• No results found

Besluitnja Kançdjeng Resident, hal peniakejnja ajer slokan Soesoeän-Djoewana pada moesim kering (ketiga) t 1 )

In document 1 KÄRE3IDENÄN JAPÄRÄ. \ (pagina 90-94)

No. 6981/16a. PATI, 14 Augustus 1895.

KANGDJENG RESIDENT JAPARA,

Membatja fatsal 1 dari keur halpemakejnja ajer dari wangan Soesoeän.

djoega bernama wangan Djoewana, tanggal ini djoega, No. 41 (2);

Membatja lagi soerat atoeran hal itoe, dari toewan Assistent-Resident Djoewana, jang di atoerken dengen soerat, hari 13 April 1895, No. (i56/16«;

SOEDAH MOEWAFAKAT:

Menemtoeken:

Pertama : desa-desa dan kampoeng-kampoeng, jang pakej ajer dari wangan Soesoeän (Djoewana), boe wat minoem, tjoetji-tjoetji atau menjorot sawah-sawah pada moesim kering (ketigâ), bolih pakej itoe ajer menoe-roet hari dan djam, jang di seboet di bawah ini:

1, Kota Djoewana:

Troes satoe minggoe, akan tetapi dari hari Djemaät soré poekoel anem sampej hari Senen soré poekoel anem bolih pakej samoewaajer dari soember sepoeloeh, jang di trimaolih wangan Soesoeän (Djoewana), ija-itoe soember Terbahos, Golan, Karangwagé, Scgaran, Bongko, higas, Poêlé, Teleng-Hadji, Waroe dan Kloempit, samoewa ada di oiiderdistrikt Pohbango, distrikt Selowesi, afdeeling Pati.

Di dalem itoe tiga hari tiga malern, samoewa seloeran (wangan-wangan ketjil, selokan-selokan dan sebagejnja) jang ada di tepinja waugan Soesoeän (Djoewana), kanan kiri, mesti di toetoep, moelai dari hoeloe (toek), jang kiri sampej slokan Ketankolak, jang kanan sampej ipëng Karimoen, ija-itoe batesnja kota Djoewana.

2. Desa Gvo-wonglor No. 22, Growongkidoel, No. 23, Doekoealit, No. 35, Bakaranwetan, No. 21, Bakarankoelon, No. 20, Langgen, No 19 dan Karang tawang, No. 12:

Dari hari Senen soré poekoel anem sampej hari Slasa pagi poekoel anem.

Jang di boeka: slokan Ketankolak, Segoro, Sarejankoelon, Malang, Moemboel, Kendal, Dorokendal, Rijo dan Kemoedi, samoewa di tepi

(!) Termoewat dalem soerat kabar Gouvernement (Javasche Courant), hari 20 dan 23 Augustus 1895, No. 66 dan 67.

(2) Liat No. 47.

kiri, dan ipëng Karimoen, Tjampoer, Boender dan Wates-Bogo, sa-moewa di tepinja kanan dari wangan Soesoeän (Djoewana), sedeng slokan Langgen di tepi kiri, pada moesim kering (ketiga) tinggal tertoetoep sadja olih pintoe ajer, sebab itoe slokan goenanja banja di pakej memboewang ajer bandjir ka laoet, pada moesim oedjan (rendeng).

3. Desa Kalisaboek, No. 36, Genengwetan, No. 11, Genengtengah, No, 39, Genengkoelon, No. 10, Kinljirwetan, No. 15, Kintjirtcngah, No. 18, Kintjirkoelon, No. 16 :

Dari hari Slasa pagi poekoel anem, sampej Slasa soré poekoel anem.

Jang di boeka": ipëng Bajanan, Kloewak, Maljan dan Griwing, samoewa di tepi kiri, dan slokan Karang, Wates, Manggi, Panggang dan Drembogo, samoewa di tepinja kanan dari wangan Soesoeän (Djoewana).

4. Desa Bangsalkidoel, No. 17, Pentoengan, No. 32, Kepoh, No. 8, Bangsallor, No. 40, Tloewoek, No. 9, Tlogotoenggak, No. 38 dan Karangnganjar, No. 6 :

Dari hari Slasa soré poekoel anem, sampej hari Rebo pagi poekoel anem.

Jang di boeka : ipëng Bopoh, Binilor, Kemiri, Tlogo, Sagi, Batang, Bingkel, Ploso, Kasoer dan Bolong, samoewa di tepi kiri, dan slokan Gempol, Binikidoel, Goenting, Asem, Bono, Koni, Wates, Majit dan Gelejo, samoewa di tepinja kanan dari wangan Soesoeän (Djoewana).

Kali Pasar (djembatan Tloewoek, No. 4) di tepi kiri, jang di toe-toep dengen pintoe-ajer, goenanja hanja di pakej memboewang ajer jang terlaloe banjak pada moesim oedjan (rendeng), sedeng kali Wates (djembatan Karanganjar, No. 5) di boewat menjoekoepi ajer di desa Karangnganjar dan Asempapan dan djoega di pakej mem-boewang ajer bandjir.

5. Desa Asempapan. No. 5, Sambilawang, No. 4, Goejangan, No. 3, Genenglor, No. 31, Ketower, No. 42, Krandan, No. 37, Tloetoep, No. 1, dan Kadilangoe, No. 2 :

Dari hari Rebo pagi poekoel anem, sampej Rebo soré poekoel anem.

Jang di boeka: kali Wales (djembatan Karangnganjar, No. 5), ipëng Toewarvanlor, Tabejan-Bandoe, Madinanlor, Bajanan, Bingkel, Sendang. Krobaän, Loek-P eng giling, kali Tloetoep (djembatan Tloe-toep, No. 8) ipëng Todirono, Podirono, Morogoeno-Gindoe, dan Wirokromo, samoewa di tepi kiri, dan slokan Sodiwirijo-Doelhadi, Toewawankidoel dan Madinankidoel, samoewa di tepinja kanan dari wangan Soesoeän (Djoewana).

Kali Tloetoep (djembatan Tloetoep, No. 8), jang di toetoep dengen

No. 48. 86

pintoe-ajer, goenanja boewat menjoekoepi ajer di desa TIoetoep, teta-pi djoega boewat memboewang ajer bandjir.

6. Desa Tapen, No. 1, Langgen, No. 4, Kemiri, No. 2, Pasokan, No. 3, Pohidio, No. 24 dan Pangkalan, No. 5 :

Dari hari Rebo soré poekoel anem, sampej hari Kemis pagi poe-koel anem.

Jang di boeka: kali Tapen (djembatan Tapen, No. 11), ipëng Ger-doe Tapen, kali Langgen (djembatan Langgen. No. 12), ipëng Ke-dondong, kali Kemiri (djembatan Kemiri, No. 13), ipëng Karang-Tawang, kali Pohidjo (djembatan Pohodjo, No. 14"), ipëng Gerdoe-Pohidjo dan kali Pangkalan (djembatan Pangkalan, No. 15), samoewa di tepinja kiri dari wangan Soesoeän (üjoewana).

Kali Tapen, Langgen, Kemiri, Pohidjo, dan Pangkalan, jang samoewa di toetoep dengen pintoe-ajer, goenanja boewat menjoekoepi ajer di desa-desa, j a n g terseboet di bagejan angka 6 ini, tetapi djoega akan memboewang ajer bandjir.

7. Kebon-kebon teboe, jang ada di sabelah wetannja wangan Soesoeän (Djoewana) :

Dari hari Kemis pagi poekoel anem, sampej Kemis soré poekoel anem.

Jang di boeka hanja slokan-slokan dan ipëng-ipëng, jang ajernja bisa berdjalan oeroet itoe kebon-kebon.

8. Onderdistrict Pohbango, afdeeling Pati:

Dari hari Kemis soré poekoel anem sampej hari Djemaät pagi poekoel anem.

Jang di boeka tambak-tambaknja slokan ketjil-ketjil jang terseboet di atas, tetapi hari Djemaät pagi poekoel anem mesti ditoetoep dengen betoel.

9. Kebon-kebon teboe di sebelah koelonnja wangan Soesoeän (Djoewana):

Dari hari Djemaät pagi poekoel anem, sampej Djemaät soré poe-koel anèm.

Bagimana bagejan angka 8, jang di boeka tambak-tambaknja slokan ketjil-ketjil, jang lagi hari Djemaät soré poekoel 6 mesti di toetoep dengen betoel.

Kadoewa: Jang nama tmoesin kering (ketigo)" terseboet di dalem bagejan Pertama, ija-itoe salamanja koerang oedjan atau sama sekali tiada oedjan.

Pertemtoean lamanja itoe wektoe, di serahken pada kepala negri di Djoewana.

Kaiiga: Djikalau ada kakoerangan besar, hal ajer minoem dan ajer tjoetji boewat orang-orang dalem kota Djoewana, dan hal ajer boewat keperloean lain-lain, dengen poetoesannja kepala pamarentah di sana, itoe atoeran di atas bolih di obah, saperti : menambah lamanja wektoe

jarig soedah di temtoeken boewat pemakejnja di kota Djoewana dari samoewa ajernja wangan Soesoeän (Djoewana).

Itoe berobahan dan lamanja berobahan, mesti di oendangken dengen besluit di dalem soerat kabar Gouvernement (Javasche Courant).

Kangdjeng Resident terseboet:

F. P. SIJTHOFF.

Jang mengatahoei : Secretaris residentie Japara:

J. OUDEMANS.

No. 49.

Pembagejnja karesidenan Japara dalem distrikt oekoeran

In document 1 KÄRE3IDENÄN JAPÄRÄ. \ (pagina 90-94)