kauw bisa ditetepken sebagi igama negri atawa tiada, itoe- lah ada satoe soeal dalem tanah Tiongkok sen­

diri, apabila betoel - betoel orang Tionghoa se- moea memang mempoenjai itoe katetepan hat boeat bertindak begitoe, marika nanti jang ba kal bisa tetepken itoe !

Kaloe kaoem Kristen soedah menentangii dan boeka satoe peroendingan dalem soera M kapoenja'an orang asing, boekan laen hanj, tjoema maoe menarik orang asing poenja pet hatian, dan marika harepken soepaja bisa ban toe, maka sendiri soedah mempoenjai hak, taf tiada*bisa aken melindoengin sendiri (tiada b sa pegang sendiri) sebaliknja malah tjoem

(16)

maoe mengandel orang asing, apakah itoe tiada kliroe ? Oh, kliroe sekali !

Kaoem Kristen di Tiongkok tjoema ada 2.000.000 orang, dengen itoe djoemblah tjoema ada satoe-perdoea ratoes procent dari rahajat Tiongkok, sedeng marika poenja pendirian- pen­

dirian gredja boekan laen tjoema minta per- toeloengan atawa minta perh'ndoengannja pen- dita pendita dari loear negri, teroetama tjoema maoe bersender laen negri poenja kakoewatan, atawa tjoema maoe mengikoet itoe orang-orang asing poenja gerakan amal, kaloe sendiri tiada mampoe boeat berdiri sendiri, bagimana bakal maoe toeroet tjampoer dalem peremboekan soeal Tiongkok poenja igama negri ?

Kaoem Kristen itoe waktoe dengen maoe goenaken kakoewatannja orang asing boeat me- nentangin kaoem Khong Kauw, soedah menim- boelken kameneselan bagi orang-orang jang me­

mang tjinta pada Tiongkok, tapi, semingkin lama itoe bentrokan djadi semingkin sengit.

Dengen ambil laen djalan, marika soedah bersariket pada kaoem Budhist, Tooist, dan Islam, serloenja boeat bis» dapetken tenaga jang lebih

»esar, dan pada itoe waktoe, soerat-soerat ka- )ar asing pada tetoeroetan dan toeroet menim-

>roeng, dan lebih madjoe itoe soerat-soerat kabar sing telah siarken kabaran, apabila Tiongkok etepken pladjaran Khong Kauw sebagi igama egri, tentoelah bakal timboel satoe pembron- akan, hingga nanti djadi roesoeh dan antjoer.

Dan itoe soerat-soerat kabar telah an^joer- en, dengen bilang, bahoea pladjaran Khong

>auw sama sekali tiada mengoentoengken pada

(17)

semoea igama di Tiongkok tapi, roepanja ma- rika tiada mengerti, sabetoelnja bahoea pladja- ran Khong Kauw memang soedah lama ada djadi igama negri, tapi, kaloe sekarang Dr. Tan Hwan Tjiang madjoeken itoe voorstel, hanja tjoema ada satoe pengoelangan belaka.

Bisa dipastiken, maskipoen pladjaran Khong Kauw ditetepken sebagi igama negri, tiada nanti bakal menimboelken s o e a l-soeal jang tiada baek . bagi laen-laen igama, sebab?

Seperti telah diketahoei, pladjaran 1 oo Kauw sabetoelnja soedah lama telah ambroek, dan tjoema sebagian ketjil sadja jang orang pada anoet itoe, teroetama kabanjakan orangrorang • jang anoet pladjaran Too Kauw, adalah rahajat doesoen, djadi jang toeroet-toeroet menimbroeng boeat menentangin pada pladjaran Khong Kauw, sasoenggoenja adalah itoe orang - orang jang oesil, mana ada orang Tooist toelen jang toe-

roet itoe gerakan ?

Sedeng kaoem Islam jang berada di Tiong­

kok, sebagian besar atawa semoeanja ada idoep dami dan sama sekali tiada mempoenjai angen- angen jang rojal, marika soedah merasa poeas boeat idoep dami dan tjoema perloe memoedja pada igamanja, sebab marika ada anggep, bahöea Igama Islam memang ada dami, dan tiada ada satoe apa jang bisa menangken itoe, djadi kaloe marika toeroet-toeroet bergerak boeat tentangin pladjaran Khong Kauw, boekan laen hanja tjoema seperti benda jang terhanjoet oleh om­

bak sadja !

Pada itoe waktoe, kaloe kaoem Kristen Tionghoa menentangken pladjaran Khong Kauw,

(18)

boekan lantaran ia maoe mereboefc prihal kamer- dika'an dari tnarika poenja igama, tapi, menilik gelagat pada itoe waktoe, falah marika tjoema perloe maoe besarken dan maoe pegang penga- roe, atawa banjak sekali orang pada kasi nama, taraoe berbalik maoe djadi toewan roemah !

Sedeng pada itoe waktoe, tiada djarang kaoem Kristen soedah serang pada kaoem Bu- dhist teroetama pada pladjaran Budha, inilah sembarang orang tentoe taoe, tapi kaloe pada itoe waktoe marika odjok - odjok pada kaoem Budhist trang sekali tjoema maoe pindjena ma­

rika poenja kakoewatan sadja.

Boeat orang-orang Tionghoa tentoe mengerti dan tentoe taoe trang, ande kata, dengen tiada beroentoeng kaoem Khong Kauw timboel ber­

tentangan pada kaoem Kristen saœpe dipoen- tjaknja, tentoelah kaoem Budhist bakal briken bantoean pada kaoem Khong Kauw !

Satoe akal moeslihat, satoe-persatoe maoe dibasmi, dengen arrbil djalan, berhadepan pada jeng satoe bersarmet pada jang laen, tapi, ka­

loe soedah dapetken kamenangan, jang laen poen tiada katjoeaü bakal ditelen sekali.

Pladjaran Khong Kauw dan Budha soedah lama terpoedja di Tiongkok, sedeng dalem mak- soed.nja dan penoetoerannja, boleh dibilang, am- pir deket atawa ampir bersama'an, maka tida hciran itoe doea golongan sedari doeloe kala bisa idoep roekoen dan tida saling bertentangan barang sedikit i

Sasoedahnja tiada dapet bantoean jang sa- soenggoenja dari golongan Islam, Budha, dan Too- kauw, kaoem Kristen dengen teroesken actienja

(19)

boeat melawan pada kaoetn Khong Kauw, jaitoe tiada beda seperti djoega telor telah diadoe dengen batoe, tiada nanti bakal bisa berhasil, katjoeali tjoema bisa menjerang sadja 1

Tjoema moesti koedoe diakoei, kaoem Khong Kamv bergerak boeat minta Khong Kauw soe- paia ditetepken sebagi igama n e g r i , ada dikoe- watirken, nanti bakal tertiampoer adoek dengen itoe constitutie, sedeng waktoe jang paling bla- kangan ini, di Barat sendiri malah maoe pisaken pamerentah dan igama, maka sekarang djoéstroe Tiongkok maoe bikin koewat dirinja, apabila lakoeken itoe politiek pertjampoeran antara iga­

ma dan pamrentahan negri, dikoevvatirken boe- kan ada satoe perkara jang mengocntoengken, kadang-kadang malah timboel hal-hal jang koe­

rang enak.

Ada lebih oetama, kaloe Khong Kauw bisa berada diloear kalangan pamrentah negri, de­

ngen begitoe bakal tiada teriket lagi pada pu- vernement, dengen terlepasnja itoe, boekan tiad*

boleh djadi nanti bakal bisa djadi lebih soeboer dan lebih madjoe, jaitoe seperti sekarang ter-

njata lama-lama planjaran Khong Kauw bisa menjotjokin pada keada an Sia-hwee.

Doeloe apa jang telah dikoekoehi oleh kaoem Khong Kauw, malah-malah tiada bisa membikin marika djadi bergerak dengen m e r d i k a , kamoe- dian terbalik djadi kabiasa'an oemoem dan ra- hajat Tiongkok. Itoe semoea lantaran ada dan penindesannja pamrentah neen, atawa penin-

desannja ambtenaar. .

Tiongkok, ada terdjadi satoe negri dan ierkoempoelnja banjak djenis rahajat, kabiasa'an

(20)

ada berlaenan, poen pembitjara'an djoega tiada sama, bagian koelon-Ior kaoem igama koening (Hong Kauw) ada begitoe soeboer sekali, ma- rika tiada mengerti, apa itoe adanja Khong Kauw atawa marika tiada taoe, bahoea Khiong Kauw ada sematjem pladjaran apa, maka kaloe maoe merebah marika poenja kapertjaja'an, itoe- lah ada satoe perkara jang sanget soesab sekali.

Oepama pladjaran Kbong Kauw ditetepken sebagi igama negri, betoel bakal tiada memeksa soepaja orang djadi pertjaja, atawa mcnggang- goe laen orang poenja kapertjaja'an, tapi, kaloe pladjaran Kbong Kauw bisa djaja, trang sekali laen pladjaran bakal ambroek, dengen adanja itoe, selagi Tiongkok masih belon bisa idoep dami dengen laen-laen bilangannja sendiri, di- koewatirken nanti bakal timboel satoe perasahan jang sanget koerang baek, di sitoe malah bikin lebih tjepet aken marika saling berpisahan (ter­

belah). Inilah saja sendiri merasa tiada tjotjok.

Penetepan boeat bikin Khong Kauw djadi igama negri, boeat sekarang ini ada djadi soeal jang sanget besar dan penting boeat Tiongkok, tapi, kaloe maoe bikin soepaja tiada menarik orang asing poenja perhatian, tentoelah tiada bisa, sebab mana jang mengenaken pada Tiong­

kok poenja igama di kamoedian hari, jalah djoega bakal mengenaken djoega pada doenia poenja igama pada hari jang aken dateng.

Sedeng igama Kristen, orang-orangnja ada terkenal begitoe kemaroek aken bikin ini doenia bakal djadi doenia Kristen, maka soedah tentoe marika anggep, dengen Khong Kauw poenja idoep kembali ada sebagi satoe moesoeh jang

(21)

paling besar, boekan sadja inarika tiada ingin jang Khong Kauw soepaja tiada djadi igama negri di Tiongkok, malah kaloe bisa maoe bikin soepaja Khong Kauw tiada meninggalken bekas lagi di dalem sanoebarinja orang Tionghoa sa- , oemoemnja, maka tiada heiran orang-orang Ba­

rat pada bilang, ini hari Tiongkok kaloe begitoe lemah ada didebabken lantaran dari pladjaran Khong Kauw; sebaliknja kaloe bida diganti denj^en

« iqama Kristen, tiada nanti bakal tiada dapetken kaniadjoean /

Lagi jang sanget mengheiranken, pada seka­

rang abad ka '20, boleh dbiilang, semoea negri bisa saling bertetangga (lantaran perhoeboengan ada begitoe tjepet dan satnpoerna, hingga plosok doenia seperti djoega djaoehnja tjoema berada di depan mata), antara bebrapa orang-orang Kristen masih beton taoe betoel, pada keada'an jang sedjati dalem isinja pladjaran Khong Kanw.

Alarika madih éadja kiraken, bahoea pladjaran Khong Kauw katanja madih memoedja pada pa- toeng-patoeng, dan ada oetamaken pada tachajael.

Anggepan begitoe apakah tiada tjoema men- datengken tertawa'an sadja ?

• Docioe ada salah-satoe pendita Kristen , di

^ " Swa-say telah bikin satoe soerat kiriman pada salah-satoe soerat kabar Kristen dengen bilang, bestuur dari Hoo-tjien-kwan, telah larang pada sekolahan - sekolahan rendah boeat membatja

* kitab - kitab soetji dari kapoenja'annja kaoem Khong Kauw, teroetama djoega melarang boeat bersoedjoed pada Khong Tjoe.

Begitoe ada itoe kadjadian, tentoelah ba­

njak sekali ditoeroet oleh bebrapa sekolahan

(22)

jang laen, itoelah ada baek sekali bagi kita poenja igama di kamoedian hari, begitoe itoe pendita ada menegesken lebih djaoeh.

Begini orang bisa aken meliat teges begi- mana tentang toedjoean dan kainginannja kaoem Kristen !

Koetika Kik-bing bei'gerak, Tiongkok poenja bagian sebelah lor, teroetama kaoem zendeling di Swa-tang soedah bikin pembitjara'an jang sanget penting di Londen, di sitoe salah satoe zendeling jang terkemoeka telah siarken katra- ngan jang boenjinja dengen ringkes ada begini :

„Koetika orang-orang Tionghoa pegang (mc- moedja) pladjaran Khong Kauw, boleh dibilang, tiada ada orang jang brani bikin peroendingan laen, tapi sedari adanja Kik-bing, itoe pladjaran Khong Kauw soedah tiada menjotjokin pada keada'an djeman, maka tiada bisa tiada koedoe dibikikin abis. Sebab soedah dikatahoei trang, kaloe tiada dibikin terbalik, tentoelah jang ba­

kal dapetken kadoedoekan begitoe tinggi, boe- kan ada igama Kristen, inilah tiada bisa tiada inoesti begitoe" (Termoeat dalem seerat kabar 'Timej pada 1 Nov. 1911),

Pladjaran Khong Kauw trang sekali tiada bisa aken diroeboeken, itoelah bisa dikatahoei maski a d a anak ketjil sadja, tapi lantaran kloear dari orang-orang Inggris dewasa jang betoeV- betoel ada pande dan pinter, m a k a tiada heiran orang-orang jang sedikit sadja mcngoedi prihal keada'an di Tiongkok dan sering menjelidikin pladjaran Khong Kauw, tiada ada satoe jang

(23)

tiada djadi merasa heiran dan merasa kaget, sebab kaloe itoe peromongan ada terdjadi sa- sasoenggoenja, orang masih merasa soengkan bitjara begitoe roepa, tapi, moesti dibilang ber- pentoeng. itoe peromongan sama sekali tiada berdasar dengen tjing-lie, dan sama sekali djoega tiada ada itoe kadjadian.

Telah dikataHoei, kabodoan bakal menim®

boelken salah mengerti, dan salah mengerti ba­

kal menimboelken rasa koerang senang, maka itoe penjiaran, apakah boekan tjoema - tjoema bikin tertawa bagi orang jang memang taoe tentang pladjaran Tionghoa ?

Orang-orang Kristen maskipoen marika ada tentangin pada pladjaran Khong Kauw, tapi dalem mana djoega banjak sekali jang terdapet dari sastrawan-sastrawan jang panda, dengen marika poenja-kadjoedjoeran telah akoei, bahoea pladjaran Khong Kauw ada mampoenjai kagoe- na'an besar bagi Tiongkok, teroetama bakal kadjadian kadjadian di kamoedian poenja kea- da'an, marika terpeksa djadi moesti mengelah napas saking kagoemnja.

Salah satoe orang Amerikaan jang soedah lama tinggal di Tiongkok dengen keras boeat sebarken iapoenja pladjaran di antara orang- orang Tionghoa, ia pernah menerangken :

„Orang jang memoedja igama, tida boleh aken pegang koekoeh satoe kapertjaja an jang tetep, moerid-moerid Khong Kauw kaloç diban­

ding dengen moerid-moerid Kristen, jdjoega ting- katannja ada sama, sekarang Tiongkok poenja sekolahan jang didiriken oleh parorent.^h, saha-

(24)

roesnja ada perloe sekali koedoe mendidik pada deradjad prikamanoesia'an jang tinggi, dan maoe melihara itoe deradjad prikamanoesia'an tiada haroes tjoema meloeloe dididik dengen pladjaran Khong Kauw sadja, tapi, djoega djangan tjoema meloeloe diadjar dengen pladjaran Kristen, doea- doea pladjaran jang mana ada menjotjokin pada pendidikan di Tiongkok, haroeslah koedoe di- pake."

Saorang zendeling jang terkenal, Loo-she- yok-han (menoeroet soeara spelan hoeroef Tiong­

hoa) ia djoega pernah bikin satoe peroendingan :

»Pladjaran Khong Kauw begimana bisa teroes berdiri ? Boekan laen hanja tjoema itoe

T o o - t i k (prikabedjikan) sadja, inilah semoea

o r a n g-orang jang taoe prihal tjing-lie tentoelah

bisa mengatahoei semoea.

„Sedari Tjien Si Hong mati, pladjaran Khong Kauw pelahan-pelahan telah soeboer poela, tapi, djoega kerep kali ada berobahan, radja jang sewenang-wenang, laloe boeang itoe pladjaran dan singkirken pada kaocm Khong Kauw, seperti adanja itoe pembakaran boekoe- boekoe dan koeboer idoep-idoepan kaoem Khong Kauw, boleh dibilang, itoe ada satoe poekoelan jang sanget heibat bagi pladjaran Khong Kauw, di sitoe Too telah djadi goerem, keada'an negri semingkin hari djadi lebih merosot, hingga ka- moedian telah membikin Tiongkok djadi lemah seperti keada'an sekarang. Inilah soenggoe sa- jang !

Apabila tiada begitoe, marika bisa ambil

(25)

-sarinja pladjaran Kbong Kauw boeat dibikin satoe tjonto dalem pamrentahan, tiada tjoema bikin hikajat Tiongkok alamken banjak pero- bahan prihal pamrentahan jang zonder ada abis- nja, nistjajalah rahajat Tionghoa nanti bakal bisa madjoe dan bisa rasaken kabroentoengan !

„Pladjaran Khong Kauw begimana ada mem- poenjai kafaedahan bagi Tiongkok poenja ka- sopanan tentang pamerentahan negri, sasoeng- goenja tiada ada satoe igama jang mana djoega bakal bisa menangken padanja.

,,Kita kaoem zendeling haroes anggep ma- rika sebagi sobat jang baek, djangan sekali- kali pandeng marika sebagi moesoeh . . . . "

Mgv. Ma - Ke - La - Kin (djoega menoeroet spelan Tionghoa), djoega ada satoe zendeling jang terkenal, malah ia pernah toelis satoe boe- koe jang menoetoerken tentang sedjatinja pla­

djaran Khong Kauw, terlebih poela ia ada kasi artian atawa katrangan tentang hAta.h Tionp yon^

jang malah ada begitoe trang sekali.

Kitab Tiong yong, kabanjakan, oleh orang- orang Barat jang terpladjar, ada kliroe dianggep, jang itoe kitab ada dikiraken tjoema ada satoe penpetoeran jang sanget moeloek, sèbaliknja tiada bisa mengenaken pada tjing-lie, tapi oleh Mgv.

Ma ada dianggep sebagi satoe pladjaran Khong Kauw jang sanget dalem sekali, teroetama ada bergoena besar bagi orang doenia I

Djadi kaloe menilik itoe, djika ini hari Tiongkok ada begitoe lemah dan meskin, boekan sekali-kali lantaran dosanja orang-orang jang menganoet pladjaran Khong Kauw, tapi lantaran

(26)

dosanja orang jang tiada bisa kasi katrangan djclas tentang arti dan maksoednja itoe pladja- ran. Inilah orang tiada bisa aken bantah lagi f

Orang doenia ada jang bilang, lantaran Khong Tjoe boekannja bikin iapoenja pladjarai>

dengen adanja Toehan, maka tiada bisa dibilang:

„igama" tapi, Khong Kauw betoel ada igama atawa boekan igama, tioe boekan ada satoe soeal jang penting di ini hari.

Arti dan maksoednja igama sasoedahnja bisa di mengerti trang, kamoedian orang baroe bisa tetepken betoel ada igama atawa boekan ada igama, maski tiada diroending, toch kamoe­

dian bakal ternjata sendiri.

Khong Kauw maskipoen tiada kasi penete- pan prihal oepatjara terhadep pada Toehan atawa sesama manoesia, tapi, prihal dengen ada­

nja Toehan kita kerep kali bisa menampak da­

lem kitab-kitab Khong Kauw.

Dan terhadep pada leloehoer dengen ia­

poenja toeroenan, toch pladjaran Khong Kauw ada' ditetepken bikin itoe sembahjangan, Khong Tjoe pernah menerangkan, orang-orang haroes bersoedjoed pada roh soetji (King Kwie Sie»

Dj ie Wan Tjie, ini toelisan ada djoega orang blakangan telah artikan laen, jaitoe : haroes djaoekan pada segala roh>roh soetji jang tiada kilatan. A.)

Lagi Khong Tjoe poen pernah menerangken:

roh soetji poenja prikabedjikan ada begitoe sam- poerna (Kwia^Sien TjiaWie Tik, Kie Tjie le liouw), dengen begitoe, apakah Khong Tjoe tiada pernah menerangkan prihal Toehan ?

Tjoema sadja kaloe Khong Tjoe tiada maoe

(27)

banjak bitjara prihal Toehan, dikoewatirken nanti bakal tiada bisa menjotjokin pada keada'an rahajat, atawa nanti bisa djadi salah mengerti!

Saben kali ada igama baroe masoek ka da­

lem Tiongkok, rahajat Tionghoa sama sekali tiada tanjak prihal itoe igama ada menerangken prihal Toehan atawa tiada, tapi, marika tjoema tanja, itoe ada tjotjok atawa tiada pada Too- tik (prikabedjikan).

Ini orang-orang Barat sendiri ada merasa heiran, tapi, marika tida taoe, itoe ada dari pladjaran Khong Kauw, maka kita orang tiada bisa aken tiada merasa kagoem dan toendoek padanja !

Khong Tjoe ada anggep, bakoea Toehan ada satoe hal jang sanget dalam dan goerem tiada kliatan trang, maka soesah dimengerti, dari itoe, ia soedah dasarken iapoenja pladjaran de- ngen adarja prikasopanan dan peradatan ten­

tang prikamanoesia'an.

Khong Kauw sama sekali belon pernah bi­

kin pertentangan pada laen igama, tjoema siapa jang bertentangan dengen prikabedjikan, dan berlawanan pada pikiran manoesia jang baek, itoelah ada dianggep sebagi koetoe boesoek jang bakal meroesak pada Sia-hwee dan pame- rentah, dan itoe ada dianggep sebagi pladjaran jang mengok, di sitoe bakal diserang seheibat- beibatnja.

Igama Budha kaloe kerep kali dapetken serangan, lantaran ' iapoenja toedjoean maoe hidoep sendiri, jang soedah tentbe ada sanget bertentangan dengen keada'an orang oemoem, ta­

pi, sama sekali tiada pernah lantaran perbeda'an

(28)

kepertjaja'an laloe menjerang pada laen igama, Pladjaran Khong Kauw ada mengandoeng sari-sari dari berbagi-bagi pladjaran, pandeng.

semoea ada seroepa ditjinta, ia tiada memba- tesken lantaran orang poenja kapertjaja'an, ata- wa tiada menindes lantaran orng poenja pladja­

ran ada berlaenan.

Negri-nengri Barat poenja orang-orang ter- pladjar jang maoe pegang kakoewasa'an dengen sendirinja, atawa kaoem pendita jang berboeat sesoeka-soeka, sama sekali tiada tertampak di Tiongkok poenja pladjaran Khong Kauw, sebab pladjaran Khong Kauw dengen systeem dari pendita dan toekang-toekang mengadjar, ada saling bertentangan, maka kaloe paling blakang maoe pladjaran Khong Kauw ditetepken sebagi igama negri, selaen Khong Kauw, maoe pake jang mana lagi ?

Soeal igama negri, adalah satoe peroendi- ngan jang sanget gempar sekali dalem tanah Tiongkok !

Sabetoelnje orang-orang jang merasa setoe- djoe pada itoe gerakan soenggoe banjak sekali- marika pada menerangken :

„Pladjaran Khong Kauw soedah berlakoe di Tiongkok doea-riboe taon lebih, dan pladja­

ran mana ada banjak berdjasa terhadap pada rahajat negri saoemoemnja, sebab pladjaran Khong Kauw ada kasi didikan atawa kasi pla­

djaran pada rahajat djadi baek, teroetama soe­

dah bikin rahajat poenja badan dan pikiran diandjoerken soepaja djadi bagoes, melimpoetin pikiran rahajat, dan kaloe kita rahajat Tionghoa

(29)

sarnpe ini hari masih bisa berdiri dengen segala kabesaran di ini doenia, semoea ada pengasihan dàri pladjaran Khong Kauw".

„Khong Kauw memang ada igama negrijang berasal, sasoedahnja memang ada igama negri, sekarang kaloe ditetepken dalem constitutie, boekan laan tjoema ada pengesahan dari doea riboe taon lebih jang doeloe tiada pernah di- toelis dalem boekoe pamrentah, sekarang soedah ditoelis dengen boelet-boelet !

„Siapa bilang, tida haroes ?

„Khong Kauw ada satoe foundement dari pladjaran dan kasopanan Tionghoa jang aseli, atawa pokok dan dasar dari batin rahajat sa- oemoemnja, maka kaloe maoe boeang dan sia- siaken pada kita orang poenja igama negri jang aseli, nistjajalah pamrentahan dan kebiasa'an rahajat, bagimana bakal bisa terlindoeng dan bakal tiada djadi roesak ? Dan kaloe pokonja negri soedah djadi gojang, apakah orang bakal tiada merasa takoet ?"

Ini peroendingan ada terdapet dalem Pi­

king Dj iet Po pada tanggal 10 Sept. 1913.

Boleh dibilang, Khong Kauw ada Tiongkok poenja tanah, sedeng igama laen, ada Barat poenja tanah, Tiongkok poenja kesopanan moe- lai sekarang dan seteroesnja, kaloe ditanem di Tiongkok tentoelah bakal tjepet djadi soeboer- nja, sebab soedah tjotjok dalem segala-galanja, sebaliknja kaloe itoe kesopanan ditanem di tanah Barat, boekan laen tjoema maoe bikin lebih tje­

pet sadja prihal matinja !

Inilah ada satoe soeal jang sanget penting

(30)

pada sekarang ini, sedeng soeal igama negri, itoe?

lah ada soeal jang kadoea, begitoelah ada saja poenja pemandengan.

Pada boelan Juli, ini soerat kabar ( jang moeat terhadep toelisannja Mr. R. F. Johnston) ada moeat toelisannja seorang Frans dengen keliwat: „Mendoe/in kombali" dalem itoe toelisan ada menerangken, bahoea sasoetoe bangsa poe- nja dasar batin tentang prikabedjikan, sela- manja ada terdapet dari marika, poenja leloe- hoer jang sampe riboean dan ratoesan taon, maka tiada bisa aken dapet dengen mendadak, seperti pada sekarang di Frankrijk ada idoep kombali itoe pladjaran Roomsch Katholike.

Sasoeatoe negri poenja koewat, hanja tjoe- ma meliat sadja iapoenja rahajat poenja tabiat jang memang soedah dipoenjai: bisa idoep soe- boer dan bisa kliatan mentereng atawa tiada.

Oepama kaloe Frankrijk satoe hari ilang ia­

poenja igama R. K., dengen langsoeng tiada beda seperti kailangan iapoenja kasopanan jang soe­

dah beroemoer sampe riboean taon, di sitoe, negri djoega bakal kailangan iapoenja oeloe hati, dan tentoelah bakal tiada bisa aken berdiri lagi.

sedeng iapoenja Sia-hwee tentoelah bakal djadi berantakan, oepama praoe djalan di tengah laoetan dengen zonder mempoenjai padoman, ia.

bakal berombang-rambing di tengah ombak besar, dan tentoe bakal tiada bisa aken sampeken toedjoeannja, achirnja tentoelah bakal tengge­

lam ! begitoe itoe orang ada toelis lebih djaoeh, Dan lebih tandes, ia ada peroepamaken, bahoea pladjaran Khong Kauw boeat Tiongkok ada seperti R. K. boeat Frankrijk!

(31)

Pendita • pendita jang dateng ka Tîorigkblc toeat siarken igamanjä, setiap taón tiada koe­

rang bebrapa riboe dan bebrapa ratofcs orang, marika dengen kloearkea secnoea tenaga dan pikiran, setiap hari boekan laen tjoema tjelah

•dan maki-maki sadja pada orang orang bidjak- sana di Tiongkok di djeman doeloe kala poenja penoeroenan pladjaran dan kasopanan, marika bilang, katanja orang - orang Tionghoa koerang mempoenjai pikiran prikasoetjian, dan pada be­

brapa ratoes taon kemarinin, kaloe Tiongkok terhadep pada internationaal ada dapet maloe besar, dan iapoenja pemrentah ada roesak, semoea tiada bisa aken tiada seselken tentang kasalahan'nja pladjaran Khong Kaüw, maka kaloe Tiongkok tiada boeang pladjaran Khong Kauw, selamanja Tiongkok tentoe bakal tiada bisa dapetken kamadjoean, katanja.

Orang bisa oekoer sendiri, kaloe negri-cegri Kristen di Barat seraoea merasa perloè aken memperlindoengi segala pladjaran dan kasopanan dari masing-masing negrinja sendiri, tapi, seka­

rang mendadak sontak terhadep pladjaran Khong Kauw selaloe maoe meroesak, bikin linjap, per- boeatan begitoe, tjoba pegang sendiri poenja dada, apakah itoe ada satoe perboeatan jang djoedjoer ?!

Kita orang bikin satoe peroendingan, dja-"

nganlah terlaloe miring, dan djoega tiada haroes terlaloe kliwat keras, apa lagi sekarang kita ter­

hadep soeal jang penting tentang adanj^ itbe con­

stitutie di Tiongkok, tiada boleh tiada kita haroes berlakoe adil, koedoe berada di teiigah-tengah^

Poko dan daéar dari Tiongkok jpoenja ka-

(32)

sppanan pamrentahan, semoea hanja ada ber­

dasar sama pladjaran Khong Kauw. Inilah ten- toe bakal diakoei oleh orang - orang jang mem- poenjai pengliatan trang, sebaliknja, igama asing maski begimana bagoes sekalipoen, tiada bisa aken berdiri berendeng dengen pladjaran Khong Kauw di Tiongkok, apa lagi Tiongkok poenja segala-gala pendirian di kamoedian hari, boleh dibilang, katjoeali jang berdasar dengen pla­

djaran Khong Kauw tentoelah tiada bisa ! Saja sendiri ada merasa setoedjoe kaloe pamrentah dan igama moesti dipilah, itoelah ada satoe djalan jang paling teroetama.

Oepama bisa pertahanken kadoedoekannja Khong Kauw maski tiada trang-trangan dianggep sebagi igama negri, toch boleh djoega; tapi boeat melindoengin kadoedoekannja Khong Kauw, ata- wa boeat toeloeng kamoesna'annja Khong Kauw, katjoeali bisa ditetepken sebagi igama negri, soedah tiada ada djalan lagi, sebab kaloe soe- dah termoeat dalem constitutie laloe bisa disi- arken seloeas-loeasnja.

Tapi oepama tiada, kaloe itoe pladjaran betoel bakal tenggelem, tentoelah berbareng itoe prikabedjikan djoega bakal djadi moesna, Ti­

ongkok poenja rahajat jang banjaknja sampe

^00,000,000 djiwa, sedari doeloe dapetken itoe warisan prikasopanan dan pladjaran dari orang- orang pande di djeman doeloe tentoelah bakal ikoet djadi ilang, apakah bakal tiada membikin hati djadi dingin ?

Kawan-kawan dari Dr. Tan Hwan Tjiang, tiada bisa aken dibandingken dengen itoe orang- oFa-ng jang terlaloe koekoeh dan terlaloe koeno, 26

(33)

inilah kita haroes mengerti! Marika poenja ka- tjinta'an terhadep negri ada begitoe soenggoe- soenggoe, jang boleh dibilang, tida kablakang dengen itoe orang-orang modern, marika toch bisa ambil materiaal dari Barat jang baek, pladjaran Barat jang bagoes boeat kasi tambah pada rahajat Tionghoa oemoem, dan kita taoe»

Dr. Tan Hwan Tjiang poenja peroendingan ten­

tang pengatoeran economie dari confucianism banjak sekali terhadep banjak artian jang be­

gitoe bagoes dan tjotjok pada keada'an doenia sekarang, dan kita taoe jang Khong Kauw memang boekan ada pladjaran koeno jang koe- koeh, tapi, ada satoe pladjaran baroe jang maoe tjari kemadjoean, boekan sadja tjoema tjotjok pada doenia baroe jang selaloe madjoe, poen djoega tjotjok pada angen-angen tentang pamrentahan baroe.

Khong Tjoe poenja penoetoeran, bahoea ampat pendjoeroe laoetan semoea soedara, kaloe Khong Kauw bisa dapetken hari jang djaja, apakah doenia bakal tiada bisa rasakan satoe katentreman jang beroentoeng !

*

* *

Sekian ada penoetoeran dari Mr. R. F.

Johnston.

Saja sanget setoedjoe pada iapoenja pe­

roendingan jang begitoe djoedjoer dan teroes trang, baek terhadep kaoem Kristen maoepoeu terhadep kaoem Khong Kauw, jang ia tiada setoedjoe, ia tiada segan boeat koepas sampe di dasarnja, ia bitjara setjara djoedjoer pada

(34)

apa jang ia koerang tjotjok, menilik itoe, betoel Mr. Johnston ada satoe Koen-ljoe!

Kaoem Khong Ka;uw haroe» berlakoe ati- ati, djangan sekali-kali soeka mengiri pada laen orang, teroetama djangan soeka mengandoeng pi­

kiran mdeslihat dan paisoe perlóenja boeat kla-

•boehin laen orang soepaja soeka ikoet atawa soe­

ka toeroef pada kita, apa jang kita taoe memang ada bertentangan pada kita poenja liang-siem, kita haroes berlakoe teroes trang, djangan se­

kali-kali soeka berlakoe poera - poera, biar ia maoe toeroet atawa tiada.

Nabi Khong Tjoe sediri ada kasi peringetan pada kita, „djanganlah soeka menipoe diri sen­

diri," djadi apa jang kita pikir dan taoe itoe ada merah, kita dengen teroes trang haröes bilang merah, djangan sekali kali dengen poera-poera bilang poetih, perloenja tjoema maoe klaboehi -dan maoe dipoeter-poeter.

Kombali pada apa jang ditoetoerken oleh Mr. Johnston, maski saja tiada taoe itoe ada betoel atawa tiada, tapi, kaloe menilik apa jang kita taoe tentang daja-oepaja, atawa akal-akal jang digoenaken oleh orang-orang jang katanja maoe sebarken igamanja, boleh dibilang, itoe penoetoeran memang ada tjotjok.

Brapa banjak boekoe-boekoe dan oetjapan-

•oetjapan dari kaoem igama roepanja memang ada soeka sekali mentjelah pada jang boekan

•djadi marika poenja golongan, baek dengen dja- lan aloes sampe orang ditoeäoek- toesoek tiada

berasa maoepoen dengen djalan jang mengaget- ken hingga bisa bikin orang djadi terpràndjat.

Kita bisa liat, pada waktoe paling bla-

(35)

kangan ini, kaoem Kristen di sini braj!>a kali soedah bikiti sakit hatinja pada laen igolongan, seperti itoe brapa koran Blanda soedah serang pada N. Mohamad dan sindirin pada Nabi Khong Tjoe, tapi oentoeng pamrentah tahgannja ada tjoekoep tjepet boeat tjegah itoe hingga tiada menimboelken hal-hal jang koerang enak, oepama tiada, setaoe begimana nanti akibatnja.

Sasoenggoenja perboeatan begitoe boekan ada djadi kabaekannja Sia-hwee dan. negri, ta­

pi malah itoe ada penjebar bibit permoesoehan,.

maka tiada heiran di Barat jang katanja ada kedoeng dari penjebar igama, tapi, malah di sana ada djadi goedangnja segala bibit petji- dra an dan peprangan, lantaran mana di sana ada djadi soembernja segala perboeatan jang moeslihat dan perboeatan jang tiada djoedjoer.

Kombali saja oelangken poela, kaoem Khong.

Kauw haroes berlakoe ati-ati, djangan sekali- kali soeka mengiri pada laen, téroetama dja- ngan soeka mengandoeng pikiran moeslihat dan palsoe perloenja boeat klaboehin laen orang soepaja soeka ikoet atawa soeka toeroet pada kita. Apa jang kita taoe memang a!da berten­

tangan pada kita poenja liang-siem, kita haroes berlakoe teroes trang, djangan sekali-kali soeka berlakoe poeFa-poera, hal marika maoe ikoet atawa tiada, itbelah ada marika poenja per­

kara sendiri, sébab segala perboeataö moesl ihat dan tjoerang, dikamoedian tentoelah bakal dapetken boeahnja jang tiada enak. r

Boeat memboektiken itoe, sekarang kita bisa liat pada k:eada,'an di Barat, lantaran ter- lalop soeka bpfmoeslihat, jang ^aspçjiggpehnja

(36)

«ialem batin memang ada anggep sebagi moe- soeh, tapi, di loear poera-poera berlakoe sebagi sobat jang paling ditjinta, maka boeahnja ada begitoe getir sekali. Dari itoe, kaoem Khong Kauw boleh beber sedjelas - djelasnja semoea pitoetoer dan pladjaran dari Nabi Ktong Tjoe, tapi, djangan sekali - kali kita sengadja plintir dan dibikin mengok ka laen djoeroesan, perloenja tjoema boeat memikat banjak forang soepaja nanti bisa kepintjoet toeroet pada kita, dengen soeka berboeat begitoe, di kamoedian tentoelah bakal dapetken boeah jang tiada di ingin!

Sebegimana telah dikatahoei, Nabi Khong Tjoe oepama ia soeka berlakoe sedikit palsoe, 'lahir bertentangan pada batin, tiada boleh ti­

ada, ia tentoelah tiada bakal terloenta - loenta begitoe roepa, tapi lantaran ia tiada soeka ber­

lakoe palsoe dan tjoerang jang bertentangan pada iapoenja liang - siem, maka iapoenja pla­

djaran soedah tiada lakoe, dan ia sendiri alam- ken segala kasoekeran dan kagagalan, tjoema ia ada satoe Koen - tjoe, ia soedah tiada per-

•doeliken itoe !

Di Tiongkok maski ada berlakoe tiga iga-^

ma, toch satoe kepada laen malah bisa saling

•kasi penerangan, dan sama sekali tiada sampe timboel permoesoehan atawa peprangan sebe­

gimana orang asing ada alamken.

J Tiga igama terseboet, boleh dibilang, tiada ada satoe jang maoe pegang pengaroe atawa 'ttiaoe mempoenjai penganoet - penganoet lebih banjak dari pada jang laen, biarin sadja ma- sing - masing orang poeoja soeka maoe poedja

(37)

jang mana, djoestroe tiada ada itoe pereboetan:

maka semoea idoep dami dan idoep tentrem.

Boeat laen- laen igama saja tiada mengerti, kaloe pladjaran Khong Kauw sebegimana Mr.

Johnston bisa bilang, „tiada ada safcoe apa jang dianggep oleh Khong Kauw sebagi pladjaran laen (moesoeh) katjoeali tjoema itoe koetoe - koetoe Sia-hwee dan negri jang bisa meroesak katen- treman", adalah lantaran Khong Kauw mem- poenjai satoe pladjaran jang dibilang : Lok Thian, jaitoe semoea dianggep baek, maka Khong Kauw terhadep pada laen pladjaran, kaloe be- toel itoe pladjaran memang ada baek, malah kaoem Khong Kauw dinasehatken soepaja soe- ka poengcet boeat menambaken pladjarannja sendiri.

Saja tiada membitjaraken pada keada'an loear, loear kalangan Khong Kauw, tapi saja tjoema maoe membitjaraken sadja dalem ini ka­

langan, pada waktoe paling blakangan ini, kaloe kaoem Khong Kauw dapetken tjelahan, djengekan dan kotjokan dari loear jang begitoe heibati sabetoelnja adalah kliroenja kaoem Khong Kauw sendiri, jang tiada maoe aken berkerdja sama- sama, satoe kepada laen roepanja maoe lebih oenggoel, dan masing-masing tjoema maoe koe-^

koehi, pada pikirannja sendiri jang diaggep pa­

ling oenggoel, tiada maoe bikin perempoekan atawa pembitjara'an soepaja dapetken sari - sa- rinja jang lebih djernih.

Dengen tenaga jang terpentjar, tjara begi- mana bakal bisa aken angkat sematjem barang jang memang ada berat? Kita poeaja paker- dja'an : soeal menjelidikin, sarinja pladjaran

(38)

Khong Kauw; siarken pladjaran Khong Kauw d. I 1., masih banjak sekali, tapi, begimana bisa kasampean, kaloe masing-masing kaoem Khong Kauw sendiri, satoe kepada laen tida maoe sama-sama bekerdja ? Malah ada djoega, sendiri fida anggep jang ia ada lebih oenggoel dari pada jang laen, maka tiada heiran, kaloe pla­

djaran Khong Kauw tjoema tinggal begitoe roe­

pa dan seperti djoega sama sekali tiada dapetken kamadjoean satoe apa, di sini saja andjoerken, ada perloe sekali kaoem Khong Kauw haroes bisa bersatoe djangan terpentjar, seperti Nabi Bing Tjoe ada pernah menerangkan, „Bahaja alam masih bisa disingkirin, tapi, kaloe sendiri jang berboeat do^'aka, tentoelah bakal tiada bisa idoep lagi !"

Laèn itoe, daletn pribahasa ada bilang ; ,,Kaloe kau sendiri soeka berboeat chianat, tentoelah nanti laen orang bakal binasaken pada-moe !"

Maka kaoem Khong Kauw kaloe terhadep pada laen igama masih bisa saling bekerdja dengen baek seperti dengen adanja itoe Sam Kauw — sebaliknja terhadep pada golongannja sendiri, malah tiada bisa aken kerdja sama-sama, apakah itoe boekan ada satoe perboeatan jang bisa bikin orang djadi tertawa?!

Hajoo, soedara-soedara kaoem Khong Kauw satoe kepada laen soepaja lekas bisa gaboengken tenaga djangan tjoema mao§^eB8S0eh sa4j|a pe­

gang pada pikirannja SMÏ^i^fc.T<Kànggep baek dan ,paling tinggi f ~

(39)

KABAR ADMINISTRATIE.

Menghatoerken banjak irima kasi, goena penerbitan ini maandblad, kita telah trima oeang soembangan dari ;

Toean Ting Goen Lok, Klaten, f 5D,—

KABAR SEKOLAHAN MESKIN „KHONG KAUW HAK HAUW" SOLO.

Boedhiman-boedhiman jang soeka kasi lebih dari harganja boekoe :

JUNI I94L T. Tjan Tiong Tho .

Kam Bok Liam , Tan Gwan Swie.

Gan Liem Swan . F. Lie Tik Kie T. Yap Sik Kie Nj. T. G. Kho .

T. Dr. Tjan Khee Swan Liem Sio Bwak , S. B. Tjia .

Kwik He Tjing . Tio Poo Kia Oei Kok Sioe Lie Ik Tjhoen Siauw Djan Siong Lie Lie Go . F. Tik Swie Hien .

Sam Liem

Tjan Siang Djien.

Soen Djiang.

Menang

(40)

F, Babah Setoe . . . . f 0,2o Toko Mori Bawah Sawo . . „ 0,21»

T. Njoo Hong Jauw . . . „ 0,2C

Tan Tiong Gie 0,2C'

The Kee "Sian . . . . „ 0,2*5 Sie K wie Ojien . . . . „ 0,2 Tan King Giauw. . . . „ 0,2 Kwik Tjong Tik . . . . „ O,^

Tan Kiong Bian . . . . „ 0,2 Pang Tioe Sang . . . . „0,2 Kho Khik Soen . . . . , , 0,1 Tan Ping Ie . . . . „ 0,1 Liem Kiem Siok . . . . i, 0,1 F. Heng Hong Kong Sie . . „ 0,1 Djoemblah semoea pendapetan ada f 17,38;

Kita perkenalken:

S O E S J E S

P A S T E I T J E S R I S O L E S

Per stuk à S c t . TOKO „ O E N "

SOLO.

Pasar - yede 33.

TOKO „ O E N "

SOLO.

Pasar - yede 33.

(41)
(42)
(43)
(44)

Referenties

GERELATEERDE DOCUMENTEN

sing masing, ia itoe dengen di liat liatken kapala distrikt dan ada di bawah parintahnja. Dalem satoe mienggoê satoe kali, pada hari ujang tamtoe, kapala dcssa misti menghadep

tiada baik, itoe boleh mengatoerken soerat permintaan pada negri, soepaja di eommitie ? negri memrentahken commitie pada orang jang sama djadi toekang, sabrapa onkostnja

Satelah soedah berkata'kata saksi, maka boleh orang jang di toedoeh minta tanjaken kepada kepala Landraad, segala apa-apa jang pada pendapatan orang itoe berfaedah baginja, baik

Oléh sebab dalam bermatjam-matjam peroesahaan, lebih-lebih dionderneming, kerap kali perloe membawa lebih dari empat orang koeli dalam tempat moeatan vrachtauto, maka pembesar jang

sampe die tempatnja, en itoe manja minta sama WAKONG dia kepengen makan oran , djadie WAKONG tiada maoe kasie manja makan orang, en manja mara, WAKONG liat

Djangan takoet bilang „Soengkan (tiada soeka)&#34; pada orang jang minta kita minoem bersama-sama ianja, lebi lagi kaloe orang itoe tida dikenal betoel oleh

Sembari berkata begitoe, iaorang lantas pergi di tempat pertengahan, maka satelah satoe sama laen membri hormat, baroelah niarika ambil tempat ke- doedoekan

eensehool (cl.. Atma Koesoema Toebagoes, dokte1' chewan kl. Atmasa.smita, Raden Achmad, dokter chewan ChiJrusan Han, dibantoekan dokter chewan Boerabaja-Syu. dokter