• No results found

Boepati misti soeroe bekin apa njang bolee djaoken penja- penja-kit, dan lagi misti djaga, soepaia segala tempat njang ada

In document 0036 3380 l O (pagina 105-109)

dalem kaboepatennja, di rawati dengen bersi selamanja.

90

Kaioe di kira perloe, boepati bolee minta sama toewan resident atawa sama toewan assistent resident, soepaia toetoop atawa dalemken kali atawa sawah atawa lain lainnja.

Kaloe ada orang boemi tekena penjakit njang lekas bolee toelari orang, boepati misti lekas kabarken sama toewan resident atawa sama toewan assistent resident, dan misti lekas soeroe bekin apa njang di kira baik dan njang bolee brintiken itoe penjakit, atawa misti lekas soeroe djalanken apa njang di parintahken orang besaar di atas itoe perkara.

Boepati misti soeroe kasi mengarti sama orang boemi dari perkara goenanja dan baiknja orang njang di tarook tjatjar, soepaia bertambah-tambah banjaknja orang njang di tarook tjatjar.

FATSAL 20.

Boepati misti boeat segala akal njang baik, soepaia orang soeka tangkep dan boenoe binatang njang galak dan djahat.

FATSAL 2 1 .

Boepati misti pariksa dan kasi taoe sama toewan resident atawa sama toewan assistent resident apa njang baik di bekin, soepaia kaboepatennja bolee djadi lebee baik dan soepaia orang boemi bertambah kaoentoengannja

Kalakoeannja boepati misti soeka toeloong dan sabar sama orang boemi, mangka segala kapala dan prijaji djawa misti di kasi inget dan di soeroe toeroot itoe kalakoean.

Kaloe dia orang soeda di ingetken sekali, mangka tiada maoe toeroot djoega begimana itoe kalakoean, boepati misti kasi taoe sama toewan resident atawa sama toewan assistent resident, dan misti minta apa njang liaroos di djalanken di atas itoe kapala atawa prijaji.

FATSAL 2 2 .

Kaloe toewan resident atawa toewan assistent resident kaloe-warken atoeran atawa parintah dari perkara pekerdja-an njang misti di bekin orang ketjil, boepati misti soeroe djalanken itoe atoeran atawa perintah dengen betool.

Boepati tiada bolee obahken itoe atoeran atawa parintah, dan misti djaga, djangan ada kapala atawa prijaji melanggar itoe.

Dia misti djaga, djangan ada kapaia atawa prijaji bekin soeka-soekanja sendiri dari perkara pekerdja-annja orang ketjil njang di parintahken orang besaar, dan djangan orang ketjil di paksa soeroe kasi oewang atawa barang atawa bekakas di atas itoe pekerdja-an, dan djangan ada prijaji toeroot tjam-poor di dalem atoerannja satoe-satoenja dessa dari perkara pi-kool itoe pekerdja-an, dan lagi kaloe misti djalanken peker-dja-an njang di loewar kabiasa-an dan kaloe misti panggil orang banjak, kapaia distrikt misti bagi itoe pekerdja-an dengen adil di antara dessa dessa.

Boepati misti pariksa atoerannja orang ketjil mana njang koerang baiknja atawa mana njang djadi kabratannja, dan misti pariksa barang apa njang baik di bekin, soepaia peker-dja-annja orang ketjil bolee di koerangi atawa di èntèngken, dengen tiada djadi karoegiannja orang banjak, mangka boepati lantas kasi taoe pendapetannja sama toewan resident atawa sama toewan assistent rssident.

FATSAL 2 3 . . . .

Boepati misti djaga, djangan ada orang bekin soeka-soe-kanja sendiri kapada orang ketjil.

Dari sebab itoe dia misti tjari, kaloe ada orang bekin itoe kasalahan.

Kaloe ada kapaia atawa prijaji djawa njang di kira-kira rnaoe makan barangnja orang ketjil atawa maoe langgar koewasanja atawa maoe makan kaoentoengan njang salah, boepati misti kasi inget dan larang sama itoe kapaia atawa prijaji.

Boepati misti djaga, soepaia orang negri djangan di larang kaloe maoe dakwa orang kapada orang besaar.

Boepati misti kabarken kapada toewan resident atawa pada toewan assistent resident, kaloe ada kapaia atawa prijaji lang-gar ini parintah.

PATSAL 2 4 .

Boepati misti liat baik baik ka-ada-annja sawah sawah njang ada di dalem kaboepatennja, dan misti pariksa mana njang koerang baiknja dan barang apa njang baik di bekin, soepaia orang djadi soeka kerdja sawah, dan soepaia sawah sawah djadi lebee baik.

92

Di mana njang perloe, boepati misti kasi parintah, soepaia sawah sawah di tanemi di dalem mosim njang baik kapada taneman masing masing.

Boepati misti pariksa, perkara apa njang bekin bratnja orang kerdja sawah, atawa siapa njang bekin bratnja atawa soesahnja orang kerdja sawah, dan lagi misti pariksa, apa djadi bratnja atawa entengnja orang ketjil pikool pekerdja-an negri, kaloe pili mosim tanemi sawahnja.

Terlebee lagi boepati misti pariksa, di mana njang perloe bediriken pekerdja-an boeat datengken aer atawa boeangnja aer njang bergoena kapada sawah atawa tegal.

Boepati misti pariksa baik baik, soepaia orang ketjil sela-manja siempen bibit njang baik dan sampee banjaknja, dan soepaia pakee itoe bibit.

Kaloe di kira perloe kaloewarken parintah besaar atawa misti djalanken satoe atoeran njang djadi kabaikannja doewa tiga dessa, boepati misti minta sama toewan resident atawa sama toewan assistent resident dengen kasi taoe begimana baiknja misti di bekin.

FATSAL 2 5 .

Boepati misti djaga, djangan kapala kapala dessa langgar adat kabiasa-annja orang ketjil dari perkara pakee sawah ata-wa tegal ataata-wa tempat pangonan ataata-wa tanah hoetan, begimana njang soeda di tetepken dengen parintahnja toewan besaar Governoor Djendraal atawa parintahnja kapala negri.

Boepati misti djaga, soepaia baginja sawah djangan kasèp.

Kaloe boepati dapet taoe, ada prijaji atawa kapala bekin soeka-soekanja sendiri dari perkara baginja sawah, atawa kaloe ada dessa adat kabiasa-annja tiada baik kapada orang banjak, atawa kaloe ada sawah atawa tegal tiada di pakee, boepati misti kabarken kapada toewan resident atawa pada toewan assistent resident, dan misti minta begimana itoe perkara baiknja di atoor.

FATSAL 2 6 .

Boepati misti pariksa-pariksa taneman, dan kaloe pariksa, djangan liwat timponja.

Dia misti pariksa baik-baik dari ka-ada-annja taneman padi

In document 0036 3380 l O (pagina 105-109)